Mahasiswa UM Bandung Juara Kompetisi Muaythai

Publish

6 August 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
80
Foto Istimewa

Foto Istimewa

BANDUNG, Suara Muhammadiyah — Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Muhammadiyah (UM) Bandung, Muhammad Gibran Siregar, kembali menorehkan prestasi gemilang dalam kompetisi muaythai. Kompetisi ini diselenggarakan oleh Boys Fight Area Kota Bandung di Pelti Jabar, Jalan Ambon, Kota Bandung, pada Minggu (04/08/2024).

Acara tersebut diikuti oleh puluhan peserta dari berbagai kalangan dengan total 42 partai atau klub. Dalam pertandingan, Gibran bertarung melawan Muhammad Raihan, perwakilan dari Muaythai SMKN 4 Bandung. Kejuaraan ini mencakup beberapa kategori pertandingan, mulai dari amatir junior, amatir senior, ampro, hingga pro. "Kebetulan kali ini saya mengikuti kategori amatir senior dengan kelas 91+ kilogram," terang Gibran di UM Bandung pada Senin (05/08/2024).

Saat pertandingan, Gibran mendapatkan perlawanan sengit dari lawannya. "Pada ronde pertama, lawan bermain dengan tempo yang agak agresif sehingga menguras tenaga saya," ucap Gibran. Meskipun begitu, pada ronde ketiga, Gibran berhasil menguasai pertandingan dan meraih juara. "Alhamdulillah, di ronde ketiga saya memenangkan pertandingan dengan hasil TKO," jelas Gibran.

Tidak ada perbedaan teknis yang signifikan dari pertandingan sebelumnya yang pernah dihadapi Gibran. Ia hanya mengaku menghadapi tantangan dalam menjaga stamina, selebihnya pertandingan dapat dilaksanakan dengan baik. "Kesulitannya adalah menjaga stamina karena lawan saya sering menggunakan teknik high kick ke kepala, yang membuat stabilitas posisi menyerang saya sedikit goyah," ucap Gibran.

Menurut Gibran, tidak ada kemenangan tanpa ikhtiar maksimal. Gibran mengungkapkan bahwa kunci kemenangannya dalam lomba ini terletak pada kombinasi antara teknik, stamina, dan latihan rutin. Ketiga hal tersebut, kata Gibran, tidak boleh diabaikan dalam sebuah pertarungan agar bisa menghasilkan prestasi terbaik. "Dalam pertandingan, kita harus memperhatikan dengan sangat baik penguasaan teknik, menjaga stamina, dan selalu latihan rutin," ungkap Gibran.

Selain ketiga hal tersebut, saat menghadapi pertandingan, perlu juga memperbanyak istirahat dan menjaga pola makan agar fisik selalu bugar dan siap bertarung. "Latihannya seperti biasa, misalnya joging, sparing partner, gerak fisik, dan teknik," tambah Gibran.

Terakhir, Gibran berharap kemenangannya ini dapat lebih memotivasi dirinya untuk konsisten mempersembahkan prestasi, khususnya di cabang olahraga bela diri muaythai. Ia juga berharap prestasi ini bisa memberikan semangat bagi siapa pun yang ingin menorehkan prestasi di bidang muaythai. Sebelumnya, Gibran juga pernah meraih prestasi gemilang dengan menjadi juara satu dalam kejuaraan Ganda Fighting Spirit Muaythai Jawa Barat Championship yang berlangsung Juli 2023.*(FK)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANTUL, Suara Muhammadiyah - Mahasiswa Magister Pendidikan UAD menyelenggarakan Pelatihan Literasi D....

Suara Muhammadiyah

1 December 2023

Berita

SURABAYA, Suara Muhammadiyah - Sekolah Prestasi SD Muhammadiyah 11 Surabaya (SD Muhlas) menggelar Pa....

Suara Muhammadiyah

24 February 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Fakultas Kesehatan M....

Suara Muhammadiyah

26 September 2023

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Dalam kisah kehidupan suatu gerakan, terdapat tokoh-tokoh y....

Suara Muhammadiyah

5 January 2024

Berita

BANTUL, Suara Muhammadiyah - Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Unit ....

Suara Muhammadiyah

24 July 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah