LPCRPM Jatim Gelar Awarding Cabang Ranting dan Masjid

Publish

13 July 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
118
Istimewa

Istimewa

SURABAYA, Suara Muhammadiyah - Lembaga Pengembangan Cabang Ranting dan Pembinaan Masjid (LPCR-PM) Jatim kembali menyelenggarakan Awarding Cabang Ranting dan Masjid. Kegiatan ini bakal digelar pada akhir Agustus 2024 mendatang.  

Jumat (12/7/2024), rapat koordinasi untuk persiapan awarding yang melibatkan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah dan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jatim dilaksanakan digelar di Kantor PWM Jatim, Jalan Kertomenanggal IV/1, Surabaya. 

Dari unsur PP Muhammadiyah diwakili Wakil Ketua I LPCR PM PP Muhammadiyah Prof. Dr. Muhammad Da’i dan Dr. Mutiullah, M.Hum (Anggota Bidang Pembinaan Cabang dan Ranting). 

Sementara dari unsur PWM Jatim hadir Dr. dr Sukadiono MM (ketua), Dr. HM Sulthon Amien (wakil ketua), Dr Sholihin Fanani (wakil ketua ), Dr Hidayatulloh (wakil ketua), Ir. Tamhid Masyudi (wakil ketua), Dr. Syamsuddin (wakil ketua), dan Dr. Hasan Ubaidillah (ketua LPCR PM).  

Dalam pertemuan tersebut disepakati pemberian penghargaan terhadap masjid unggulan serta cabang ranting dan masjid dengan berbagai kategori.

"Perkembangan masjid tidak terlepas dari keberadaan cabang dan ranting Muhammadiyah setempat. Begitu juga sebaliknya. Maka, idealnya ketiga elemen tersebut saling bersinergi demi terwujudnya banyak tujuan maslahah," ujar Sukadiono. 

Dia lalu menegaskan, PWM Jatim menyadari betul peranan masjid-masjid Muhammadiyah tidak hanya dimaknai sebatas ruang ibadah. 

"Lebih dari itu, masjid diharapkan dapat hidup dalam berbagai ranah, baik sosial, ekonomi, bahkan pendidikan," tutur rektor Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya itu. 

Kendati demikian, imbuh Suko (begitu sapaan karibnya), fakta di lapangan masih ada beberapa persoalan. Di antaranya dissinergitas antara masjid dengan cabang ranting, atau persoalan masjid yang belum begitu hidup ruh kemuhammadiyahannya, dan masih banyak lagi. 

Dalam diskusi LPCR PM dan PWM Jawa Timur banyak mendapatkan insight dan advice dari PP Muhammadiyah dalam merespons berbagai persoalan. Salah satunya terkait upaya memperkuat masjid-masjid Muhammadiyah harus dijadikan pusat kegiatan ibadah, keagamaan, pendidikan, sosial, pengaderan, pelatihan, kesehatan, pembinaan dan pemberdayaan jamaah. 

Terkait rencana penyelenggaraan awarding, PP Muhammadiyah menyatakan sangat mengapresiasi.  

"Ini kegiatan bagus. Kami mengapresiasi inisiasi yang bisa dikatakan konsisten dijalankan oleh LPCR-PM PWM Jatim," tutur Da'i.  

Dia berharap kegiatan ini dapat menjadi pemicu bagi cabang, ranting, dan masjid Muhammadiyah untuk terus melakukan perbaikan dan inovasi. 

Sementara itu, Hasan Ubaidillah menegaskan, penyelenggaraan Awarding Cabang Ranting dan Masjid ini merupakan yang kedua kali.

"Tahun ini, awarding yang diselenggarakan bukan hanya penghargaan masjid unggulan, tapi akan banyak kategorisasi-kategorisasi yang sifatnya tematik," ungkap dia.

Kata Ubaid, panggilan karib Hasan Ubaidillah, melalui event ini diharapkan agar syiar ber-fastabiqul khoirot semakin mengakar di kalangan cabang dan ranting serta pengelola masjid-masjid Muhammadiyah. 

"Dari awarding ini, akan timbul ghirah untuk evaluasi diri, menambal celah persoalan, dan selanjutnya tentu saja dengan berbenah," terang dosen Universitas Muhammadiyah ini..

Untuk diketahui, hingga kini, Muhammadiyah Jatim memiliki 1,495 masjid, 521 musala, dan 361 TPA/TPQ. Jumlah tersebut tersebar di 38 kabupaten/kota di Jatim. Selain aktif dipakai kegiatan dakwah, aset-aset tersebut juga diperuntukkan untuk penyebarluasan ilmu pengetahuan Islam. (*)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah –Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM) Aceh dan Pimpinan Pond....

Suara Muhammadiyah

15 November 2023

Berita

CIREBON, Suara Muhammadiyah – Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir mendo....

Suara Muhammadiyah

30 June 2024

Berita

KHANPUR DAM, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Pakistan menyel....

Suara Muhammadiyah

20 October 2023

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) kembali menggelar Ma....

Suara Muhammadiyah

27 September 2023

Berita

JEMBRANA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kabupaten Jembrana menggel....

Suara Muhammadiyah

29 June 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah