MDMC Aceh Tingkatkan Kapasitas Relawan Tangguh

Publish

8 January 2024
pwm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
209
Foto Istimewa

Foto Istimewa

BANDA ACEH, Suara Muhammadiyah - Muhammadiyah Disaster Manajemen Center (MDMC) menyelenggarakan pelatihan kebencanaan dasar yang dilaksanakan secara hybrid di Ruang Rapat Rektorat Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) Sabtu, 6 Januari 2023 yang dimulai pukul 09.00 WIB.

Pelatihan ini diikuti oleh seluruh pengurus LRB/MDMC Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Aceh dan juga pengurus di daerah serta pengurus Ortom Wilayah. Pada kegiatan ini turur menghadirkan narasumber Chairul Anam, Ketua Divisi Tanggap Darurat, Rehabilitasi dan Rekonstrusi MDMC Pusat.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh M. Yamin, SE, M. Si, Wakil Ketua PWM Aceh yang membidangi MDMC, LAZISMU dan LPPK. Dalam sambutannya, Yamin menyampaikan bahwa pelatihan ini sangat diperlukan guna meningkatkan kapasitas para pengurus dan relawan MDMC.

“Dimana selama ini kita masih banyak yang merasa tidak siap saat menghadapi situasi emergency di lapangan. Untuk itu, diperlukan pelatihan ini agar kita tahu apa yang harus kita lakukan saat menghadapi situasi bencana, baik bagi diri kita sendiri, maupun orang lain dan lingkungan di sekitar kita,” kata M. Yamin.

Sementara itu, Ketua MDMC Aceh, Musliadi M. Tamim, S.Sos, MA yang didampingi Sekretaris, Sukri Karim, S.Psi, M.Si, dalam sambuatannya menyampaikan bahwa pelatihan ini harus dapat kita maknai sebagai upaya kita untuk memperkuat ketahanan, resiliensi kita terhadap situasi-situasi kebencanaan. 

“Kita telah melakukan upaya-upaya mitigasi yang maksimal guna mengurangi resiko bencana dan turut pula memberikan bantuan bagi yang membutuhkan. Jika kita tidak meningkatkan kapasitas, maka kita akan kesulitan melakukan aktifitas kemanusiaan di lapangan,” ucapnya.

“Untuk itu kita harapkan kepada seluruh personil MDMC yang ada di wilayah dan daerah-daerah harus terus dilatih dan ditingkatkan kapasitasnya. Pelatihan ini menjadi sesuatu yang sangat penting untuk kita adakan,” Pungkasnya. (*)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Keluarga bagi Nasyiatul Aisyiyah merupakan lambang kesatuan gerak d....

Suara Muhammadiyah

27 October 2023

Berita

SURAKARTA, Suara Muhamamdiyah – Sebagai bentuk simpati para siswa terhadap meninggalnya saudar....

Suara Muhammadiyah

2 November 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Asosiasi Pengelola Asrama Mahasiswa (ASLAMA) terdiri dari 56 asra....

Suara Muhammadiyah

5 March 2024

Berita

KEBUMEN, Suara Muhammadiyah - Heri Pramono, S.Pd dilantik menjadi kepala SMA Muhammadiyah Gombo....

Suara Muhammadiyah

7 January 2024

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah – Lembaga Sensor Film (LSF) RI menggelar sosialisasi budaya sensor ma....

Suara Muhammadiyah

7 December 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah