Menyiapkan Bekal Hidup Generasi Muda

Publish

29 January 2024
kmd
uad

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
155
Peserta KMD PGSD UAD 2024

Peserta KMD PGSD UAD 2024

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah-Generasi muda Indonesia dituntut punya bekal hidup dan bekal karakter yang baik. Salah satu cara membina life skill dan memupuk karakter adalah melalui pendidikan kepramukaan. Dalam rangka itu, penting menyiapkan Pembina Pramuka yang mencukupi dalam segi jumlah dan kualitas. Guna menyiapkan para pembina pramuka di sekolah-sekolah, Program Studi Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan dan Kwartir Cabang Pramuka Yogyakarta menyelenggarakan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD).

Kursus Mahir Dasar ini dibuka langsung oleh Heroe Poerwadi sebagai Ketua Kwartir Cabang (Kakwarcab) Gerakan Pramuka Yogyakarta (29/01/2024) di halaman kampus 5 UAD. Dalam sambutannya, Heroe menyebut bahwa KMD ini sebagai ladang menyiapkan generasi muda berkualitas, terutama melalui para calon guru SD. “Menyiapkan generasi muda untuk siap hidup, bukan siap mati. Pramuka mempersiapkan life skill,” ujarnya.

Menurut Heroe, banyak cerita orang-orang sukses itu bukan hanya ditentukan oleh karena mereka punya keunggulan secara akademik, tetapi juga karena mereka punya kecakapan dalam menyikapi keruwetan hidup. “Kalau ada masalah dalam hidupnya, ia tahu bagaimana caranya bersikap. Ia mampu menyelesaikan persoalan meskipun mungkin IP-nya rendah,” tuturnya.

Pramuka merupakan wadah bagi generasi muda untuk menempa diri. Dalam berbagai kegiatan kepanduan, para peserta didik dilatih untuk hidup mandiri. Mereka diajarkan bagaimana cara menyikapi masalah-masalah yang muncul. “Anak-anak dibiaasakan menghadapi tantangan, nanti dia tangguh, tidak mudah putus asa. Mereka akan menjadi generasi yang tidak mudah patah,” kata Heroe.

Ketua Program Studi PGSD UAD, Muhammad Ragil Kurniawan berharap para peserta KMD dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya untuk mengupgrade diri. Para peserta KMD diharap tidak sekadar menjadikan KMD sebagai ajang formalitas untuk mendapat sertifikat. Namun, kegiatan ini harus dimanfaatkan semaksimal mungkin guna meningkatkan bekal hidup dan membina karakter luhur. (ridha)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) berhasil menyelesaik....

Suara Muhammadiyah

5 December 2023

Berita

BANYUMAS, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) kembali mengukuhkan po....

Suara Muhammadiyah

8 March 2024

Berita

KUDUS, Suara Muhammadiyah - Kelahiran Muhammadiyah itu dalam rangka Mempermudah umat Islam menjalani....

Suara Muhammadiyah

19 February 2024

Berita

BANYUMAS, Suara Muhammadiyah - Lazismu Banyumas lakukan launching platform donasi digital dengan sob....

Suara Muhammadiyah

18 December 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Pelatihan Layanan Dukungan Psikososial (LDP) Gelombang 2 resm....

Suara Muhammadiyah

8 December 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah