Muhasabah Penjabaran Refleksi Diri dalam Ritme Aktivitas Keseharian

Publish

29 January 2024
pdm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
331
Foto Istimewa

Foto Istimewa

JEPARA, Suara Muhammadiyah - Pengajian Ahad pagi Masjid At Taqwa Jepara yang beralamatkan di Jalam AR Hakim No.56 Kauman Jepara dilaksanakan pada pertengahan bulan, yaitu 16 Rajab 1445 H bertepatan 28 Januari 2024 M, sebagai narasumber : adalah Ustadz Drs H.Danusiri,M,Ag, beliau merupakan salah satu Pimpinan di Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah. Sejenak mengajak para jamaah, bermuhasabah, yang merupakan penjabaran refleksi diri dalam ritme aktifitas keseharian agar selalu berpedoman pada Al Qur’an dan Hadist.

Sebagai pengkaderan, petugas adalah dari murid SD Muhammadiyah Jepara, yaitu oembawa acara Muhammad Yusuf Wibowo, dan yang melafadzkan Kalam Illahi adalah Ahmad Arsyad.

Diawali pembahasan "Dari Abu Hurairah berkata: bahwa Rasulullah SAW besabda: “Sesungguhnya Allah itu baik dan tidak menerima kecuali yang baik. Sesungguhnya Allah Ta’ala memerintahkan kepada kaum mukminin seperti yang Dia perintahkan kepada para rasul. Maka, Allah berfirman, ’Wahai para rasul! Makanlah dari (makanan) yang baik-baik, dan kerjakanlah kebajikan’ –Qs al-Mu’minûn/23 ayat 51.

Mempedomani pula ayat,”Wahai orang-orang yang beriman, makanlah dari rizki yang baik yang Kami berikan kepada kamu’ –Qs al-Baqarah/2 ayat 172- kemudian Rasulullah menyebutkan orang yang lama bepergian; rambutnya kusut, berdebu, dan menengadahkan kedua tangannya ke langit, ‘Wahai Rabb-ku, wahai Rabb-ku,’ sedangkan makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram, dan diberi kecukupan dengan yang haram, bagaimana doanya akan dikabulkan?Terangnya.

Menurutnya,”Ada 3 hal amal yang dilaksanakan tidak dari yang diridhoi atau dari yang haram,, yaitu tidak diterima Allah, tidak diterima Rasul dan tidak diterima oleh semua pihak selama sesuai syariat ,”jelasnya

Perlu dipedomani pula . 11 (sebelas) Ibadah maghdhoh harus dilakukan dengan cara terbaik yaitu Thoharah ,syahadat, sholat, zakat , puasa, haji, Aqiqoh. mengurus jenazah, qurban. dzikir dan doa,”Tegasnya.

Sedangkan ada dua macam Imam yaitu inmam sholat dan imam agung , dengan penjelasan bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Yang mengimami suatu kaum, hendaklah yang paling baik bacaan kitab Allah (Al-Quran) nya. Jika di antara mereka itu sama, maka hendaklah yang paling tahu tentang sunnah, dan apabila di antara mereka sama pengetahuannya dalam Sunnah, hendaklah yang paling dahulu berhijrah, dan apabila di antara mereka sama dalam berhijrah, hendaklah yang paling dahulu memeluk Islam. Dalam riwayat lain disebutkan “Yang paling tua usianya. Janganlah seorang maju menjadi imam shalat di tempat kekuasaan orang lain, dan janganlah duduk di rumah orang lain di kursi khusus milik orang tersebut, kecuali diizinkan olehnya”. (HR.Muslim No: 673)

Imam juga harus memenuhi syarat amanah, fathonah, sidik dan tabligh baik imam sholat maupun imam umat (negara)

Kriteria imam yang dipilih Allah dalam Al Baqarah (2) : 247 Ilmu yang luas dan fisik yang kuat, Kehendak Allah (ditunjuk Allah), Mentaati yang diputuskan Allah karena Allah Maha luas ilmuNya 

"Dan Nabi mereka berkata kepada mereka, "Sesungguhnya Allah telah mengangkat Talut menjadi rajamu." Mereka menjawab, "Bagaimana Talut memperoleh kerajaan atas kami, sedangkan kami lebih berhak atas kerajaan itu darinya dan dia tidak diberi kekayaan yang banyak?" (Nabi) menjawab, "Allah telah memilihnya (menjadi raja) kamu dan memberikan kelebihan ilmu dan fisik." Allah memberikan kerajaan-Nya kepada siapa yang Dia kehendaki dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui."

“Tidaklah diterima shalat tanpa bersuci, tidak pula sedekah dari ghulul (harta haram)” (HR. Muslim no. 224)

Hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah, Rasulallah SAW telah bersabda Wahai sekalian manusia, sesungguhnya Allah itu thoyyib (baik). Allah tidak akan menerima sesuatu melainkan dari yang thoyyib (baik). (HR. Muslim). (Dafia)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Mahasiswa prodi Administrasi Publik UM Bandung menggelar Ku....

Suara Muhammadiyah

22 January 2024

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah  - Universitas Muhammadiyah Purwokerto  (UMP) berhasil memp....

Suara Muhammadiyah

22 December 2023

Berita

SLEMAN, Suara Muhammadiyah - SD MBS Prambanan menggelar Ajang kreasi dan prestasi anak ke 9 (AKIRA #....

Suara Muhammadiyah

24 December 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Guna meningkatkan kemampuan dalam berdakwah, SMA Muhammadiyah 3 Yog....

Suara Muhammadiyah

6 March 2024

Berita

PRINGSEWU, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Fakultas Ekonomi d....

Suara Muhammadiyah

1 May 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah