MPMAT UAD Selenggarakan Seminar Pentingnya Mendaftarkan Hak Kekayaan Intelektual

Publish

5 January 2024
HKI

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
141
MPMAT UAD

MPMAT UAD

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Mahasiswa Magister Pendidikan mengadakan Seminar Kiat Sukses Pengajuan Hak Kekayaan Intelektual. Hal ini dalam rangka Program Pemberdayaan Umat (PRODAMAT). Kegiatan ini dilatarbelakangi pentingnya bagi masyarakat mengetahui dan memahami terkait HKI dan cara pengajuannya yang legal. Agar karya yang dimiliki individu maupun kelompok masyarakat dapat terjamin dalam sebuah hukum yang sah sehingga tidak disalah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Karen kurangnya perlindungan terhadap Kekayaan Intelektual (KI) mengakibatkan banyaknya kekayaan intelektual milik masyarakat dan bangsa Indonesia diambil dan dimanfaatkan bahkan memberikan keuntungan ekonomi bagi negara lain. 

Berdasarkan latar belakang tersebut penyelenggara mengadakan sebuah kegiatan untuk memberikan informasi dalam melindungi karya atau ciptaan melalui pengajuan HKI dan juga cara pengajuan HKI dengan sasaran utama yaitu guru, mahasiswa dan Masyarakat umum. Selain itu, kegiatan ini juga memilki tujuan untuk m engetahui cara pengajuan HKI berupa kekayaan intelektual jenis hak cipta bagi guru, mahasiswa dan masyarakat umum serta dapat mengetahui keuntungan dari pengajuan hak cipta tersebut.

Seminar Kiat Sukses Pengajuan Hak Kekayaan Intelektual dilaksanakan pada Rabu, 05 Oktober 2022  yang dilaksanakan secara blended di Ruang sidang lantai 3 Kampus 2A Jl. Pramuka 42, Pandeyan, Umbulharjo, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Zoom Meeting. Kegiatan ini dibimbing oleh Dr. Andriyani, M.Si., yang beranggotakan Doni Susanto, Fatimah Dwi Cahya, M. Yusuf Setyawan, Siti Khadijah dan Endang Wahyu Widayati sebagai ketua kelompok. Narasumber yang menyampaikan topik dalam kegiatan seminar adalah Dr. Andriyani, M. Si., Fatimah Dwi Cahya, S.Pd., dan Doni Susanto, S.Pd. Dalam kegiatan PRODAMAT ini diikuti oleh 50 peserta yang terdiri dari peserta offline dan online.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Fenomena Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) seringkali terjad....

Suara Muhammadiyah

27 November 2023

Berita

KL, Suara Muhammadiyah - Mudir pesantren KAUMAN Muhammadiyah Padang Panjang, Dr. Derliana dianugerah....

Suara Muhammadiyah

21 September 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Majelis Ulama Indonesia (MUI) dengan tegas menyatakan belasungkawa ata....

Suara Muhammadiyah

13 October 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Jeni Anici Pulungan mahasiswa S1 Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ekono....

Suara Muhammadiyah

13 October 2023

Berita

PALEMBANG, Suara Muhammadiyah - Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) Sumat....

Suara Muhammadiyah

19 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah