Mubaligh dan Bakti Sosial di Kecamatan Tangen

Publish

2 September 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

1
265
Mubaligh Hijrah

Mubaligh Hijrah

SRAGEN, Suara Muhammadiyah - Pondok Pesantren Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen mengadakan kegiatan "Mubaligh Hijrah" pada Sabtu-Minggu, 31 Agustus hingga 1 September 2024. Kegiatan yang berlangsung di Masjid Al Firdaus, Dusun Glagah, RT.31, Desa Dukuh, Kecamatan Tangen ini dipimpin langsung oleh Ustadz Mufti Aziz Al Hafidz, yang juga merupakan penanggung jawab program kelas khusus di Ponpes Dimsa dan Imam Besar Masjid Raya Al-Falah, Sragen. 

Acara ini diikuti oleh santriwan dan santriwati kelas khusus Ponpes Dimsa dengan serangkaian kegiatan keagamaan yang penuh makna. Para santri diberi kesempatan untuk menjadi imam sholat, memberikan kultum setelah sholat, serta melaksanakan Tasmi' Al-Qur'an. Kegiatan ini juga mencakup tahajjud berjamaah dan subuh ceria, yang semakin memperdalam spiritualitas para santri. 

Setelah rangkaian kegiatan keagamaan selesai, acara dilanjutkan dengan Bakti Sosial berupa penyaluran bantuan dua truk tangki air bersih kepada masyarakat yang terdampak kekeringan di Kecamatan Tangen. Bantuan disalurkan ke dua lokasi, yaitu Dusun Galeh RT.02, Desa Galeh, dan Dusun Ngablak RT 10, Desa Ngrombo. 

Program Mubaligh Hijrah ini bertujuan untuk mengimplementasikan ilmu yang telah diperoleh para santri di pesantren dengan terjun langsung ke masyarakat. Selain itu, kegiatan Bakti Sosial ini juga bertujuan untuk melatih kepekaan sosial para santri dengan memberikan manfaat langsung kepada mereka yang membutuhkan. 

"Kegiatan ini sudah rutin dilakukan setiap bulannya oleh santri kelas khusus Ponpes Dimsa guna melatih mental serta kepekaan santri terhadap lingkungan agar senantiasa mengaplikasikan ilmunya selama di pondok," Mufti menambahkan. 

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para santri dapat memperkuat hubungan antara pesantren dan masyarakat, sekaligus mengamalkan nilai-nilai keagamaan dan kepedulian sosial yang telah mereka pelajari di Pesantren. (diko)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PADANG, Suara Muhammadiyah - Majelis Tarjih dan Tajdid menggandeng MDMC PWM Sumbar menggelar pengaji....

Suara Muhammadiyah

22 January 2024

Berita

 YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - International Program for Communication Studies (IP-COS)....

Suara Muhammadiyah

21 May 2024

Berita

BANDAR LAMPUNG, Suara Muhammadiyah - Pengukuhan 3 Cabang Muhammadiyah, yaitu Pimpinan Cabang Muhamma....

Suara Muhammadiyah

4 November 2023

Berita

Indonesia merupakan negara dengan curah hujan yang tinggi. Inilah kenapa Anda membutuhkan gadget yan....

Suara Muhammadiyah

27 March 2024

Berita

CIREBON, Suara Muhammadiyah - Usung Gerakan Kolaborasi Responsif, Ikatan Mahasiswa Kabupaten Cirebon....

Suara Muhammadiyah

26 October 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah