Mengejutkan! Murid SD Muhammadiyah Jatim Menguasai Choral Speaking di Malaysia

Publish

2 October 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
306
Doc. Istimewa

Doc. Istimewa

GERSIK, Suara Muhammadiyah- Siang itu, Selasa (1/10/2024) rombongan siswa dari tiga sekolah, yaitu SD Muhammadiyah Manyar (SDMM) Gresik, SD Muhammadiyah 15 (Limas) Surabaya, dan SD Muhammadiyah 1 (Mutu) Bawean, berpartisipasi dalam program International Study Exchange and Collaboration Program (In_TuXCo) yang diselenggarakan di Sekolah Kebangsaan Raja Perempuan Muzwin, Kuala Kangsar, Perak, Malaysia.

Pada kesempatan ini, para siswa dan guru  dari tiga sekolah tersebut mengikuti workshop Choral Speaking. Choral Speaking adalah kegiatan berpidato atau membacakan puisi secara berkelompok dengan memanfaatkan variasi suara dan intonasi untuk meningkatkan keindahan dan pesan yang disampaikan.

Workshop ini diikuti dengan antusias oleh para siswa dan guru. Dalam waktu singkat, hanya sekitar 20 menit, anak-anak kami dapat menunjukkan tampilan terbaik mereka dalam Choral Speaking. Begitu pula dengan para guru yang berhasil mengimplementasikan tips melatih Choral Speaking yang mereka peroleh selama workshop.Pembina Choral Speaking di SK Raja Perempuan Muzwin Mazlina mengatakan, keterampilan Choral Speaking ini membantu siswa mengembangkan kemampuan berbicara bahasa Inggris, kreativitas, serta kerja sama tim. "Syaratnya harus disipilin dan mau menghafal teks puisi atau cerita," ungkapnya.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan rasa bangga dan puas pada diri para siswa dan guru, yang telah berhasil mengatasi tantangan baru dan menunjukkan prestasi yang mengesankan dalam waktu singkat. Pengalaman ini pastinya akan memberikan dampak positif jangka panjang bagi semua partisipan. Ada banyak pilihan teks yang disuguhkan saat workshop. Anak-anak berkelompok sesuai tempat duduknya untuk memudahkan latihan. Mereka dibantu oleh guru dan siswa klub choral speaking SK Raja Perempuan Muzwin. Mereka tampak antusias dan akrab saling mendukung antarteman. 

Berlatih choral speaking memang membutuhkan keterampilan khusus, selain pemahaman bahasa. Gesture, mimik wajah, juga penguasaan emosi sangat dibutuhkan. Perbedaan warna suara akan sangat menambah keharmonisan tampilan choral speaking. Terima kasih keluarga besar SK Raja Perempuan Muzwin yang telah bersedia berbagi ilmu baru kepada siswa dan guru kami. (Ria/Lika)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BATANG, Suara Muhammadiyah – Gairah berorganisasi terkadang meredup seiring berjalannya waktu.....

Suara Muhammadiyah

4 December 2023

Berita

BANDAACEH, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Ban....

Suara Muhammadiyah

3 March 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PK IMM) Fakultas....

Suara Muhammadiyah

2 August 2024

Berita

MAGELANG, Suara Muhammadiyah - Kegiatan Silaturahmi Keluarga Besar Muhammadiyah (SKBM) Kecamatan Mun....

Suara Muhammadiyah

8 July 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Innalillahi wa Inna Ilaihi Raji’un, kabar duka datang d....

Suara Muhammadiyah

18 February 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah