Milad IPM ke-63, Ribuan Pelajar Muhammadiyah Jabar Ikuti Agenda Menarik

Publish

12 August 2024
ipm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
155
Foto Istimewa

Foto Istimewa

GARUT, Suara Muhammadiyah — Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PW IPM) Jawa Barat menggelar Gebyar Milad ke-63 dengan tema "Pelajar Berdampak, Jawa Barat Berdaya," yang diikuti oleh 3000 pelajar Muhammadiyah dari seluruh penjuru Jawa Barat, Jum’at, 9 Agustus 2024. 

Rangkaian kegiatan dimulai dengan parade dan kampanye yang diikuti ribuan pelajar. Selain itu, Gebyar Milad kali ini juga apel bersama yang digelar di Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Garut. 

Apel tersebut dihadiri oleh Pejabat Bupati Kabupaten Garut, Barnas Ajidin; Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jawa Barat, Abdullah Effendi, M.E.; Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Barat, Dr. Ayi Rusyana, M.Ag.; Mudir Pondok Pesantren Darul Arqam, K.H. Ahmad Syaoqi; dan Ketua Umum Pimpinan Wilayah IPM Jawa Barat, M. Irsyad Khalid.

Selain para tokoh tersebut, kegiatan ini juga dihadiri oleh pimpinan organisasi otonom Muhammadiyah tingkat wilayah, pimpinan organisasi kepemudaan tingkat provinsi, Pimpinan Daerah IPM se-Jawa Barat, dan Pimpinan Cabang IPM se-Kabupaten Garut, yang turut memeriahkan apel ini. Kehadiran para tokoh dan pimpinan organisasi tersebut menambah semarak dan khidmat acara, serta menunjukkan dukungan penuh terhadap perjuangan IPM dalam mencetak generasi muda yang berdaya.

Dalam apel, dilakukan penyerahan bibit tanaman secara simbolis oleh Pimpinan Wilayah IPM Jawa Barat kepada Pimpinan Pondok Pesantren Darul Arqam, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Garut, dan Pejabat Bupati Kabupaten Garut. Penyerahan ini menjadi simbol komitmen IPM dalam menjaga lingkungan dan memberdayakan masyarakat, sejalan dengan tema besar yang diusung.

Apel juga dimeriahkan dengan penampilan seni dari Tapak Suci dan paduan suara dari santri Darul Arqam. Penampilan ini tidak hanya menambah semangat para peserta apel, tetapi juga menunjukkan kekayaan budaya dan kreativitas yang dimiliki oleh para pelajar Muhammadiyah.

Dalam pidato pembukaannya, Pejabat Bupati Garut, Barnas Ajidin, menyampaikan pesan penting kepada para pelajar. "Ikatan Pelajar Muhammadiyah harus memahami tentang bagaimana kondisi yang diharapkan. Jadi, para pemimpin sekarang ini memohon dan meminta kepada para pelajar untuk mempersiapkan diri, karena generasi berikutnya akan diestafetkan oleh adik-adik sekalian. Selamat Milad IPM ke-63," ujar Barnas Ajidin. 

Ia berharap mudah-mudahan para pelajar, kader IPM, menjadi pemimpin yang ideal. Tentunya, harus diberikan pembinaan yang dapat dipertanggungjawabkan dan bagaimana bisa menjawab berbagai tantangan yang dihadapi dengan bekal ilmu dan perilaku yang berakhlak mulia.

Wakil Ketua PWM Jawa Barat, Dr. Ayi Rusyana, M.Ag., dalam pidatonya, menggarisbawahi pentingnya kontribusi IPM bagi masyarakat. 

"Kami berharap Ikatan Pelajar Muhammadiyah bisa memberikan kontribusi positif bagi masyarakat di Jawa Barat khususnya dan Indonesia pada umumnya, karena belakangan ini para pelajar menghadapi masalah yang tidak sederhana, seperti kenakalan remaja, bullying, narkoba, dan pornografi. Dengan adanya milad ini, IPM bisa melakukan refleksi agar dapat memperkuat barisan dan memberikan dampak positif terhadap masyarakat," tuturnya.

Pidato penutup disampaikan oleh Ketua Umum Pimpinan Wilayah IPM Jawa Barat, M. Irsyad Khalid. Ia menegaskan bahwa IPM terus berupaya untuk memberikan dampak positif yang nyata bagi masyarakat. "Melalui parade yang diikuti ribuan pelajar ini, kami ingin menegaskan bahwa IPM secara nyata sudah dan akan senantiasa mampu memberikan kontribusi positif dalam membangun generasi muda yang unggul. Saya optimis IPM ke depan akan terus berkembang dan semakin memberikan dampak."

Dalam momen parade diiringi oleh penampilan marching band yang memukau berhasil menarik perhatian masyarakat Garut yang sedang beraktivitas di sekitar rute parade. Dentuman drum, tiupan terompet, dan gerakan ritmis para pemain marching band semakin menambah semarak suasana. 

Kehadiran marching band ini menjadi simbol kekompakan dan kerja sama para pelajar Muhammadiyah dalam mewujudkan kegiatan yang besar dan bermakna. Seluruh peserta, yang datang dari berbagai daerah di Jawa Barat, turut merasakan kebanggaan menjadi bagian dari IPM dan merayakan milad organisasi ini dengan penuh antusiasme.

Salah satu peserta parade, Hafidz Purnama, mengungkapkan kebahagiaannya bisa turut serta dalam acara ini. “Baru kali ini ikut kegiatan IPM semeriah ini. Syukur banget bisa ikut kegiatan ini, jadi tahu juga kalau kader IPM tuh ternyata banyak dan bukan hanya ada di Garut aja,” ujarnya dengan penuh semangat.

Rizik Abdullah, peserta lain juga berbagi pengalamannya. “Saya beruntung banget ikut serta dalam kegiatan parade gebyar milad IPM ke-63 ini. Saya jadi punya kenalan baru kader IPM dari berbagai daerah. Saya juga merasa terharu melihat ribuan kader IPM berkumpul dalam satu tempat dan melakukan parade secara bersama-sama. Semoga kegiatan seperti ini dapat terus digelar guna menambah semangat dan menjadi contoh bagi kader IPM lainnya,” tuturnya.

 

 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BUTON, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Buton (UM Buton) sukses menggelar seraseha....

Suara Muhammadiyah

26 June 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr H Irwan Akib, MPd m....

Suara Muhammadiyah

23 August 2024

Berita

MANADO, Suara Muhamamdiyah – Pimpinan Wilayah Muhamamdiyah (PWM) Sulawesi Utara (Sulut) mengge....

Suara Muhammadiyah

12 December 2023

Berita

SEMARANG, Suara Muhammadiyah - Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Muhammadiyah Se....

Suara Muhammadiyah

21 February 2024

Berita

BANYUMAS, Suara Muhammadiyah - Hizbul Wathan (HW) Qobilah Sarbini STIE Muhammadiyah Cilacap, me....

Suara Muhammadiyah

25 July 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah