Masyarakat Apresiasi KKN Mahasiswa STIEM Cilacap

Publish

7 August 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
67
Istimewa

Istimewa

CILACAP, Suara Muhammadiyah - Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun akademik 2024/2025 Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE)  Muhammadiyah Cilacap, berjumlah 49 mahasiswa dan 3 mahasiswa KKN Internasional. Penyerahan dilakukan di Balai Desa Ciwuni Kesugihan Cilacap pada Kamis (01/08/2024).

Lokasi KKN ditempatkan di Desa Ciwuni (Kesugihan), Desa Kubangkangkung (Kawunganten), Desa Paberasan (Sampang), Desa Bulaksari (Bantarsari) Kabupaten Cilacap dan Desa Longkeyang (Bodeh) Kabupaten Pemalang serta KKN Internasional (Malaysia dan Hongkong)

Masing-masing desa terdiri 10 mahasiswa untuk Kabupaten Cilacap, sedangkan Kabupaten Pemalang 9 mahasiswa dan di Malaysia 2 mahasiswa serta Hongkong 1 mahasiswa.

KKN sebagai intra kurikulum yang dapat diambil mahasiswa serta dilaksanakan. Untuk lokasi desa tempat KKN atas koordinasi dengan Badan Pendapatan Daerah (Bapeda) Kabupaten Cilacap dan Pemalang.

KKN sebagai praktek kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi, untuk yang ke-3 yakni pengabdian kepada masyarakat.

"Mahasiswa langsung interaksi dengan masyarakat, dengan implementasi ilmu di kampus dipraktekkan di desa tempat KKN," jelasnya.

Tahapan untuk KKN dengan pembekalan, mapping di desa yang akan ditempati.

"Semoga KKN yang sebentar ini, dapat bermanfaat bagi masyarakat. Dengan jangka waktu selama satu bulan, mahasiswa di posko untuk melaporkan kegiatan-kegiatannya," sarannya.

Proposal untuk mendukung kegiatan KKN juga dibutuhkan masyarakat dengan program-program yang sesuai dan tepat sasaran. 

"Mudah-mudahan dapat bersinergi dan bermanfaat bagi masyarakat di desanya," harapnya.

Kades Ciwuni Kesugihan Cilacap Ngadiman mengungkapkan terimakasih karena telah menjadi desa yang ketempatan KKN STIE Muhammadiyah Cilacap.

"Semoga, mahasiswa KKN dapat bekerjasama dengan perangkat desa, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan masyarakat Desa Ciwuni," ujarnya.

Sambutan Pj Bupati Cilacap yang dibacakan Camat Kesugihan Cardian Galih Wicaksono menyambut baik dan terimakasih, memberikan penghargaan setinggi-tingginya civitas akademika STIE Muhammadiyah Cilacap.

"KKN semoga dapat berjalan lancar dan bermanfaat bagi masyarakat," ucapnya

KKN bagian penting bagi mahasiswa karena diberikan kesempatan mengaplikasikan ilmunya untuk hidup ditengah-tengah masyarakat. Mahasiswa yang memiliki daya nalar sebagai kaum intelektual mampu mengidentifikasi masalah yang timbul.

"Temuan-temuan tersebut dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi dan masukan bagi Pemerintah Daerah (Pemda) dalam perencanaan dan pelaksanaan program pembetdayaan masyarakat," harapnya.

Kerjasama dan kolaborasi pemerintah dan masyarakat di pedesaan dengan adanya kegiatan KKN untuk mewujudkan program pemerintah.

"Mahasiswa dapat melihat dan terjun langsung dalam kehidupan masyarakat. Maka, mahasiswa dapat memadukan ilmu yang telah diperoleh di kampus untuk dipadukan dengan lingkungan di masyarakat," pungkasnya. (Wasis)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Bidang Manajemen Sumber Daya Anggota (MSDA) Kwartir Pusat Ger....

Suara Muhammadiyah

5 July 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Bertempat di Amphitarium Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Kwartir Pu....

Suara Muhammadiyah

29 October 2023

Berita

Uhamka Siap Terima Mahasiswa Tidak Lulus Tes Masuk Negeri JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pengumuman ....

Suara Muhammadiyah

13 June 2024

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah – Tim mahasiswa Program studi (Prodi) Arsitektur Fakultas Teknik....

Suara Muhammadiyah

16 March 2024

Berita

WONOGIRI, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Wonogiri menerima kunjungan Ke....

Suara Muhammadiyah

9 February 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah