MLH PP Muhammadiyah Luncurkan 'Green Ramadhan'

Publish

13 March 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
240
Foto Istimewa

Foto Istimewa

Ambil Bagian dalam Mengatasi Persoalan Lingkungan

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Majelis Lingkungan Hidup (MLH) Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyelenggarakan kajian Green Ramadhan bersama seluruh warga Muhammadiyah Se-Indonesia pada Rabu (13/3) melalui Zoom Meeting. Kegiatan ini sebagai penanda awal bagi MLH PP Muhammadiyah terhadap rangkaian kegiatan lainnya dalam mencari solusi atas permasalahan lingkungan hari ini. Selain itu kegiatan ini juga merupakan ikhitar Muhammadiyah dalam mengajak masyarakat untuk menerapkan Ramadhan yang ramah lingkungan. Sebagai informasi, MLH PP Muhammadiyah mengusung semangat Jihad Lingkungan sebagai slogan dakwah Muhammadiyah dalam mengatasi permasalahan lingkungan di era modern. 

Selama Ramadhan ini Majelis Lingkungan Hidup PP Muhammadiyah akan menyelenggarakan beberapa kajian Green Ramadhan yang akan diikuti oleh pelepasan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Green Ramadhan yang bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Kemudian, MLH nantinya turut melakukan upaya pemberdayaan masyarakat pesisir pantai melalui penanaman Mangrove dalam mengatasi perubahan iklim. 

Kajian Green Ramadhan yang bertemakan “Muhammadiyah dan Jihad Lingkungan Abad ke-2” dibuka oleh Rijal Ramdhani selaku Ketua Panitia Green Ramadhan. Rijal mengutarakan, agenda rutin ini menjadi pijakan awal atas komitmen Muhammadiyah terhadap isu lingkungan. Selain itu, Rijal mengharapkan agar masyarakat dapat bersama-sama menerapkan pola hidup ramah lingkungan selama bulan Ramadhan ini. “Kegiatan ini menjadi agenda rutin kita dalam menatap Ramadhan. Harapannya ini dapat berdampak ke khalayak masyarakat umum sehingga kita dapat menerapkan pola hidup yang ramah lingkungan selama Ramadhan” Ujar Rijal

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan oleh sambutan dari Azrul Tanjung yang merupakan Ketua Majelis Lingkungan Hidup PP Muhammadiyah. Dalam penyampaiannya Azrul menghimbau kepada seluruh warga Muhammadiyah agar turut andil dalam persoalan lingkungan. Menurutnya, Muhammadiyah dapat melakukan dakwah lingkungan melalui dua cara yaitu mendiskusikan pokok-pokok gagasan dan aksi real di lapangan. 

”Muhammadiyah harus ambil bagian dalam menghadapi persoalan hidup, khususnya lingkungan. Maka dari itu program diskusi seperti ini menjadi penting, karena nantinya akan dilanjutkan dengan program-program real seperti turun ke lapangan. Harapannya diskusi ini dapat membawa percepatan pada program dakwah MLH” Urai Azrul

Pada kegiatan ini materi diskusi pertama dibawakan oleh Buya Anwar Abbas selaku Ketua PP Muhammadiyah yang membidangi Majelis Lingkungan Hidup. Di awal penyampaiannya, Buya mengajak peserta untuk mengingat kembali bahwa Allah Swt menciptakan langit dan bumi dalam keadaan seimbang. Ia mengingatkan bahwa adanya ketidak seimbangan karena ulang tangah manusia, menutip potongan ayat pada QS: Ar-Rum: 41. Selain itu, menurut Buya berkembangnya zaman dengan munculnya ideologi seperti ekonomi liberal memiliki kontribusi besar dalam rusaknya lingkungan. 

”Kita harus ingat kembali bahwa Allah Swt menciptakan langit dan bumi dalam keadaan yang seimbang. Maka jika ada ketidak seimbangan itu karena ulah tangan manusia, seperti contohnya ekonomi liberal yang jika dibiarka terus-menerus akan merusak lingkungan,” ungkap Buya Anwar.

Buya dalam penyampaiannya menyoroti beberapa permasalahan lingkungan hari ini seperti polusi lingkungan, perubahan iklim, global warming hingga penggundulan hutan. Ia berpesan kepada seluruh peserta diskusi agar Muhammadiyah menyoroti secara serius beberapa permasalahan yang diuraikan. Majelis Lingkungan Hidup melalui program dakwahnya menurut Buya dapat merencanakan langkah yang lebih strategis dalam menghadapi problem ini. Menurutnya hal ini perlu dilakukan secara serius mengingat dampak dan kaitannya langsung bersinggungan dengan kehidupan masyarakat. Selain itu buya berpesan agar Muhammadiyah turut menggandeng mitra-mitra dalam pelaksanaan dakwahnya. Sehingga dengan demikian, apabila Muhammadiyah galak melakukan jihad lingkungan, maka masyarakat akan mengingat Muhammadiyah jika berbicara mengenai lingkungan. 

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi kedua oleh Agus Djamil selaku wakil ketua MLH PP Muhammadiyah. Dalam pemaparannya Agus menyampaikan bahwa Muhammadiyah memiliki langkah serius dalam menghadapi permasalahan lingkungan dengan dibentuknya Muhammadiyah Climate Center (MCC). Selain itu, Agus turut mengajak segenap warga Muhammadiyah menjadi penggerak Amar Ma’ruf dan Nahi Munkar dalam bidang lingkungan. Ia mengingatkan bahwa dakwah lingkungan merupakan religious obligation bagi umat Muslim hari ini. Menurutnya, ikhtiar itu didasarkan atas kutipan QS: Hud: 116 yang menyampaikan bahwa kelompok yang diselamatkan Allah Swt adalah orang-orang yang menyelamatkan alam. 

”Gerakan mencegah kerusakan lingkungan merupakan religious obligation (Kewajiban beragama) bagi umat Muslim sebagai bagian Amar Ma’ruf – Nahi Munkar. Untuk itu ini menjadi kewajiban pribadi, dan apabila dilakukan secara berkelompok jatuhnya seperti dakwah lingkungan Muhammadiyah” Tutup Agus

Green Ramadhan pada sesi ini kemudian ditutup dengan tanya-jawab peserta diskusi. Harapannya dengan diselenggarakannya acara ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kerusakan lingkungan secara bersama-sama. 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SLEMAN, Suara Muhammadiyah - SMK Muhammadiyah 2 Sleman menjadi saksi dari momentum penting dalam org....

Suara Muhammadiyah

13 November 2023

Berita

TEGAL, Suara Muhammadiyah - Hari ber-Muhammadiyah merupakan hari dimana dilakukan Tabligh ....

Suara Muhammadiyah

4 December 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Berbagai aktivitas yang dilakukan manusia, terutama yang berkaitan ....

Suara Muhammadiyah

20 October 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dalam acara yang berlangsung pada hari Ahad, 24 September 2023, Ahad R....

Suara Muhammadiyah

1 October 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Diabetes melitus sering dikenal sebagai salah satu penyakit atau kela....

Suara Muhammadiyah

27 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah