Mahasiswa STIEM Cilacap Dituntut Menguasai Digitalisasi Akuntansi

Publish

16 July 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
36
Foto Istimewa

Foto Istimewa

CILACAP, Suara Muhammadiyah - Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMAKSI) mengadakan Seminar Akuntansi, dengan peserta ratusan Mahasiswa Jurusan Akuntansi dan Manajemen. Diselenggarakan di aula Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Cilacap, Senin (15/07/2024).

Dengan tema "Transformasi Ekonomi Digital Dan Prospek Kerja Akuntan Di Era Digital Termasuk Peran AI Dalam Transformasi"

Sekretaris HIMAKSI STIE Muhammadiyah Cilacap Melinda mengatakan ide awal Seminar Akuntansi, untuk menambah wawasan Akuntan digital dalam menghadapi dunia kerja. Peserta khusus untuk Mahasiswa semester akhir jurusan Akuntansi. Karena sudah mau berhadapan dengan dunia kerja.

"Kita mau mengeksplor lagi digitalisasi Akuntansi, untuk menghadapi dunia kerja,"ucapnya.

Menurut Melinda, selama Kuliah Mahasiswa  belajarnya masih secara manual  menggunakan buku besar. Maka mendekati dunia kerja, dipersiapkan kemampuan bidang Akuntansi. Langkah HIMAKSI dengan menyelenggarakan Seminar Akuntansi terkait digitalisasi.

"Seminar Akuntansi guna menambah wawasan keilmuan dalam rangka menangkap prospek kerja bidang Akuntan," ujarnya.

Ditambahkan Melinda, bersyukur banyak Mahasiswa berminat menjadi peserta Seminar dari Jurusan Akuntansi semester akhir maupun awal. Selian itu, peserta juga dari Jurusan Manajemen banyak yang mengikuti Seminar Akuntansi.

Harapan untuk  teman-teman yang telah ikut Seminar Akuntansi, supaya lebih tergugah. Bahwa digitalisasi itu, sudah merambah di Akuntan.

"Meningkatkan semangat teman-teman dalam belajar digitalisasi, khususnya bidang Akuntan," harapnya.

Narasumber Seminar Oman Rusmana menjelaskan Seminar Akuntansi mengenai transformasi digital, untuk ekonomi kreatif. Di jaman era sekarang Mahasiswa dituntut untuk mendapatkan kompetensi digital. 

"Kompetensi itu, bisa digunakan Mahasiswa sebagai bekal dalam mencari pekerjaan atau berwirausaha di masa depan," harapnya.

Dijelaskan Oman, salah satu kompetensi digital yang dimiliki STIE Muhammadiyah Cilacap yaitu Google Workspace Education. 

"Berbagai kompetensi, ada juga bisa bidang Akuntansi atau Manajemen," jelasnya.

Harapan nya bagi Mahasiswa, mereka untuk memliki kompetensi yang cocok dan bisa digunakan sebagai bekal setelah menjadi Sarjana.

"Era yang tidak bisa lagi mengandalkan proses manual, makan Mahasiswa harus memiliki keterampilan digital, khususnya bidang Akuntansi," tegasnya.

Ketua STIE Muhammadiyah Tri Nur Indah Yanti Yulian mengharapkan Mahasiswa khususnya jurusan Akuntansi, untuk menjadi Akuntan yang profesional.

"Mahasiswa untuk termotivasi menjadi Akuntan yang handal. Dengan digitalisasi agar mempunyai kompetensi yang diharapkan dunia kerja," pungkasnya. (Wasis)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah  –  SD Muhammadiyah 3 Tanjung Sari, Medan, menggelar kegia....

Suara Muhammadiyah

7 March 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dalam rangkaian semarak Idul Fitri 1445 H, Pimpinan Daerah Muhammad....

Suara Muhammadiyah

30 April 2024

Berita

OKU, Suara Muhammadiyah - Lazismu OKU Timur kolaborasi dengan organisasi dan komunitas di lingkungan....

Suara Muhammadiyah

16 May 2024

Berita

Yogyakarta, Suara Muhammadiyah - Pada jum'at tanggal 1 Desember 2024, bertempat diruang auditor....

Suara Muhammadiyah

2 December 2023

Berita

BANYUWANGI, Suara Muhammadiyah – Guna mendukung Program Banyuwangi Tanpa Stunting Pemerintah K....

Suara Muhammadiyah

25 April 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah