PCIA Hongkong 2024-2026 Dilantik, Menghadirkan ‘Aisyiyah ke Dunia Internasional

Publish

2 September 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
276
Istimewa

Istimewa

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - “Selain untuk berdakwah memperkenalkan ‘Aisyiyah, PCIA Hongkong juga dibentuk sebagai wadah mengayomi Pekerja Migran Indonesia di Hongkong dan memberikan pembekalan yang bermanfaat jika PMI kembali ke tanah air.” Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah, Salmah Orbayinah mengukuhkan Pelantikan Pimpinan Cabang Istimewa ‘Aisyiyah (PCIA) Hongkong periode 2024-2026 pada Ahad (1/9/2024).

PCIA Hongkong disebut Salmah menjadi perwakilan ‘Aisyiyah dalam peran dan fungsi yang penting di luar negeri. Salah satunya adalah sebagai upaya menguatkan internasionalisasi Muhammadiyah yang merupakan implementasi Risalah Perempuan Berkemajuan dan Islam yang rahmatan lil alamin. 

Oleh karena itu Salmah mendorong kepemimpinan PCIA Hongkong yang baru dapat terus menguatkan peran dakwahnya dalam berbagai upaya termasuk dengan membangun jaringan yang lebih luas. 

“Agar berperan di ranah global, PCIA dapat mengembangkan kerjasama pendidikan, kesehatan, sosial, kemanusiaan dan PCIA perlu melakukan koordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan sehingga kehairan PCIA Hongkong bisa memberikan dampak dalam menghadirkan ‘Aisyiyah ke dunia internasional,” terang Salmah.

Selain memperkuat peran ‘Aisyiyah di luar negeri, Salmah juga meminta para pimpinan PCIA untuk mengembang misi kebangsaan melalui ideologi Pancasila dengan menjaga persatuan kesatuan bangsa dimanapun berada.

Endah Rachmi Yuliarti, Konsul Penerangan, Sosial dan Budaya KJRI Hongkong dalam kesempatan tersebut menyampaikan selamat atas terbentuknya kepemimpinan PCIA Hongkong yang baru ini. Ia juga menyampaikan terimakaisha dan apresiasi atas pengabdian, dukungan, dan kerjasama yang telah terjalin dengan baik antara PCIA Hongkong dengan KJRI. 

Endah berharap kepemimpinan PCIA yang baru ini akan dapat terus berkontribusi bukan hanya dalam menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam tetapi juga dalam meningkatkan kemandirian khususnya bagi Pekerja Migran Indonesia di tengah pesatnya perkembangan sosial dan ekonomi di Hongkong. 

“KJRI Hongkong selalu berupaya mendukung kegiatan positif PCIA yang dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh teman-teman PMI dalam rangka mengisi waktu di tengah kesibukan bekerja,” ujarnya

Ebta Dwi Anggraini, Ketua PCIA Hongkong periode 2024-2026 menyampaikan rasa terimakasihnya dan bersyukur bisa terpilih sebagai ketua PCIA periode 2024-2026. Menurutnya ini adalah panggilan hati nurani dan demi kemajuan ‘Aisyiyah serta kemajuan umat bersama. “Mohon doa dukungan dan bimbingan agar saya bisa berjuang melanjutkan visi misi ‘Aisyiyah untuk mengangkat harkat dan martabat perempuan termasuk para PMI,” ucapnya. 

Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Umum Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah, Tri Hastuti Nur Rochimah membacakan Surat Keputusan Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah No. 142/SK-PPA/A/VI/2024 tentang Pengesahan Susunan Anggota Pimpinan Cabang Istimewa ‘Aisyiyah (PCIA) Hongkong Masa Jabatan 2024 – 2026. Anggota Pimpinan tersebut adalah Ketua : Ebta Dwi Anggraini, Wakil Ketua : Tuswati, Sekretaris : Inrumainah, Bendahara : Dariatin. Dengan majelis-majelis yang terdiri dari Majelis Pengkaderan : Endang, Majelis Seni dan Budaya : Rusyiddah Fajriani, Majelis Humas : Siti Mutmainah, Majelis Lazismu : Alqoringah. (Suri)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah sekaligus Ketua Badan Pembina ....

Suara Muhammadiyah

2 March 2024

Berita

SUKOHARJO, Suara Muhammadiyah – Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Puteri Aisyiyah Grogo....

Suara Muhammadiyah

20 December 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka) melalui Lembaga Peng....

Suara Muhammadiyah

3 April 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pengajian Ramadhan Pimpinan Pusat Muhammadiyah 1445 H mengangkat te....

Suara Muhammadiyah

17 March 2024

Berita

BANTUL, Suara Muhammadiyah – Ada momen menarik dan langka saat Festival Anak dan Pengajian Tab....

Suara Muhammadiyah

3 August 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah