Monev Posbakum Majelis Hukum dan HAM PWA Jateng di PA Wonogiri

Publish

19 January 2024
pdm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
162
Ketua PA Wonogiri dan Tim Posbakum Majelis Hukum dan HAM PWA Jawa Tengah. Dokpri.

Ketua PA Wonogiri dan Tim Posbakum Majelis Hukum dan HAM PWA Jawa Tengah. Dokpri.

WONOGIRI, Suara Muhammadiyah - Tim Pengadilan Agama Wonogiri mengadakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) terhadap layanan Pos Bantuan Hukum (Posbakum) yang diselenggarakan oleh Majelis Hukum dan HAM Pimpinan Wilayah Aisyiyah Jawa Tengah, Rabu, 17 Januari 2024.

Tujuan Monitoring dan evaluasi dalam rangka memberikan masukan dalam meningkatkan layanan agar lebih baik lagi, sehingga memenuhi standar regulasi.

Tim Monitoring dan evaluasi dipimpin oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Wonogiri Yudi SH, MH., Hakim Pengawas Layanan Hukum Hasanuddin, SH., MH., Panitera Muda Hukum, Staf Layanan Hukum. Sementara tim Posbakum Majelis Hukum dan HAM PWA Jawa Tengah dipimpin Direktur LBH Siti Kasiyati, S. Ag., M. Ag., CM., Muhammad Julijanto, S. Ag., M. Ag. Tim Bidang Litigasi, Tim advokat Yogi Prasetyo, SH., CM.,  Ahmad Anshori, SH, CM., dan Staf Posbakum MHH PWA Jateng.

Monev berlangsung dan sangat dinamis dan saling bertukar wawasan dan pengalaman, sekaligus memberikan masukan untuk peningkatan, seperti Bantuan Hukum yang terkait dengan masalah perceraian, perwalian, warisan, poligami.

Sementara dalam pemaparannya Siti Kasiyati menjelaskan, bahwa sesuai dengan visi, misi dan khitah perjuangan Aisyiyah tidak memberi layanan terkait dengan bantuan hukum kasus poligami, dan masalah waris karena terkait dengan layanan yang diberikan ditujukan kepada Masyarakat yang kurang mampu, sehingga kedua kasus tersebut dengan pengecualian tidak masuk dalam layanan yang diberikan Majelis Hukum dan HAM PWA Jawa Tengah.

Adapun materi yang menjadi monitoring dan evaluasi adalah layanan yang diberikan kepada masyarakat dalam memberikan bantuan hukum cuma-cuma di pengadilan agama Wonogiri. Seperti Durasi waktu Pelayanan 15 menit rata-rata setiap klien, standar yang diberikan adalah kepuasan klien dalam menerima layanan, ketelitian penulisan posita dan petitum harus singkron, dan lain-lain.

Diharapkan setiap staf posbakum ikut brifing setiap Selasa, semua memberikan saran dan motivasi untuk memberikan layanan terbaik. Monev dari kita untuk kita sebagai pertanggungjawaban layanan prima. Posita terus-menerus tidak singkron di petitum sama, Durasi waktu Pelayanan 15 menit rata-rata setiap klien, standar yang diberikan adalah kepuasan klien dalam menerima layanan dan lain-lain. 

Terkait dengan penanganan perkara yang diberikan sehingga akan memberikan pelayanan yang Prima kepada masyarakat yang terbukti dalam pemberian layanan posbakum bantuan hukum Majelis Hukum dan HAM Pimpinan Wilayah Aisyiyah Jawa Tengah di Pengadilan Agama Wonogiri mendapat apresiasi menjadi kategori terbaik dalam gugatan sederhana tingkat Pengadilan Tinggi Agama se Jawa Tengah.

Harapan Wakil Ketua Pengadilan Agama Wonogiri Yudi, SH., MH. dari Monitoring dan evaluasi tersebut memberikan masukan untuk meningkatkan layanan dan kinerja yang baik, sehingga layanan bantuan hukum di Pengadilan Agama Wonogiri bagi masyarakat yang tidak mampu bisa menjangkau semua lapisan masyarakat untuk mendapatkan keadilan dan pendampingan hukum yang prima.

Diharapkan dengan monev tersebut akan meningkatkan kinerja dalam layanan yang lebih baik di masa yang akan datang. (Muhammad Julijanto).


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Sebanyak 451 murid SD Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat So....

Suara Muhammadiyah

17 April 2024

Berita

KEBUMEN, Suara Muhammadiyah - Pendidikan yang holistik tidak hanya mencakup pembelajaran di dalam ke....

Suara Muhammadiyah

3 May 2024

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah –  Pimpinan Wilayah Aisyiyah Sumatera Utara menerima audiensi P....

Suara Muhammadiyah

21 September 2023

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali menyele....

Suara Muhammadiyah

15 January 2024

Berita

CILACAP, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Cilacap mengukuhkan 9 Pimpinan Caba....

Suara Muhammadiyah

29 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah