Majelis Dikdasmen-PNF PDM Jakarta Timur Fokus Tingkatkan Mutu Pendidikan

Publish

12 July 2024
pdm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
108
Doc. Istimewa

Doc. Istimewa

RAWAMANGUN, Suara Muhammadiyah – Majelis Pendidikan Dasar Menengah dan Non Formal (DIKDASMEN PNF) Pimpinan Daerah Muhammadiyah Jakarta Timur mengadakan kegiatan Pendampingan dan Persiapan Akreditasi Sekolah 2024 di Perguruan Muhammadiyah Rawamangun, Jakarta Timur, pada Rabu, 11 Juli 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, prestasi, dan kapabilitas Amal Usaha Muhammadiyah di tingkat SD, SMP, SMA, dan SMK serta mempersiapkan akreditasi sekolah.

Kegiatan ini adalah termasuk Program Jangka Panjang Majelis DIKDASMEN PNF Muhammadiyah Jakarta Timur, yang telah juga dipaparkan pada Rapat Kerja Pimpinan Daerah Muhammadiyah Jakarta Timur di bulan Januari 2024 lalu, sebagai inisiatif mempersiapkan serta bersaing di tingkat Nasional dalam memajukan kapasitas serta profesionalitas Amal Usaha Muhammadiyah bersaing dengan kompetitif bersama sekolah Negeri atau Swasta sederajat yang ada di lingkungan Jakarta Timur, ataupun di tingkat Wilayah Jakarta dan Nasional.

Dalam pembukaan kegiatan Pendampingan dan Persiapan Akreditasi Sekolah 2024, Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Jakarta Timur Dr. Sudirman Tamin, M.Ag menyampaikan urgensi persiapan dan koordinasi bersama dengan segala perangkat kependidikan yang ada di lingkungan Muhammadiyah Jakarta Timur.

“Adanya Akreditasi merupakan kegiatan yg sangat penting.akreditasi merupakan alat kendali mutu pendidikan.” katanya. 

Sekolah yg bermutu salah satu indikatornya dapat dilihat dari tingkat akreditasinya. “Dalam rangka menghadapi akreditasi perlu dilakukan orientasi dengan kepala sekolah untuk memahami komponen instrumen yg akan dinilai oleh asesor, yg harus diisi oleh sekolah dibawah koordinasi kepala sekolah, yg bermuara pada tingkat akreditasi yang diperoleh oleh masing masing sekolah,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua Majelis DIKDASMEN PNF Muhammadiyah Jakarta Timur Prof Dr Supadi menyampaikan untuk dapat bersaing secara mandiri, bermartabat dan berkompeten, Akreditasi merupakan komponen penting dalam menilai kesiapan Sekolah baik tenaga kependidikan, kepala sekolah, guru maupun siswa tersendiri dalam menghadapi persaingan global. 

“Akreditasi merupakan bentuk evaluasi eksternal yang dilakukan oleh Badan akreditasi Nasional, PAUD, Dasar dan Menengah dalam rangka ikut serta mewujudkan pendidikan yang berkualitas di Indonesia. Secara substansi hasil akreditasi bagi sekolah merupakan diagnose yang dibutuhkan oleh Asesi untuk dijadikan acuan dalam meningkatkan pelayanan kepada peserta didik agar menjadi pribadi yang unggul yang mampu bersaing, mampu bersanding dan siap bertanding, mandiri secara intelektual, mandiri secara spiritual, mandiri secara emosional sehingga menjadi warga negara yang cerdas dan bermartabat," ucapnya. 

Ketua PDM Jakarta Timur Prof Dr Mohammad Nur Rianto Al Arif, MSi menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan oleh Majelis Dikdasmen. Kegiatan ini sejalan dengan agenda PDM Jakarta Timur untuk mewujudkan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) yang berkeunggulan di Jakarta Timur. (Atief/Alle)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PEKALONGAN, Suara Muhammadiyah - Kajen - Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) dan Laz....

Suara Muhammadiyah

16 September 2023

Berita

PADANGPANJANG, Suara Muhammadiyah - Berbagai jenis lomba digelar dalam kegiatan Festival Buya HAMKA ....

Suara Muhammadiyah

12 November 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah – Ma'had Al Birr Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar berk....

Suara Muhammadiyah

6 February 2024

Berita

BALI, Suara Muhammadiyah - Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2023/2024 telah berlangs....

Suara Muhammadiyah

5 December 2023

Berita

SLEMAN, Suara Muhammadiyah - Pusat Studi Muhammadiyah STEPS Universitas Muhammadiyah Yogyakarta....

Suara Muhammadiyah

18 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah