Muhammadiyah Jatim Gelar Al Maun Award 2024

Publish

10 August 2024
pwm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
156
Foto Istimewa

Foto Istimewa

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Majelis Pembinaan Kesejahteraan Sosial (MPKS) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jatim menggelar Al Maun Award 2024. Kegiatan ini dilaksanakan di Kampus Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG), Sabtu (10/8/2024).

Hadir, Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah dr. Agus Tufiqurrohman, M.Kes, Sp.S, Wakil Ketua PWM Jatim M. Khoirul Abduh, MSi serta Dr Muhammad Sholihin Fanani, M.PSDM, Bendahara PWM Jatim Zainul Muslimin, dan Ketua MPKS Hudi Nurwulan. 

Al-Maun Award mengangkat tema “Meningkatkan Kemandirian, Menggali Prestasi, untuk Mewujudkan Panti Asuhan Berkemajuan” ini diikuti 1.000 peserta yang terdiri dari 750 anak yatim dan 250 orang pengasuh dan pendamping panti asuhan.

Agus Tufiqurrohman menyatakan sangat mengapresiasi kegiatan Al Maun Award 2024. Menurut dia, ciri kha warga Muhammadiyah itu berjiwa Al Maun. Itu sebagaimana praktik pengamalan Islam Kyai Ahmad Dahlan.

"Berjiwa Al Maun itu peduli dan memberdyakan kaum lemah dan tertindas atau dhu'afa-mustadh'afin," katanya,

Agus juga memberikan masukan terkait pelayanan sosial di Muhammadiyah. Pertama, mengembangkan model-model pelayanan sosial baru yang langsung menyentuh  kehidupan masyarakat.

Kedua, rebranding pelayanan sosial sesuai perkembangan zaman. Ketiga, meningkatkan kualitas SDM pelaksana program  kesejahteraan sosial. Keempat, mengembangkan tata kelola pelayanan sosial Muhammadiyah

"Yang kelima, mensinergikan  potensi jaringan internal dan eksternal Muhammadiyah," papar Agus.

Sementara itu, M. Khoirul Abduh menegaskan, kegiatan Al-Maun Award 2024 merupakan momentum untuk mengeksplorasi potensi- panti asuhan.

"Di Jatim, sedikitnya ada 144 panti asuhan di bawah naungan Muhammadiyah," katanya.  

Selain silaturahmai antar panti asuhan, pihaknya juga bisa melihat ada panti asuhan unggulan, seperti  kepesanternanan, kemandirian, dan sebagainya.

"Keberhasilan panti-panti yang memiliki keunggulan tersebut bisa ditalarkan kepada panti-panti yang lain. Ini yang kita harapkan," tegas Abduh.  
 
Dia lalu menuturkan teologi Al Maun yang diajarkan KH Ahmad Dahlan, pendiri Muhammadiyah. Yang menekankan pentingnya amal sosial, kepedulian terhadap kaum miskin, dan tindakan nyata dalam membantu sesama.

"Teologi Al Maun itu bukan simbol-simbol, tapi diwujudkan secara nyata. Surat Al-Ma'un mengkritik mereka yang melupakan anak yatim dan tidak memberi makan orang miskin, yang bagi KH Ahmad Dahlan berarti bahwa iman harus diwujudkan dalam tindakan sosial yang konkret," tegas Abduh.

Dalam kegiatan Al Maun acara ini, ada 13 kategori yang dilombakan, yaitu Adzan, Da'i, Kisah Islami, Tartil, Tahfidz, Nominasi terbaik pelatihan membuat video, Stand Bazar Terbaik, Nominasi LKSA Berprestasi, Nominasi Anak Berprestasi, Nominasi Anak berjiwa Pemimpin, Nominasi Pengurus Paling Inovatif, Nominasi pengasuh terbaik, Nominasi LKSA Pelayanan Sosial Terbaik.

Al Maun Award dimeriahkan dengan lomba, expo, pelatihan, dan seminar. Beberapa lomba yang digelar untuk anak yatim, antara lain Lomba Adzan, Dai Cilik/Remaja, Tahfidz Qur’an, Tartil Qur’an, dan Berkisah Islami. 

Di lokasi acara, Lazismu membagikan 1.000 porsi bakso dan 1.000 porsi sate gule sumbangan Bendahara PWM Jatim drh. Zainul Muslimin. (*)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Sebagai gerakan Islam yang memiliki misi dakwah dan tajdid, Perguru....

Suara Muhammadiyah

9 October 2023

Berita

PADANG, Suara Muhammadiyah - RSU Aisyiyah Padang menjalani survey Akreditasi oleh Lembaga Akreditasi....

Suara Muhammadiyah

28 October 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) melaksanakan Pelanti....

Suara Muhammadiyah

13 November 2023

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Inovasi tidak selalu berkaitan dengan penciptaan sesuatu yang baru. Tap....

Suara Muhammadiyah

8 November 2023

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Tim Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) Universitas Muham....

Suara Muhammadiyah

29 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah