MI Muhammadiyah Karanglewas Kidul Sukses Gelar MATSAMA

Publish

22 July 2024
aum

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
139
Foto Istimewa

Foto Istimewa

BANYUMAS, Suara Muhammadiyah - Di setiap awal tahun pelajaran MI Muhammadiyah Karanglewas Kidul atau biasa disingkat Muhadikaz mengadakan MATSAMA (Masa Taaruf Siswa Madrasah). Di tahun pelajaran 2024/2025 ini, MI Muhadikaz juga mengadakan kegiatan tersebut, mulai hari Senin tanggal 9 Muharram 1446 H bertepatan tanggal 15 Juli 2024. Di hari Senin itu dilaksanakan upacara bendera di lapangan MI Muhammadiyah Karanglewas Kidul dengan Pembina upacara yaitu Ustadz Udji Kustowo selaku Kepala Madrasah.

Manual acara kegiatan MATSAMA tahun pelajaran 2024/2025: upacara pembukaan, dimulai dengan membaca basmalah, pengibaran bendera merah putih, pembacaan Pancasila, UUD 1945, Janji Pelajar dan Doa. Di dalamnya juga ada sambutan wali murid kelas satu yang menyerahkan putra-putrinya ke madrasah dan sambutan kepala madrasah dalam penerimaan siswa baru. 

Dalam pembukaan dimeriahkan juga dengan penyematan tanda peserta, penabuhan drum oleh kepala madrasah dan pelepasan balon-balon ke udara. Semua riang gembira dan bertepuk tangan. Acara dilanjutkan dengan perkenalan dewan Asatidz. Untuk kelas 1A diampu Ustadzah Desi Windiarti, kelas 1B oleh Ustadzah Wajiatun, kelas 2 Ustadzah Isnawati Miladiyah, kelas 3 Ustadz Ridlo Khoerudin, kelas 4 Ustadz Risman Subandi, kelas 5 Ustadzah Esti Suryani, kelas 6 oleh Ustadzah Istri Fika Wulandari, Tahsin Ustadzah Rafika Nurul Fadhilah, dan Penjasorkes Ustadz Suwandi.

Acara dilanjutkan di kelas masing-masing. Untuk kelas 1 ada acara Say Hi! dengan game/ice breaking untuk perkenalan, dilanjutkan tukar ID CARD. Untuk kelas 2-6  melaksanakan dzikir pagi dan ice breaking, serta perkenalan siswa satu persatu, tentang nama lengkap, nama panggilan, nama orang tua dan alamat. Selanjutnya pembentukan pengurus kelas dan jadwal piket.

Di hari kedua untuk kelas 1, pengondisian di lapangan dalam, membentuk lingkaran, menyanyikan Indonesia Raya, game uji kenal satu persatu. Kelas 2-6 shalat Dhuha dan Dzikir Pagi. Pembacaan tata tertib madrasah dan penyampaian program pembiasaan madrasah. 

Di hari ketiga kelas 1 pengondisian di dalam kelas, dilanjutkan pengenalan lingkungan madrasah, dengan mengunjungi ruang kepala madrasah dan kelas-kelas, serta ruangan lainnya. Sedangkan kelas 2-6 melaksanakan kegiatan Asesmen Diagnostik. Siswa diajak untuk menghitung penjumlahan, ada yang nilainya maksimal, ada juga yang kurang. Sebagai bahan dasar pembelajaran selanjutnya.

Di hari keempat untuk kelas 1 dilaksanakan bimbingan ibadah tentang bacaan, doa, gerakan wudlu dan shalat oleh Ustadz Risman Subandi. Sedangkan di kelas 2-6 dilaksanakan asesmen BTA, siswa-siswi ditanya sudah mengaji di jilid berapa, kemudian satu persatu disuruh untuk membaca sesuai dengan jilidnya masing-masing atau Al Qur’an.

Di hari kelima adalah senam  bersama dipimpin oleh Ustadz Risman Subandi dilanjutkan kegiatan Parade Ekstra kurikuler dipandu oleh Ustadzah Wajiatun, yang terdiri atas Parade tari Hisbul Wathan, Parade Tapak Suci juga Parade Panahan. 

Sedangkan hari keenam yaitu hari Sabtu tanggal 14 Muharram 1446 H/20 Juli 2024, MI Muhammadiyah Karanglewas Kidul mengadakan kegiatan Family Gathering di Monumen Jenderal Soedirman di Karanglewas. Sebelum dimulai kegiatan itu, diadakan penutupan Matsama yang disampaikan oleh kepala madrasah Ustadz Udji Kustowo. 

Dalam Family Gathering, semua anak didampingi oleh orang tuanya, acara dipimpin oleh Ustadz Joko dari MPKSDI PDM Banyumas. Yang pertama semuanya baris 20 anak, begitu juga ibu-ibunya. Disiapkan sendok plastik dan bola pingpong. Digerakkan dari belakang bola pingpong dipindah ke sendok yang dipegang peserta di depannya. 

Kemudian peserta Family Gathering dipersilakan untuk meniup balon, satu persatu. Kemudian balon diletakkan di depan badan, untuk permainan seperti kereta api, mereka melaksanakannya dengan gembira. Ada empat macam permainan dalam Family Gathering, yaitu: kereta balon, bola jaring, bola air dan bermain lingkaran. Acara selesai pukul 11.30 WIB.

Disampaikan oleh waka kesiswaan Ustadz Ridlo Khoerudin bahwa alhamdulillah respon wali murid sangat positif dan penuh kesan, semoga menambah semangat dan motivasi kita untuk ke depan lebih baik lagi, aamiin ya rabbal ‘aalamiin. 

Alhamdulillah semua terlaksana dengan baik dan meriah, dengan Dewan Asatidz yang kompak, dari survey lokasi, penerima tamu, penyiapan ube rampe game, juga ikut serta dalam permainan bersama wali murid dan anak-anak, semua berbaur dan merasa senang. (Isnawati)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

TANGSEL, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan Asyiyah Kota Tangerang Selatan melaku....

Suara Muhammadiyah

2 February 2024

Berita

PADANGPANJANG, Suara Muhammadiyah - Sebanyak 191 calon santri baru Pondok Pesantren Kauman Muhammadi....

Suara Muhammadiyah

14 January 2024

Berita

CILACAP, Suara Muhammadiyah - Melon Madu Orange dengan media tanam organik dibudidayakan di dep....

Suara Muhammadiyah

20 November 2023

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) Cabang Kabupa....

Suara Muhammadiyah

12 December 2023

Berita

KLATEN, Suara Muhammadiyah – Indonesia tengah mengalami musim kemarau berkepanjangan. Dampakny....

Suara Muhammadiyah

9 September 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah