Melalui MENTARI Clubfoot, MPKU Optimalkan Layanan Penyembuhan Kaki Pengkor

Publish

17 December 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
149
MPKU PP Muhammadiyah

MPKU PP Muhammadiyah

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Majelis Pembinaan Kesehatan Umum (MPKU) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah melalui program MENTARI Clubfoot terus berupaya mengoptimalkan layanan penanganan penyembuhan Kaki Pengkor (Clubfoot) pada anak. Salah satu upaya untuk mengoptimalkan layanan program yang telah berjalan tiga bulan tersebut adalah melalui agenda ‘Knowledge Refresh: Basic Ponseti Training’, yang diadakan pada Minggu (17/12) di SM Tower & Convention. 

Sekretaris MPKU PP Muhammadiyah, Dr. dr. Ekorini Listiowati, MMR menyoroti fenomena di lapangan di mana banyak orang tua atau keluarga anak dengan Kaki Pengkor yang tidak tahu kalau Kaki Pengkor bisa disembuhkan secara dini, salah satunya melalui Metode Ponseti. 

“Melalui metode ponseti ini, Kaki Pengkor bisa disembuhkan hanya butuh ketelatenan butuh kemauan dari kita kemauan dari pasien dan keluarganya sehingga bisa kita kembalikan ke langkahnya yang seimbang dan masa depan yang lebih baik,” tutur Ekorini. 

Agenda Knowledge Refresh ini dihadiri oleh Dokter Orthopedi, Perawat Poli Bedah Orthopedi, dan Penanggung Jawab Program di Rumah Sakit Muhammadiyah & ‘Aisyiyah (RSMA) Mitra MENTARI Clubfoot. 

Sehingga, dengan kehadiran mitra ini Ekorini juga berharap layanan ini dapat dioptimalkan baik secara jangkauan program maupun secara layanan medis yang diberikan. 

“Harapannya Knowledge Refresh ini dapat menciptakan semacam desain keseragaman penanganan guna optimalisasi layanan ini untuk masyarakat,” tambah Ekorini. 

Di Asia Tenggara, hampir 2 dari setiap 1000 bayi lahir dengan kondisi Kaki Pengkor. Di mana saat ini diperkirakan ada sekitar 9,8 juta individu dengan Kaki Pengkor, dan sebanyak 7,8 juta mengalami disabilitas karena kurangnya akses ke penanganan yang tepat. 

Fenomena tersebut diutarakan oleh salah satu narasumber, dr. Hilmi Muhammad, Sp.OT(K) yang turut mengapresiasi langkah Muhammadiyah menjaring kasus Kaki Pengkor sedari dini melalui MENTARI Clubfoot ini. 

“Tentu ini menjadi langkah baik ketika Muhammadiyah dengan jaringan rumah sakitnya yang sangat luas, turut terlibat menjaring dan memberikan layanan penanganan Kaki Pengkor kepada masyarakat,” tutur Hilmi. 

Program MENTARI Clubfoot ini bekerjasama dengan Miraclefeet, dan juga didukung oleh Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) dan Majelis Pembina Kesejahteraan Sosial (MPKS) PP Muhammadiyah. Saat ini, MENTARI Clubfoot terus berupaya memasifkan sosialisasi sebagai upaya penjaringan pasien anak dengan kaki pengkor, serta mengoptimalkan layanan penanganan yang diberikan. (iqbal/diko)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Terus menebar manfaat di bulan Ramadan, Universitas Muhammadiyah Malang....

Suara Muhammadiyah

15 March 2024

Berita

PURWOREJO, Suara Muhammadiyah  - UKM Mahasiswa Pecinta Alam Surya Rimba (MAPASURI) Universitas ....

Suara Muhammadiyah

29 December 2023

Berita

GRESIK, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Pemerintah Kabupa....

Suara Muhammadiyah

10 March 2024

Berita

TEMANGGUNG, Suara Muhammadiyah – Akademi Kesehatan Muhammadiyah Temanggung (AKMT) sukses menye....

Suara Muhammadiyah

19 September 2023

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah – Opini Wakil Kepala Sekolah Penggerak bidang Humas SD Muhammadiyah 1....

Suara Muhammadiyah

4 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah