PAI UMS Raih Penghargaan The Best Management PPPAI Awards

Publish

31 May 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
118
Foto Istimewa

Foto Istimewa

BENGKULU, Suara Muhammadiyah - Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) memperoleh penghargaan sebagai, “The Best Management in the Islamic Religious Education Studies Program”, pada ajang PPPAI Awards 2024. Penghargaan ini merupakan salah satu penghargaan dari berbagai kategori, adapun UMS mendapatkan penghargaan dalam kategori pengelolaan dan manjemen Prodi PAI.

Selain itu, penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi atas pengelolaan dan manajemen yang baik dari Prodi PAI UMS pada berbagai jenjangnya, yakni jenjang S1, S2, maupun S3. 

Penghargaan diberikan bersamaan dengan acara pertemuan tahunan atau Musyawarah Nasional Perkumpulan Prodi Pendidikan Agama Islam (PPPAI) tahun 2024 sekaligus International Conference dengan tema, “Harmonizing Tradition and Modernity: Advancing Islamic Religious Education in Contemporary Context”, yang berlangsung di Kota Bengkulu pada 22-24 Mei 2024. 

Penghargaan tersebut diberikan secara langsung oleh Ketua PPAI Prof. Dr. Eva Latipah, M.Si. Penghargaan diterima oleh Ketua Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam (MPAI) Dr. Muh. Nur Rochim Maksum, M.Pd.I.

"Penghargaan ini harapannya dapat sebagai bukti nyata untuk semakin meningkatkan antusiasme masyarakat dan semakin memotivasi calon mahasiswa baru untuk menempuh studi di Program Studi PAI UMS. Selain itu, juga semakin meningkatkan reputasi Program Studi PAI-UMS, sehingga dapat semakin memantapkan sebagai laboratorium kajian keilmuan dan keislaman," ungkap Ketua Program MPAI UMS, Jumat (31/5).

Dekan FAI UMS, Dr. Syamsul Hidayat, M.Ag., mengungkapkan rasa syukurnya karena apa yang telah dilakukan itu mendapatkan penilaian dan penghargaan yang baik dari pihak eksternal. 

“Pada acara kemarin, UMS dipercaya menjadi Best Management in Islamic Religious Education Studies Program. Tentu ini akan memacu kita untuk terus meningkatkan kualitas kita,” ungkap Dekan FAI UMS itu.

PAI UMS ini, lanjutnya, dirancang agar lulusannya memiliki kompetensi yang unggul dalam pendidikan Islam, terutama pada tingkat SMP dan SMA. Selain penguasaan ilmu, juga pembentukan karakter menjadi sangat penting dalam pembelajaran.

“Kami berharap dengan diperolehnya penghargaan ini dapat terus meningkatkan kualitas, baik kelembagaan, manajemen kelembagaan, maupun manajemen akademik. Kemudian, kami akan melakukan evaluasi kurikulum secara periodik,” paparnya. 

Menurutnya, lulusan PAI UMS ini sudah tidak diragukan lagi kualitas dan kiprahnya. Tidak hanya menjadi dosen di kampus swasta, tetapi juga kampus-kampus negeri yang tersebar di seluruh Indonesia, bahkan ada yang menjadi Rektor juga.

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik FAI UMS, Dr. Mohamad Ali, M.Pd., juga turut memberikan apresiasi terhadap penghargaan yang diperoleh oleh PAI UMS. Dia mengutarakan bahwa dengan penghargaan ini tidak hanya berdampak pada lembaga saja tetapi juga berdampak pada peningkatan arus intelektualisme keagamaan di masyarakat. 

"Manajemen yang baik dalam tata pengelolaan keilmuan dan keagamaan menjadi kunci penting meraih sebuah kemajuan," tuturnya.

Selain itu, selaku Ketua Gugus Penjaminan Mutu (GJM) Fakultas Agama Islam-UMS, Dr. Triono Ali Mustofa, M.Pd.I, juga menyampaikan apresiasi atas penghargaan ini. Triono  menyampaikan bahwa penghargaan ini menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kualitas atau mutu di lingkup Prodi PAI UMS agar dapat terus menghasilkan lulusan yang berkualitas. (Maysali/Fika/UMS)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta (SMK Muhiyo) menyelenggarakan Wo....

Suara Muhammadiyah

22 June 2024

Berita

SUKOHARJO, Suara Muhammadiyah – Gedung Graha PGRI Sukoharjo menjadi saksi terselenggaranya seb....

Suara Muhammadiyah

14 October 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Keluarga bagi Nasyiatul Aisyiyah merupakan lambang kesatuan gerak d....

Suara Muhammadiyah

27 October 2023

Berita

HONGKONG, Suara Muhammadiyah – Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dan Pimpinan Cabang Istimewa Ais....

Suara Muhammadiyah

5 October 2023

Berita

PONTIANAK, Suara Muhammadiyah - Pelaksanaan Rakerwil 'Aisyiyah Kalimantan Barat Sabtu 09 Desember 20....

Suara Muhammadiyah

10 December 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah