LDK PP Muhammadiyah Beri BIMTEK Da’i Komunitas PWM Jateng

Publish

25 May 2024
ldk

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
329
Foto Istimewa

Foto Istimewa

SEMARANG, Suara Muhammadiyah - Lembaga Dakwah Komunitas (LDK) Pimpinan Pusat Muhammadiyah memberikan Bimbingan Teknis (BIMTEK) da’I komunitas kepada 52 da’i LDK Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) se-Jawa Tengah Sabtu-Ahad, 25-26 Mei 2024, di hotel Siliwangi Semarang.

Kegiatan yang diselenggarakan selama dua hari ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman terhadap audiens dakwah komunitas yang ada di wilayah Jawa Tengah dan strategi yang akan digunakan dalam penyelenggaraan agar dakwah berjalan maksimal.
Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dr Saad Ibrahim MA memberikan keynote speech sekaligus membuka acara. Ia menyampaikan agar para dai berusaha semaksimal mungkin dalam melaksanakan dakwah komunitas.

“Jadi jangan merasa LDK ini lembaga yang paling istimewa, tapi juga tidak boleh disepelekan. Dakwah komunitas ini harus dijalankan dengan sungguh-sungguh,” tuturnya.

Sementara itu ketua LDK PP Muhammadiyah Muchamad Arifin SAg MAg juga hadir untuk mendampingi sekaligus menyampaikan materi. Adapun Wakil sekretaris LDK PP Muhammadiyah, Dr Tohirin SHI MPdI bertindak sebagai Master of training Bimtek.

Beberapa materi yang menjadi target pemahaman peserta di antaranya materi internalisasi ideologi;Risalah Islam Berkemajuan yang akan disampaikan oleh Drs. KH. Jumari Al Ngeluari. Pada materi pertama ini para dai diajak berdiskusi untuk menganalisis problem umat dan solusinya berdasarkan cara pandang Risalah Islam Berkemajuan.

Materi kedua yaitu manhaj ibadah Ibadah sesuai Tuntunan Rasulullah, berbagai Perbedaan dan Cara Menyikapinya akan disampaikan oleh Dr. Karnadi Hasan, M.Si, Majelis dikdasmen dan PNF PWM Jawa Tengah.

Adapun materi ketiga, yaitu konsep dan teknis dakwah; Fikih Dakwah dan Strategi Dakwah Komunitas: Konsep dan Langkah-langkah Teknis Pelaksanaannya yang akan disampaikan oleh Ketua LDK PP Muhammadiyah Muchamad Arifin SAg MAg.

Para dai yang menjalankan tugasnya juga dituntut untuk membuat laporan sebagai evaluasi atas pelaksanaan dakwahnya. Oleh karena itu pada bimtek kali ini juga diberikan materi Teknik dan Standar Pelaporan Dakwah Komunitas akan disampaikan oleh Kamarul Zaman SE, wakil bendahara LDK PP Muhammadiyah.

Dalam kegiatan ini peserta tidak hanya menerima materi dan berdiskusi namun juga melakukan praktik dakwah dan mengolah laporan kegiatan dakwahnya menjadi menarik dan efektif. Oleh karena itu materi Praktik Pemanfaatan Media Digital untuk Membuat Laporan Dakwah  dan Syiar Dakwah menjadi materi terakhir di hari kedua pelaksanan bimtek dai komunitas LDK PWM Jawa Tengah ini, yang akan disampaikan oleh Ahmad Nur Muhaimin Sud, ketua divisi dakwah digital LDK PP Muhammadiyah.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

KULON PROGO, Suara Muhammadiyah – FASI merupakan pagelaran lomba kreatifitas para santri ....

Suara Muhammadiyah

26 December 2023

Berita

BANDAR LAMPUNG, Suara Muhammadiyah - Konflik di Palestina telah berlangsung selama bertahun-tahun da....

Suara Muhammadiyah

17 October 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Mengawali tahun baru masehi, Asrama Mahasiswa University Resid....

Suara Muhammadiyah

7 January 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Tim Pengbdian Dosen Fakultas Kedokteran UII dan UAD berkolabo....

Suara Muhammadiyah

8 January 2024

Berita

KLATEN, Suara Muhammadiyah – (18/01/2024) Progam Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (P....

Suara Muhammadiyah

19 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah