PDM Batam bersama STIT Internasional Muhammadiiyah Gelar Upgrading Leadership

Publish

22 June 2024
pdm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
209
Foto Istimewa

Foto Istimewa

BATAM, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Batam, bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiah (STIT) Internasional Kota Batam, menyelenggarakan motivasi kepemimpinan dengan tema "Upgrading Leadership" pada tingkat pimpinan, AUM, cabang, dan ranting, yang digelar di Sekolah Muhammadiyah Plus KDA Kota Batam, Minggu (16/6/2024).

Kegiatan yang dihadiri oleh 70 peserta dari berbagai unsur pimpinan, termasuk PDM, STIT, majelis, dan Pimpinan Amal Usaha Muhammadiyah ini menghadirkan Direktur Eksekutif Leader of Indonesia Universitas Muhammadiyah Jakarta sekaligus Direktur Riset Forum Rektor Perguruan Tinggi Muhammadiyah-Aisyiyah, Drs. Usman Abdhali Watik, M.Si, sebagai pembicara. 

Mengusung tema "Revitalisasi Fungsi Komunikasi untuk Kepemimpinan dan Produktivitas." Dalam pemaparannya, dia menggarisbawahi hakikat kepemimpinan berdasarkan firman Allah SWT dalam QS. Al-Baqarah 2:124:

"Dan (ingatlah), ketika Ibrahim diuji Tuhannya dengan beberapa kalimat, lalu dia melaksanakannya dengan sempurna. Dia (Allah) berfirman, 'Sesungguhnya Aku menjadikan engkau sebagai pemimpin bagi seluruh manusia.' Dia (Ibrahim) berkata, 'Dan (juga) dari anak cucuku?' Allah berfirman, '(Benar, tetapi) janji-Ku tidak berlaku bagi orang-orang zalim.'" (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 124).

Drs. Usman Abdhali Watik, menekankan, sebagai pemimpin, kita dituntut untuk bekerja dengan ikhlas dalam menjalankan amanah, perjuangan, dan pengorbanan, bukan untuk mencari kesempatan atau kekuasaan.

"Beberapa faktor-faktor yang membuat Muhammadiyah mampu bertahan selama ini, yaitu, visi yang jelas di depan, disiplin dalam segala hal, semangat bermuhammadiyah, dan nurani yang bersih," paparnya.

Menurutnya, visi, disiplin, dan semangat bermuhammadiyah masih kurang jika tidak disertai dengan nurani yang tulus.

Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Batam mengungkapkan rasa terima kasih atas pencerahan yang diberikan oleh Drs. Usman Abdhali Watik, M.Si.

"Kami mengucapkan banyak terimakasih. Pak Usman telah meluangkan waktu untuk ke Batam. Berbagai pandangan dan ilmu yang diberikan sangat bermanfaat untuk kami," kata Ketua PDM Batam, H. Zarmi Mazridanto.

Zarmi, menyampaikan penting untuk selalu diingat pesan yang disampaikan selama kegiatan, bahwa hakikat kepemimpinan adalah menjadi pelayan umat, bukan mencari kesempatan atau kekuasaan. "Kesadaran ini penting bagi setiap pemimpin untuk terus diingat," paparnya. (Ifan/Riz) 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Pesantren Mahasiswa K.H. Ahmad Dahlan (PERSADA) Universitas A....

Suara Muhammadiyah

2 November 2023

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) melantik para pengurus Organisas....

Suara Muhammadiyah

7 February 2024

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Sekretaris PW Muhammadiyah Sumatera Utara, Irwan Syahputra MA menjelaska....

Suara Muhammadiyah

16 September 2023

Berita

PERLIS, Suara Muhammadiyah - Sebuah Podcast Salasilah Perlis edisi ke 24 yang diadakan oleh team med....

Suara Muhammadiyah

8 June 2024

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Suasana hangat dan penuh semangat memenuhi ruang rapat ketika Lazismu Su....

Suara Muhammadiyah

7 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah