Muhammadiyah dan Aisyiyah Pelopor dalam Pelestarian Lingkungan

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
121
Jambore ke-2 Media Afiliasi Muhammadiyah

Jambore ke-2 Media Afiliasi Muhammadiyah

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah – Muhammadiyah dan Aisyiyah, dua organisasi penting di Indonesia, telah menunjukkan komitmen yang luar biasa dalam pelestarian lingkungan sejak berdirinya. Hening Purwati, Wakil Ketua Majelis Lingkungan Hidup PP Muhammadiyah, mengungkapkan bahwa Muhammadiyah dan Aisyiyah telah aktif dalam berbagai inisiatif untuk melindungi dan memperbaiki kondisi lingkungan sebelum pemerintah melakukan.

Menurutnya, dalam Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah, Muhammadiyah tidak hanya menekankan pentingnya pelestarian lingkungan, tetapi juga melibatkan diri secara langsung dalam berbagai proyek lingkungan. Hal ini mencakup pembentukan ekosistem lingkungan, penguatan pangan, dan pengelolaan sampah. Di sisi lain, Aisyiyah memandang bencana dan masalah lingkungan sebagai satu aspek integral yang memerlukan perhatian serius.

Perubahan iklim global, seperti kenaikan suhu bumi, telah menimbulkan berbagai dampak signifikan. Untuk mengatasi tantangan ini, Muhammadiyah dan Aisyiyah terus mendorong kebijakan yang mendukung ekosistem lingkungan dan iklim. Selain itu, mereka berkomitmen untuk memanfaatkan teknologi yang dapat mengurangi risiko pemanasan global, dengan harapan dapat menciptakan solusi yang efektif dan berkelanjutan.

Di tengah kondisi politik yang dinamis, Hening menegaskan bahwa sikap acuh tak acuh bukanlah pilihan. “Kedepannya, jurnalisme Muhammadiyah diharapkan terus berkomitmen untuk mengangkat isu-isu keumatan dan lingkungan secara konsisten, sehingga dapat mendorong perubahan positif dalam masyarakat,” ujarnya dalam agenda Jambore Afiliasi Muhammadiyah 2024 (25/8). (diko)

 

 
 

 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANDA ACEH, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) Aceh mengadakan kegiatan Mil....

Suara Muhammadiyah

27 November 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Universitas `Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta berhasil meraih peng....

Suara Muhammadiyah

25 June 2024

Berita

PAHANG, Suara Muhammadiyah - Empat mahasiswa dari Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Aceh (Unm....

Suara Muhammadiyah

13 May 2024

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fak....

Suara Muhammadiyah

27 June 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dunia mengalami berbagai tantangan dengan perubahan teknologi yan....

Suara Muhammadiyah

2 May 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah