MIM Digdaya Bolon Menciptakan Generasi Literat

Publish

18 December 2023
aum

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
196
Foto Istimewa

Foto Istimewa

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Madrasah Ibditaiyah Muhammadiyah (MIM) Digdaya Bolon, Colomadu, Karanganyar gelar Gerakan Literasi Sekolah guna meningkatkan kemampuan literasi siswa di sekolah dalam rangka menciptakan generasi literat, Jumat (15/12/2023).

Secara kontekstual, Gerakan Literasi Sekolah bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengakses, melihat, menyimak, menulis dan atau berbicara. dengan harapan sekolah dapat menjadi organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik. 

Wakil Kepala Kurikulum MIM Digdaya Bolon, Warsiti, S. Pd. I menyampaikan bahwa gerakan literasi merupakan gerakan sepanjang hayat, proses dan dampaknya cukup lama, namun harus mulai dibiasakan sejak dini. 

"Menanamkan kebiasaan siswa dalam hal literasi tidak semudah membalik telapak tangan, harus dibiasakan terlebih dahulu untuk menanamkan kecintaan siswa terhadap buku. Kita juga selalu mengatakan bahwa buku adalah jendela ilmu agar siswa menyadari pentingnya melakukan kegiatan literasi." Ungkapnya

Gerakan tersebut terbagi menjadi dua sesi, Pertama, siswa diajak menyimak storytelling yang disampaikan oleh Kak Juni selaku Komunitas Istana Dongeng Nusantara. 

Dirinya turut gembira melihat antusias siswa MIM Digdaya Bolon yang memiliki berbagai macam potensi dan gaya belajar yang berbeda-beda. 

"Saya sangat mengapresiasi antusias siswa ketika menyimak storytelling dengan berbagai gaya belajar yang berbeda. Ada yang mendengarkan sambil tiduran, ada yang fokus melihat ke depan, ada yang sambil mencatat, dan itulah keragaman siswa." Ungkapnya. 

Kedua, siswa diajak memilih buku favorit yang telah disediakan, untuk dibaca dan dirangkum dalam rangka meningkatkan keterampilan membaca dan merangkum cerita. 

Wakil Ketua Kesiswaan MIM Digdaya Bolon, Wahyu Nur Hidayati, S. Pd menyampaikan bahwa tujuan diadakannya gerakan tersebut adalah memberikan ruang dan fasilitas yang mendukung pengembangan skill siswa dalam hal literasi. 

"Menjadi ikhtiar bersama untuk menanamkan literasi sejak dini pada MIM Digdaya Bolon, terkhususnya pada siswa. Oleh karena itu, kita selalu mencari momen untuk memberikan ruang dan fasilitas kepada siswa untuk menumbuhkembangkan skill dan kompetensi siswa dalam hal literasi,” ungkapnya.

MIM Digdaya Bolon berkomitmen penuh untuk meningkatkan kemampuan literasi ssiwa sejak dini serta mendukung pembentukan karakter profil pelajar pancasila yang berkualitas melalui gerakan literais sekolah yang akan dilakukan secara holistik. (Achmad Mahbuby)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Sunshine Voice Universitas Muhammadiya....

Suara Muhammadiyah

4 March 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muham....

Suara Muhammadiyah

1 December 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Prof. Dr. Ma'mun Mu....

Suara Muhammadiyah

4 April 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Jenderal TNI Agus Subiyanto,....

Suara Muhammadiyah

25 April 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dalam suasana penuh berkah Ramadhan, Bulog Muhammadiyah (BulogMu) h....

Suara Muhammadiyah

13 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah