Pasca Witness 15 Skema Baru BNSP, 10 Prodi di UMY siap Perkuat Kualitas Lulusan

Publish

22 July 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
350

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menjalani witness dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Jumat (21/7). Ada lima belas skema baru yang diajukan oleh LSP UMY. Sebelumnya LSP UMY telah memiliki tujuh skema sertifikasi yang telah aktif dan terlisensi BNSP. Witness merupakan rangkaian akhir agar skema bisa aktif dan terlisensi dengan penyaksian uji kompetensi pada skema-skema baru yang diajukan oleh LSP UMY kepada BNSP

Kegiatan witness ini disaksikan langsung oleh ketua BNSP, Kunjung Masehat sebagai ketua tim witness, dan Silvia Wahyuni Harahap sebagai anggota tim witness. Keduanya juga didampingi Nurul Fajriah sebagai observer tim witness.

Witness ini merupakan bagian penting dalam proses ujian sertifikasi untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan sertifikasi dilaksanakan sebagaiman mestinya sesuai dengan perangkat dan peraturan yang ada,” ujar Kunjung Masehat. Melalui kesempatan ini, BNSP memberi arahan dan perbaikan untuk LSP UMY  terkait kegiatan sertifikasi yang telah berlangsung.

Seluruh jajaran LSP UMY hadir dalam proses witness. Rektor UMY, Gunawan Budiyanto secara khusus menyambut kedatangan tim witness BNSP. “Keberadaan LSP UMY sejak berdiri telah membawa manfaat banyak dalam peningkatan kualitas lulusan yang memiliki sertifikasi kompetensi yang terlisensi BNSP,” ujar Gunawan Budiyanto.

Seluruh Tempat Uji Kompetensi (TUK) dikunjungi oleh tim witness BNSP untuk melihat proses ujian sertifikasi secara langsung. Bagi para asesor, witness menjadi pengalaman baru dalam melakukan ujian sertifikasi.  

Adapun skema diajukan dalam witness adalah sebagai berikut, pada Prodi Ekonomi Syariah ada dua skema yaitu  Klaster Pengelolaan Operasional Produk dan Jasa Perbankan, Klaster Pengelolaan Informasi Operasional Produk dan Jasa Perbankan, serta Klaster Pengelolaan Strategi Bisnis.

Pada Prodi Agribisnis terdapat skema Okupasi Manajer Produksi Agribisnis, dan Okupasi Manajer Sumberdaya Manusia Agribisnis. Prodi Pendidikan Bahasa Jepang dengan skema Klaster Penerapan Bahasa Jepang untuk Asisstant Manager Hotel. Pada Prodi Pendidikan Bahasa Inggris terdapat skema Klaster Penerapan Bahasa Inggris Untuk Executive Administrative Assistant.

Pada  Prodi Hukum terdapat tiga skema yaitu Okupasi Analis Remunerasi, Okupasi Analis Perjanjian Kerja dan Kelembagaan Hubungan Industrial, dan Okupasi Analis Pencegahan dan Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial. Pada Prodi Akuntansi terdapat skema Okupasi Teknisi Akuntansi Ahli.

Pada Prodi Akutansi Lembaga Keuangan Syariah terdapat skema Okupasi Teknisi Akuntansi Ahli-Syariah. Pada Prodi Teknik Informatika terdapat skema Okupasi Network Administrator. Pada  Prodi Teknologi Elektromedik terdapat Klaster Pemeliharaan Alat Radiologi Teknologi Sederhana dan Menengah, dan Prodi Ekonomi dengan skema Okupasi Pemandu Ekowisata (Eco Guide).


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

TEGAL, Suara Muhammadiyah – SMP UMP, Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI) dan SMP Mu....

Suara Muhammadiyah

6 February 2024

Berita

LAMONGAN, Suara Muhammadiyah - Sebagai upaya membantu fakir miskin, anak yatim, dan masyarakat lainn....

Suara Muhammadiyah

23 March 2024

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah — Himpunan Mahasiswa Manajemen (HMM) Universitas Muhammadiyah (UM)....

Suara Muhammadiyah

2 April 2024

Berita

BANTUL, Suara Muhammadiyah - Universitas Ahmad Dahlan (UAD) kembali menunjukkan komitmennya dalam me....

Suara Muhammadiyah

20 February 2024

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah - Ajang kompetisi Olympiade Ahmad Dahlan (OlympicAD) VII  yang....

Suara Muhammadiyah

9 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah