Muhammadiyah Memperkuat Diplomasi Lintas Agama dan Budaya

Publish

10 July 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
136
Foto Istimewa

Foto Istimewa

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Anggota Badan Pembina Harian Universitas Muhammadiyah Jakarta (BPH UMJ) Prof. Dr. Din Syamsuddin, M.A., mendorong penguatan hubungan antar negara untuk mengatasi konflik global yang mengarah kepada krisis kemanusiaan yang semakin melebar. Penguatan itu dilakukan melalui diplomasi lintas agama dan budaya.

Pernyataan ini ia sampaikan saat menjadi narasumber dalam pelatihan diplomasi yang diselenggarakan oleh Lembaga Hubungan dan Kerja Sama Internasional (LHKI) PP Muhammadiyah di Training Center, UMJ, Selasa (9/7/2024).

Menurutnya, Diplomasi lintas agama dan budaya belum menyasar kepada penguatan hubungan antar negara. Namun, penguatan tersebut justru hanya terjadi antara pemeluk agama antar negara.

“Saya tidak melihat prakarsa, misal dari kalangan agamawan bahwa kita berkelompok untuk memperkuat hubungan antar bangsa, kecuali mengenalkan budaya dan mendekatkan hubungan personal saja,” ungkap Din Syamsuddin.

Hal itu, ia lihat dalam konteks diplomasi agama dan budaya dalam pendekatan interfaith dialogue yaitu mengacu pada interaksi yang kooperatif, dan positif antara orang orang yang berbeda tradisi melalui pendekatan personal, komunitas, agama, dan kebudayaan.

Pendekatan itu dilakukan dengan mengadakan mengundang berbagai tokoh lintas agama dan budaya dalam satu forum untuk membahas isu perdamaian dan diplomasi.

Ia menyampaikan bahwa strategi ini kerap digunakan oleh berbagai negara, terlebih lagi organisasi masyarakat karena mengendepankan soft diplomasi dengan pendekatan yang lebih personal. Pendekatan ini lebih dipilih karena mengutamakan diplomasi menggunakan hubungan relasi agama dan budaya.  

Ia mengungkapkan, umat Islam di Indonesia punya potensi besar dalam diplomasi perdamaian dan kemanusiaan internasional, mendampingi peran strategis pemerintah melalui pendekatan tersebut.

Potensi yang dimaksud berupa jaringan pertemanan global, menyebarkan nilai-nilai Islam moderat, serta konsep relasi agama-negara yang dapat menjadi kunci penting dalam komunikasi diplomasi kemanusiaan global.

Kendati memang pada konteks ini Muhammadiyah sudah banyak berperan aktif dalam diplomasi kemanusiaan melalui strategi diplomasi lintas agama dan budaya menggunakan jaringan pertemanan global.

Salah satu contohnya, World Peace Forum maupun dialog kemanusiaan di level internasional dengan menjadi utusan penting dalam membantu perdamaian di Thailand Selatan dan Filipina Selatan.

Melalui forum pelatihan diplomasi, Dewan Pakar LHKI PP Muhammadiyah ini mengajak para kader Muhammadiyah terus berperan aktif dalam memperkuat hubungan antar negara melalui diplomasi lintas budaya dan agama.

Kerja-kerja diplomasi di level global penting untuk mendorong peradaban yang lebih manusiawi. “Saya mengapresiasi forum pelatihan ini karena untuk mewujudkan tatanan tersebut. Muhammadiyah memerlukan dukungan dari para kader yang memiliki pengetahuan diplomasi,” ucapnya.

Pelatihan Diplomasi ini berlangsung dua hari, Senin hingga Selasa di Training Center UMJ (7-8/07/2024). Pelatihan ini menghadirkan pemateri dari berbagai latar belakang di antaranya mantan duta besar, akademisi, serta praktisi.

Peserta yang berjumlah 60 orang ini antusias mengikuti rangkaian pelatihan. Mereka adalah kader Muhammadiyah yang berasal dari berbagai latar belakang yaitu akademisi dan praktisi.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SAMARINDA, Suara Muhammadiyah - Keluarga besar Mahasiswa Program Studi Magister Manajemen (MM) ....

Suara Muhammadiyah

25 March 2024

Berita

SURABAYA, Suara Muhammadiyah - Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir meresmikan ....

Suara Muhammadiyah

9 March 2024

Berita

BANYUMAS, Suara Muhammadiyah - Pasangan suami isteri, Subhan Purno Aji dan Dyah Pipit Ariyani sah di....

Suara Muhammadiyah

29 November 2023

Berita

Perkuat Ikhtiar Menjaga Amanah Kepemimpinan Periode Muktamar ke-48 2022-2027 PURWOREJO, Suara Muham....

Suara Muhammadiyah

25 December 2023

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah – Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muhammadiyah Surakarta (U....

Suara Muhammadiyah

4 December 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah