PC IPM se-Lampung Timur Ikuti Halal Bihalal

Publish

23 April 2024
ipm

Suara Muhammadiyah

Penulis

1
134
Foto Istimewa

Foto Istimewa

LAMTIM, Suara Muhammadiyah - PD IPM Lampung Timur mengadakan Halal Bihalal & Kajian PC IPM se-Lampung Timur untuk menjalin silaturahmi serta ukhuwah islamiyah Bersama pada Minggu (21/4/2024) di Sukadana, Gedung Dakwah Muhammadiyah Lampung Timur yang dihadiri oleh 9 Pimpinan Cabang IPM Lampung Timur diantaranya PC IPM Labuhan Maringgai, PC IPM Bandar Sribawono, PC IPM Way Jepara, PC IPM Sekampung, PC IPM Sekampung Udik, PC IPM Way Bungur, PC IPM Purbolinggo, PC IPM Pekalongan, Dan PC IPM Margatiga.

Hadri Manjaya Putra selaku Ketua Umum PD IPM Lampung Timur dalam sambutannya menyampaikan ucapan lahir batin serta kegiatan halal bihalal ini bertujuan untuk silaturahmi dan menjaga hubungan persaudaraan. Kemudian ucapan rasa terimakasih kepada seluruh kader IPM se-lampung Timur yang telah hadir.

“Taqoballahu minna waminkum mohon maaf lahir dan batin untuk seluruh jajaran PC IPM se-Lampung Timur. Kegiatan halal bihalal ini menjadi ajang silaturahmi yang dilakukan rutin setiap tahunnya setelah melewati satu bulan puasa penuh supaya dapat menjaga hubungan persaudaraan. Saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh Kader IPM Lampung Timur yang telah menghadiri acara ini dan semoga kegiatan ini bisa terus terlaksana,” pungkas Hadri Manjaya Putra.

Kens Geo Danuarta selaku Narasumber dalam kajian Halal Bihalal kali ini dalam tausiyahnya menyampaikan tentang pengertian halal Bihalal serta makna dan pelajaran dari kata takbir.

“Kata Halal bihalal dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ialah saling maaf-memaafkan setelah menunaikan ibadah puasa Ramadhan sedangkan dalam islam halal bihalal berasal dari bahasa arab yaitu halla-yahillu yang artinya menguraikan kembali benang yang telah kusut atau ruwet.

Seorang muslim hendaknya belajar dari segala sesuatu yang dia lihat, dia rasakan termasuk belajar mencari makna dari setiap perintah yang Allah berikan, maka kesempatan kali ini kita akan mengupas pelajaran yang ada di dalam sunnah dibulan syawal diantaranya belajar dari setiap kalimat takbiran yang kita ucapkan saat memasuki bulan syawal.

Ada 3 pelajaran yang bisa kita ambil dari kalimat takbiran yang kita ucapkan ;

Pertama, kalimat takbir ini mengandung pengagungan kepada Allah dan mengakui kelemahan diri kita. Kedua, kalimat tahlil mengandung makna keihklasan dalam setiap ibadah. Ketiga, kalimat tahmid memuji Allah, karena semua ibadah yang kita lakukan semuanya berkat pertolongan Allah,” ucap Kenz Geo Danuarta.

Setelah kegiatan halal bihalal berlangsung, dilanjut dengan acara penyampaian progress report dari masing-masing PC IPM se-Lampubg Timur. Dimana setiap PC IPM harus melaporkan hasil program kerja apa saja yang sudah terlaksana dan yang belum terlaksana.

Kegiatan balal bihalal dan kajian berjalan dengan lancar dari pembukaan hingga akhir. Kegiatan ini juga sangat menggembirakan bagi semua yang hadir sebab terjalinnya kembali tali silahturahmi. (Aulia Rahma)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

CIREBON, Suara Muhammadiyah - Gempa magnitudo 4.8 yang menghantam Sumedang pada Minggu (31/12) menga....

Suara Muhammadiyah

3 January 2024

Berita

BANTUL, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) dan Pimpinan Ranting Aisyiyah....

Suara Muhammadiyah

18 December 2023

Berita

Ajak Hamka Muda Isi Liburan dengan Aktif dan Produktif di Masyarakat JAKARTA, Suara Muhammadiyah - ....

Suara Muhammadiyah

9 January 2024

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Menjelang peringatan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Ok....

Suara Muhammadiyah

20 October 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Visi-misi kelautan era Presiden Jokowi adalah ingin menjadikan laut....

Suara Muhammadiyah

14 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah