PCM Jetis Yogya Dorong Kesadaran Kolektif Mengelola Lingkungan

Publish

2 June 2024
pcm

Suara Muhammadiyah

Penulis

1
178
Doc. PCM Jetis Yogyakarta. Foto: Cris

Doc. PCM Jetis Yogyakarta. Foto: Cris

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Kondisi lingkungan di Kota Yogyakarta sangat ironi. Lebih-lebih menyangkut ihwal persampahan yang tak kunjung rampung. Untuk itu, Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Jetis Yogyakarta dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia menggugah kesadaran masyarakat relevansinya menjaga dan merawat lingkungan.

“Hari ini dan seterusnya kita tidak akan saling menyalahkan. Kondisi Sungai Code itu pengamatan saya selama 20 tahun terakhir, merupakan kondisi yang terburuk. Terutama terkait dengan masalah sampah. Melihat kondisi seperti itu, mari kita berpikir semuanya bagaimana menyelesaikan masalah ini,” ujar Wakil Ketua PCM Jetis Yogyakarta yang juga pemerhati lingkungan Drs Totok Pratopo, Ahad (2/6) saat membuka kegiatan “Gerakan Hijau Kotaku” dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024.

Totok mengungkapkan untuk menyelesaikan permasalahan sampah, memang tidak mudah. Bukan sekadar dilakukan personal, tetapi harus bekerja sama semua pihak terkait. Terlebih lagi, masyarakat yang memainkan peran utamanya.

“Kita tidak bisa mengurus masalah ini seorang diri. Sampah menjadi pekerjaan berat luar biasa. Tanpa kerja sama semua pihak, saya yakin masalah hanya menjadi tumpukan masalah berkepanjangan. Maka, saya mengajak kepada masyarakat, mari kita peduli dengan lingkungan kita. Jangan anggap ini masalah enteng, ini masalah serius,” katanya.

Serupa itu, Plt Lurah Gowongan Anowo Winarni, SIP menekankan arti penting menjaga lingkungan. Ia juga prihatin melihat kondisi lingkungan di Yogyakarta yang sangat darurat sampah. “Saya berpesan kepada bapak-ibu, ayo begerak bersama jaga lingkungan kita. Walau dengan langkah-langkah sederhana, tetapi langkah itu justru memberikan dampak besar bagi lingkungan sekitar,” tuturnya.

Sementara, Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Yogyakarta RH Sumiharto, SE., MBA berharap peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia jangan hanya sekadar seremonial semata. Alangkah eloknya dapat direaktualisasikan ke dalam tindakan nyata. “Mari kita action untuk merawat dan menjaga lingkungan. PDM Kota Yogyakarta Insyaallah akan mensuport seluruh kegiatan cabang dan ranting untuk kepentingan luas,” jelasnya.

Acara tersebut juga disertakan penyerahan secara simbolik tanaman dari Majelis Lingkungan Hidup PCM Jetis Yogyakarta, PDM Kota Yogyakarta, dan perwakilan alumni SMA 4B tahun 1986 kepada kelompok tani setempat. Dan akhiri dengan penebaran benih Ikan Mas dan Ikan Tawes di kawasan Sungai Code Yogyakarta. (Cris)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Pusat Muhammadiyah secara resmi mengumumkan 1 Ramada....

Suara Muhammadiyah

20 January 2024

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar mengadakan sosialisasi me....

Suara Muhammadiyah

28 December 2023

Berita

BANYUMAS, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah dan Nasyiatul Aisyiyah Banyumas m....

Suara Muhammadiyah

27 November 2023

Berita

PC IMM Surabaya Gelar Pelatihan Crowfunding dan Conten Creator dalam Rangkaian Tour Humanity SURABA....

Suara Muhammadiyah

20 March 2024

Berita

Majelis Dikdasmen PNF se-DIY Bahas Kebijakan Pendidikan Muhammadiyah YOGYAKARTA, Suara Muhammadiya....

Suara Muhammadiyah

16 September 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah