MPKS PWM DIY dan RS PKU Muhammadiyah Yogya Gelar Gathering Relawan AmbulanceMu

Publish

20 May 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
143
Doc. Istimewa

Doc. Istimewa

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Majelis Pembina Kesejahteraan Sosial PWM DIY bekerja sama dengan FORPAM DIY dan RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta pada Sabtu (19/5) menggelar Gathering Relawan AmbulanceMu se-DIY. Kegiatan tersebut bertempat di Halaman Parkir Lantai 2 Gedung KH Sudjak RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta.

Ada sekitar 200 crew AmbulanMU di seluruh DIY yang mengikuti kegiatan ini. Direktur Utama RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dr Mohammad Komarudin, SpA menyampaikan apresiasi atas terselenggarannya kegiatan yang membawa semangat kebersamaan lintas kemanusiaan semesta. Menurutnya, kegiatan ini merupakan sarana refreshing bagi relawan AmbulanMU.

“Acara ini selain untuk berkumpul dan silaturahmi antara segenap Crew AmbulanMU se DIY juga diadakana refreshing dan pelatihan BHD ( Bantuan Hidup Dasar ) ,karena penanganan awal kasus emergency oleh crew AmbulanMu yang tepat bisa mengurangi penderitaan pasien dan pasien bisa tertolong dengan maksimal,” ujarnya.

Sementara, Direktur Sumber Daya Insani dan Al-Islam Kemuhammadiyahan DR. H. Muhammad Ikhwan Ahada, S.Ag., M.A yang juga Ketua PWM DIY menyebut bahwa penguatan relawan AmbulanMU untuk menjadi relawan yang yang memiliki semangat dan teologi al Ma’un dan profesional.

“Relawan AmbulanMU dalam pengabdiannya hendaknya terus ditingkatkan. Harapannya selain memberikan pertolongan juga bisa memberikan pengetahuan kepada pasien agar tetap menjadi seorang yang memahami bahwa sakit adalah sesuatu yang wajar sesuatu yang dari Allah subhanahu wa ta'ala sehingga seorang driver itu di samping dia bisa memberikan layanan antar paripurna,” tuturnya.

Materi Bantuan Hidup Support dari team UGD PKU Jogja dengan teori kemampuan teknik-teknik dasar BHD seperti CPR (Cardiopulmonary Resuscitation), penanganan luka, dan tindakan pertama pada kecelakaan. Para crew AmbulanMu juga diberi pengetahuan soal Sistem penanggulangan Gawat Darurat Terpadu dan pengenalanan alat serta dilaksanakan dengan praktek oleh perwakilan relawan Ambulanmu 5 daerah dalam menangani pasien emergency. (Arief/Cris)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah – Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah & Pendidikan Non-Formal ....

Suara Muhammadiyah

20 September 2023

Berita

TANGERANG, Suara Muhammadiyah - Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Jakarta (FH U....

Suara Muhammadiyah

12 June 2024

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Hafizha Addina Aisy Syahri, siswa SMP Muhammadiyah Program Khusus Ko....

Suara Muhammadiyah

5 June 2024

Berita

KARANGANYAR, Suara Muhammadiyah - Rabu-Kamis, 13-14 September 2023 Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah ....

Suara Muhammadiyah

17 September 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto atau yang akrab disapa Danny P....

Suara Muhammadiyah

22 December 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah