Muhammadiyah Gencarkan Gerakan "Jogja Bersih Sampah"

Publish

19 September 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
265
Muhammadiyah Gencarkan Gerakan Jogja Bersih Sampah

Muhammadiyah Gencarkan Gerakan Jogja Bersih Sampah

Yogyakarta, Suara Muhammadiyah - Muhammadiyah terus berupaya mengatasi masalah darurat sampah yang mengancam kota Yogyakarta dengan gencarkan gerakan "Jogja Bersih Sampah". Muhammadiyah tak henti-hentinya menghimbau warga persyarikatan Melalui Pimpinan Cabang, Pimpinan Aisyiyah, Ortom (pemuda/pelajar, IMM, AMM), dan AUM (sekolah, kampus, panti), mengajak warga persyarikatan untuk mengelola dan memilah sampah guna membebaskan Jogja dari beban sampah yang meresahkan.

Majelis Lingkungan Hidup Pimpinan Daerah Muhammadiyah turut berperan dengan mengadakan pelatihan pembuatan Losida, Ember Tumpuk, dan Biopori Jumbo. Kegiatan ini dilaksanakan pada Minggu, 17 September 2023, di Kebun Dakwah Muhammadiyah Nitikan Umbulharjo Yogyakarta, dihadiri oleh perwakilan Pimpinan Cabang dan Aisyiah serta Pimpinan Ranting Muhammadiyah se-Kota Yogyakarta.

Dalam pelatihan tersebut, Heri Setiawan MSi dan H Maryoto dari MLH PDM Jogja bertindak sebagai pemateri. HM Wirmon Samawi SE MIB, Direktur Harian Kedaulatan Rakyat, dan pembina Kebun Dakwah H Sigit Haryo Yudanto SPsi turut hadir dalam acara tersebut.

Sekretaris MLH PDM, Harris Syarif Usman SH MKn, menyatakan, "Kegiatan ini merupakan yang kedua, setelah yang pertama diikuti oleh PDM Bandung Barat seminggu sebelumnya."

Muhammadiyah berkomitmen untuk membuat pakta integritas, mengajak setiap warga persyarikatan untuk peduli dan mengelola sampah sejak dari rumah tangga masing-masing, dengan tujuan mengakhiri penumpukan sampah di jalan-jalan utama kota Yogyakarta.

Selama pelatihan, Losida, ember tumpuk, dan biopori jumbo juga dibagikan kepada setiap cabang dan ranting, sebagai langkah konkret untuk mendukung gerakan "Jogja Bersih Sampah". Dengan semangat kolaborasi dan komitmen, Muhammadiyah berharap dapat membawa perubahan positif dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan di kota Jogja. (frm)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Kali keempat salah satu pondok pesantren di Kota Pekalongan menghad....

Suara Muhammadiyah

1 January 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah – Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr H Abdul Mu&r....

Suara Muhammadiyah

4 April 2024

Berita

SEMARANG, Suara Muhammadiyah - Di tengah kompleksitas problematika tata kelola organisasi atau perus....

Suara Muhammadiyah

14 October 2023

Berita

MALAYSIA, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP) melaksanakan pe....

Suara Muhammadiyah

26 December 2023

Berita

Raih 1 Gold Medal, 2 Silver Medal dan 1 Bronze Medal  DENPASAR, Suara Muhammadiyah – Tim....

Suara Muhammadiyah

3 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah