Ma`had Al Imam Malik Sukses Gelar Workshop Maharatul Kalam

Publish

18 December 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
190
Foto Istimewa

Foto Istimewa

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Ma`had Al Imam Malik Lembaga Pendidikan Bahasa Arab dan Studi Islam telah sukses menyelenggarakan Workshop Bahasa Arab dengan tema Maharatul Kalam Kunci Fasih Berbahasa Arab pada Jum`at-Sabtu, 8-9 Desember 2023 bertempat di Aula AK Anshari Gedung Rektorat Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Acara tersebut dibuka oleh Wakil Rektor Bidang III Kemahasiswaan, Alumni dan Al-Islam Kemuhammadiyahan yang diwakili oleh Ketua Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam UMP Dr. Daud Asep Kosasih.

“Kami mewakili WR III yang saat ini berhalangan hadir, mengapresiasi workshop bahasa Arab ini, karena dengan kemahiran kalam akan terbuka pengetahuan dan wawasan, orang yang wawasannya luas akan luwes dalam bersikap, dan kami ucapkan selamat datang untuk para peserta di UMP kampus dengan akreditasi Unggul”, Ungkap Asep dalam sambutannya.

Workshop Bahasa Arab tersebut diikuti oleh 50 peserta perwakilan Pondok Pesantren se-Kabupaten Banyumas, dengan acuan modul 1 Maharatul Kalam yang diterbitkan oleh Ma`had Al Imam Malik UMP.

“Tujuan Utama dari workshop ini adalah untuk membiasakan kita sebagai Ustadz dan Ustadzah Pesantren terbiasa berbicara bahasa Arab sebagaimana orang Arab berbicara, dalam modul 1 ini didesign 7 percakapan harian dengan target menguasai 200 kosakata baru”, ungkap Direktur Ma`had Muhammad Asdi Nurkholis, S.Pd,I., B.Ed., M.Pd. 

Kegiatan ini berfokus pada penguasaan keterampilan berbicara untuk pemula. Adapun metode yang digunakan adalah metode percakapan. Trainer Utama menyampaikan materi Al-Kalam dan diikuti seluruh para peserta. Kemudian peserta dibagi ke dalam grup untuk memperdalam 7 judul tersebut.

“Workshop ini akan dibimbing langsung oleh para co. Trainer; Khadik Setiadi, Lc., MA., Bruri Abdussalam, Lc., MA., Ahmad Wahyudi, Lc., Laela Nur Hidayati, Lc., Anis Safrida, Lc., dan Afifah Ni`matud Diyanah, Lc.  Agar para peserta benar-benar dapat memaksimalkan dalam maharatul kalam”. Tutup Asdi dalam sambutannya. (asd)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

LAMPUNG, Suara Muhammadiyah - Bertempat di gedung dakwah Muhammadiyah Provinsi Lampung, Sabtu (4/11)....

Suara Muhammadiyah

5 November 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menggelar....

Suara Muhammadiyah

19 January 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri menyampaikan ucapan selamat ke....

Suara Muhammadiyah

5 February 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pada bulan Oktober-November 2023, 11 Pimpinan Ranting ‘ Aisyi....

Suara Muhammadiyah

25 January 2024

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumatera Utara dan UMSU menggelar si....

Suara Muhammadiyah

5 May 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah