Mahasiswa FKIP UMRI Lakukan PLP Internasional ke Malaysia dan Thailand

Publish

13 January 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
229
Doc. UMRI

Doc. UMRI

PEKANBARU, Suara Muhammadiyah - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Riau (FKIP Umri) mengawali kegiatan akademiknya di tahun 2024 melaksanakan program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) skema Internasional untuk pertama kalinya.

Kegiatan yang diikuti 15 mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Informatika, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan IPA dan Pendidikan Teknik Elektronika FKIP Umri ini dilaksanakan di dua Negara ini yaitu Thailand yang berlokasi di Qalamullah, Quranic and Multilingual School, Pattani, Thailand serta Malaysia bertempat di Al Amin School, Kemaman, Trengganu-Malaysia. Kegiatan PLP ini dilaksanakan awal hingga akhir Januari 2024.

Dekan FKIP Umri, Pratama Benny Herlandy menyampaikan bahwa PLP Internasional ini merupakan bentuk respon dari inisisasi kerjasama Internasional yang telah dibangun oleh Rektor Umri, “Kami mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh Rektor Umri melalui kegiatan kerjasama ini. Kita berharap melalui PLP ini juga dapat membuka cakrawala pengetahuan mahasiswa tentang pendidikan internasional dan dapat menjadi wadah pertukaran budaya antara bangsa”, ujarnya. 

Lebih lanjut Benny mengatakan, selain pelaksanaan PLP Internasional, FKIP Umri juga berhasil melaksanakan kerjasama dengan jaringan pintar kolaboratif. “Umri bersama majlis pengetua Malaysia cawangan  kemaman yang terdiri dari 24 Sekolah Kebangsaan dan Swasta di Daerah Kemaman juga telah melakukan kerjasama melalui jaringan pintar kolaboratif,” katanya. 

Pengetua Sekolah Menengah Islam Al Amin Ustadz Azman Dosan, dalam sambutannya menyampaikan semoga kegiatan ini dapat membawa kebermanfaatan, “Kami menyambut baik kegiatan ini dan semoga hal ini akan ini dapat membawa kebermanfaatan bagi kedua pihak dalam mewujudkan kecemerlangan pendidikan antara Malaysia dan Indonesia,” terangnya dihadapan para peserta yang berada di Kemaman, Terengganu Darul Iman, Malaysia. 

Disela-sela kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Internasional di Al Amin School, Kemaman, Trengganu-Malaysia, Rektor I Umri Dr. Irma Wirdati menyampaikan Pidato Ilmiahnya dalam kegiatan Pendidikan Lingkungan Hidup di Abad 21, pada 04 Januari 2024.

Hadir sebagai pembicara tunggal guna menginspirasi para pimpinan dan guru di Al Amin School agar terlibat lebih aktif dalam pendidikan lingkungan hidup dan berkontribusi pada praktik berkelanjutan, Irma Wirdati dalam pidato ilmiahnya focus pada empat hal, yaitu Pentingnya pendidikan lingkungan hidup dalam konteks global, Strategi integrasi pendidikan lingkungan hidup ke dalam kurikulum akademik, Tantangan dan peluang sekolah dalam menumbuhkan kesadaran lingkungan, serta Wawasan dalam mempromosikan praktik berkelanjutan. (Muhansir)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

Silaturahim MUI-Tokoh Lintas Agama, Ormas Islam, dan Lembaga Kemanusiaan JAKARTA, Suara Muhammadiya....

Suara Muhammadiyah

25 October 2023

Berita

REMBANG, Suara Muhammadiyah - Sebagai aktivis muda Muhammadiyah, kita harus memiliki kemandirian di ....

Suara Muhammadiyah

26 March 2024

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Mereka yang menguasai informasi akan menguasai dunia. Begitulah ....

Suara Muhammadiyah

14 September 2023

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Mahasiswi Teknik Kimia (Tekkim) Universitas Muhammadiyah (UMS) melalui ka....

Suara Muhammadiyah

4 November 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (DPD IMM) Daera....

Suara Muhammadiyah

28 February 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah