Muhammadiyah Depok Himpun Donasi Palestina Melalui Pentas Seni

Publish

26 November 2023
pdm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
236
Foto Istimewa

Foto Istimewa

DEPOK, Suara Muhammadiyah - Lembaga Seni Budaya Pimpinan Daerah Muhammadiyah (LSB PDM) Kota Depok menyelenggarakan kegiatan Pentas Puisi dan Lagu serta Malam Penggalangan Dana Solidaritas untuk Palestina di Parungbingung, Sabtu (25/10).

Kegiatan ini diramaikan oleh tokoh nasional Muhammadiyah dan juga tokoh setempat, antara lain Wakil Ketua LSB PP Muhammadiyah Kyai Cepu, Sekda kota Depok Supian Suri, Ketua PDM Kota Depok Ali Wartadinata, dan tokoh masyarakat Kota Depok lainnya. 

Ketua PDM Kota Depok H Ali Wartadinata mengungkapkan pentingnya acara ini selain untuk mengekspresikan seni juga untuk membuktikan bahwa Muhammadiyah konsisten mendukung kemerdekaan Palestina. "Muhammadiyah Kota Depok sejak awal Oktober sudah melaksanakan sejumlah kegiatan berkaitan dengan kepedulian kita bagi rakyat Palestina, yang pertama menyelenggarakan shalat ghaib dan doa di seluruh sekolah-sekolah serta masjid serta mushala Muhammadiyah di Kota Depok. Kemudian, kami dan Lazismu Kota Depok telah melakukan penggalangan dana," ujarnya.

Ali menjelaskan, kegiatan ini menjadi penting karena dengan seni dan puisi dapat menghidupkan rasa agar kita peduli dengan saudara-saudara di Palestina.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua LSB PDM Kota Depok, Dzikri Dwi Darmawan, menyampaikan bahwa seni dapat menjadi media untuk menyampaikan pesan yang merupakan hal penting bagi setiap pegiat kebaikan. "Kata orang seni itu melembutkan, kata orang seni itu menghidupkan rasa, empati dan simpati lahir dari lembutnya rasa. Seni menjadi sarana berkomunikasi penyampaian pesan, hal penting bagi setiap pegiat kebaikan. Seni tak kenal warna, dengan seni semua warna bisa berhimpun," ungkapnya.

Lelang dan Penggalangan Dana

Kegiatan ini berhasil mengumpulkan Rp27.662.000 dari acara lelang dan penggalangan dana. 
Lelang dilakukan dengan menjual lukisan yang dibuat oleh siswa SMA Muhammadiyah 4 Depok. Dua lukisan berhasil terjual dengan harga total Rp4 juta. Masing-masing lukisan dibeli seharga Rp2 juta. Lukisan tersebut dibeli oleh Sekda Kota Depok Supian Suri dan Anggota DPRD Kota Depok Khoirullah.

Di sisi lain, melalui penggalangan dana, Romi Bareno memberikan donasi sebesar Rp20 juta. Menurut dia, isu Palestina merupakan isu kemanusiaan. Romy percaya Lazismu Kota Depok sebagai lembaga yang amanah sehingga dapat menyalurkan dana tersebut dengan tepat. 
Sejalan dengan Romy, lurah Rangkapan Jaya Baru, Tajudin, juga menyumbang sebesar Rp1 juta Di luar dari sumbangan tersebut, dana juga dihimpun dari para penonton yang hadir dalam kegiatan ini.

Kegiatan ini merupakan kerja sama LSB PDM kota Depok dengan Perguruan Muhammadiyah Parungbingung dan Lazismu kota Depok. Selain itu, kegiatan ini juga didukung oleh PCM Depok Barat, Ranting Parungbingung, IPM, dan Lazismu UMJ.

Dalam kegiatan amal ini, sebanyak 22 pembaca puisi dari berbagai kalangan berhasil menyentuh para penonton yang hadir di Lapangan Futsal Al Husain Perguruan Muhammadiyah Parungbingung. Selain pembacaan puisi, kegiatan ini menghadirkan tim nasyid dari SMA Muhammadiyah 4 Depok dan tim musik Tape Genyeh. Kegiatan ini diakhiri dengan pentas Teater Saung Bang Beno binaan LSB PDM Kota Depok.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

KULONPROGO, Suara Muhammadiyah—Edukasi pasar modal terhadap masyarakat menjadi aspek krusial d....

Suara Muhammadiyah

3 January 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Pada 25 Februari 2024, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah....

Suara Muhammadiyah

26 February 2024

Berita

MANADO, Suara Muhammadiyah – Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr KH Haedar Nashir, ....

Suara Muhammadiyah

12 December 2023

Berita

PALEMBANG, Suara Muhammadiyah - Palembang - STIKES ‘Aisyiyah Palembang gelar pertemuan be....

Suara Muhammadiyah

8 September 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar bakal kembali mengg....

Suara Muhammadiyah

6 September 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah