Mahasiswa FKIP UMSU Hadirkan Buku Matematika Berbasis Braille

Publish

11 July 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
96
FKIP UMSU

FKIP UMSU

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Empat mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendididkan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) melakukan terobosan dalam bidang pendidikan. Mereka menghadirkan karya kreatif dan inovatif berupa buku matematika berbasis braille untuk penyandang tunanetra. Mendapat dukungan dari Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKM-K) Karya tersebut diberi nama Mathbook Animated Puzzle Berbasis Braille untuk Penyandang Tunanetra.

Mahasiswa menciptakan Mathbook Animated Puzzle sebagai bahan ajar buku matematika dengan tulisan braille yang dilengkapi dengan audio dan Puzzle yang dapat mengasah pengetahuan intelektual, melatih konsentrasi dan ketelitian khususnya bagi penyandang tunanetra.

Kegiatan ini berawal dari banyak penyandang tunanetra yang merasa kesulitan dalam pembelajaran metematika. Oleh karena itu tim PKM-K melakukan survei pasar kepada orang tua penyandang tunanetra dan penyandang tunanetra yang berada di SLB kota Medan dan sekitar.

Setelah melakukan survei, bahan ajar atau buku yang digunakan masih terbatas dan monoton. Tim membuat inovasi berupa Mathbook Animated Puzzle berbasis braille untuk penyandang tunanetra sebagai buku matematika bertulisan braille yang dilengkapi dengan Puzzle dan audio sehingga dapat meningkatkan minat belajar numerasi bagi penyandang tunanetra.

Salah satu kepala sekolah SLB mengatakan “Saya banyak mendengar Banyak mahasiswa dari UMSU mengembangkan inovasi baru dan saya tidak menyangka bahwa anak-anak tunanetra ikut merasakan inovasi ini,” “Kami menyambut gembira dan berterimakasih dengan kunjungan dari FKIP UMSU. Kami berharap semoga kegiatan ini menjadi berkah dan tetap menjalin silaturrahmi,” tambah salah satu wali kelas penyandang tunanetra di kota Medan.

Dengan adanya program ini, diharapkan mahasiswa-mahasiswi dapat ikut serta berpartisipasi  dalam menciptakan ide-ide baru, meningkatkan kreativitas dan inovasi yang dapat membuat trobosan baru baik dilingkungan masyarakat maupun bagi bangsa dan negara dalam berbagai bidang yang diminati.

Dosen Pendidikan Matematika FKIP UMSU Sri Wahyuni S.Pd., M.Pd. sekaligus dosen pendamping tim PKM-K menambahkan harapan yang ingin dicapai dalam program PKM ini. “Harapan saya, semoga buku yang dihasilkan oleh mahasiswa-mahasiswa FKIP UMSU ini dapat memberikan manfaat kepada para penyandang tunanetra di kota Medan maupun diseluruh Sumatera Utara agar lebih mudah dan menyenangkan salam belajar matematika,” tuturnya. (Syaifulh/Diko)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Penasihat Syeikh Al-Azhar, Prof. Dr. Nahla Shabri Al-Sha&rsquo....

Suara Muhammadiyah

17 November 2023

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memulai groundbreaking Kampus II U....

Suara Muhammadiyah

6 January 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas 'Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta mengadakan acara "2024 UNI....

Suara Muhammadiyah

4 July 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pada Sabtu (25/5/2024), Ketua PWM DIY Ustaz Ikhwan Ahada melaunchin....

Suara Muhammadiyah

25 May 2024

Berita

TUBABA, Suara Muhammadiyah - Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Dr. Anwar Abbas melakukan kunju....

Suara Muhammadiyah

14 May 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah