Menjadi Pilihan Mahasiswa, Ini Keunggulan Prodi Pendidikan Olahraga

Publish

13 January 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
217
Foto Istimewa

Foto Istimewa

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Lembaga Pengembangan Olahraga (LPO) Pimpinan Pusat Muhammadiyah menggelar  webinar bertema  Potensi Prodi Olahraga di Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (PTMA) Menuju Olahraga Muhammadiyah Berkemajua, pada Jumat (12/1).  Sejalan tema yang diangkat, webinar ini menghadirkan pembicara, Ahmad Sulaiman M.Pd yang saat ini menjabat sebagai Kaprodi Pendidikan Olah Raga Unmuh Jember) dan dan Dr. Doby Putro Parlindungan, M.Pd. yang saat ini menjabat sebagai Kaprodi Pendidikan Olahraga UMJ Jakarta. Sedangkan moderator adalah Nur Subekti, M.Or dari Kaprodi Pendidikan Olah Raga UMS Surakarta. Nur Subekti juga menjadi ketua Asosiasi Prodi Olahraga PTMA.

“Ilmu olahraga adalah bidang pengetahuan yang mempelajari prinsip-prinsip dan konsep-konsep di balik aktivitas fisik, olahraga, dan kesehatan. Hal ini melibatkan pemahaman mendalam tentang fisiologi, biomekanik, psikologi, dan aspek lain yang berkontribusi terhadap kinerja atlet dan pemahaman tentang manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itulah kami mengembangkan sport science” ujar Doby. Doby menambahkan prodi Pendidikan Olahraga kini semakin dilirik oleh calon mahasiswa karena memberikan kesempatan mahasiswa untuk berprestasi di bidang olahraga. Doby memberikan contoh para mahasiswa UMJ yang telah berhasil menjadi atlet nasional saat masih mahasiswa, serta berbagai fasilitas olahraga yang mumpuni di UMJ Jakarta dan PTMA yang mendukung pembinaan mahasiswa dalam olahraga.

Senada dengan Doby, Ahmad Sulaiman menyebutkan bahwa Unmuh Jember telah memiliki sejarah panjang dalam pembinaan olahraga. Pada awal 1990-an tim sepakbola Unmuh Jember pernah Juara Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional dan Mewakili Indonesia di POM ASEAN. Salah satu pemain PS Unmuh Jember yang kemudian menjadi legenda tim nasional adalah Hendro Kartiko, kiper tim nasional era 1990-an. 

“Kami menghidupkan kembali PS Unmuh Jember dan pada musim kemarin telah mendaftar di Liga 3 Jawa Timur, sayangnya kompetisi tidak jadi dijalankan. Namun pembinaan tetap kami lakukan. Menjadi mahasiswa prodi pendidikan olahraga sekaligus menjadi kesempatan meniti jalan menjadi pemain sepakbola profesional dan cabang olahraga lain. Ini menjadikan prodi Pendidikan Olahraga Unmuh Jember diminati mahasiswa baru,” ujar Ahmad.  

Sebanyak lebih dari 100 peserta dari pimpinan pusat, pimpinan wilayah, mahasiswa dan masyarakat mengikuti webinar ini. Dalam sambutannya Prof. Dr. Irwan Akib, ketua bidang pendidikan, seni, budaya, dan olahraga Pimpinan Pusat Muhammadiyah, memberikan apresiasi pada LPO yang terus bergerak memajukan olahraga dan dakwah (fj)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah – Tim Kegiatan Pengabdian Masyarakat Persyarikatan/AUM/Desa Binaan (P....

Suara Muhammadiyah

19 February 2024

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Melihat peluang kebutuhan mitra Sanggar Bimbingan (SB) Sungai Mulia 5, Ku....

Suara Muhammadiyah

14 September 2023

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah - Majelis Pendidikan Dasar Menengah dan Pendidikan Nonformal Pimpinan Pu....

Suara Muhammadiyah

6 March 2024

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah - Bertempat di wisma Pendawa Kementerian Sosial RI Kota Bandung, Jawa Ba....

Suara Muhammadiyah

3 March 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Untuk menguatkan sinergi dan berkolaborasi sesama Perguruan Tinggi Muh....

Suara Muhammadiyah

12 September 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah