Muhammadiyah Pangkep Gelar Musypimda dan Sosialisasi KHGT

Publish

4 February 2024
pdm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
130
Istimewa

Istimewa

PANGKEP, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Pangkep mengadakan Musyawarah Pimpinan Daerah (Musypimda) yang diisi dengan dua agenda penting, yaitu pelantikan Kepala Panti Asuhan Muhammadiyah Mattoanging dan sosialisasi Kalender Hijriah Global Tunggal (KHGT). Kegiatan ini berlangsung di Aula Panti Asuhan Muhammadiyah Mattoangin Pangkep pada Sabtu, 3 Februari 2024.

Salah satu anggota PDM Pangkep, Alm. Drs. Silmi Djafar, M.Si., yang meninggal dunia beberapa waktu lalu, digantikan oleh Bapak Muh. Yamin, S.K.M., M.Kes. Beliau sebelumnya menjabat sebagai Ketua Majelis Pembinaan Kesehatan Umum PDM Pangkep. Selain itu, Bapak Drs. H. Abd. Hasir dilantik sebagai Kepala Panti Asuhan Muhammadiyah Mattoanging menggantikan Alm. Bapak Silmi Djafar.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PDM Pangkep, Husain Mustafa, menyampaikan materi tentang KHGT. Beliau menjelaskan bahwa KHGT adalah kalender Hijriah yang berlaku secara global dan internasional, yang mengikuti prinsip bahwa dalam satu hari hanya ada satu tanggal di seluruh dunia. KHGT berdasarkan Keputusan Muktamar Turki tahun 2016.

"KHGT merupakan kemajuan peradaban bagi umat Islam, karena selama hampir 1,5 abad umat Islam tidak memiliki kalender yang dapat menyatukan seluruh dunia. Akibatnya, dalam pelaksanaan ibadah puasa dan lebaran, sering terjadi perbedaan antara negara satu dengan negara lain, bahkan di Indonesia sendiri terkadang terjadi perbedaan 3-4 hari," ujar Husain Mustafa.

Beliau berharap sosialisasi KHGT dapat meningkatkan wawasan dan pemahaman warga Muhammadiyah Pangkep tentang kalender Hijriah global. Beliau juga menginformasikan bahwa Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah akan menggunakan KHGT secara resmi melalui Musyawarah Nasional Tarjih yang akan diselenggarakan pada 23-25 Februari 2024.

Kegiatan Musypimda PDM Pangkep ini dihadiri oleh anggota Pimpinan Daerah, perwakilan Cabang Muhammadiyah se-Kabupaten Pangkep, pimpinan organisasi otonom (Ortom), dan Pimpinan Amal Usaha Muhammadiyah. (Fikar/Riz) 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - "Telah kita ketahui bersama bahwa pada bulan Ramadhan itu bulan mul....

Suara Muhammadiyah

24 March 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pada Selasa, 7 November 2023, Pimpinan Ranting Muhammadiyah da....

Suara Muhammadiyah

8 November 2023

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Prestasi membanggakan kembali ditorehkan mahasiswa program studi....

Suara Muhammadiyah

6 November 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Setelah sukses menyeenggarakan Baitul Arqam (BA) pertama di Melbour....

Suara Muhammadiyah

29 December 2023

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali menambah guru besar dala....

Suara Muhammadiyah

2 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah