Pelatihan Matematika GASING, PGSD UM Kupang Bekali Mutu dan Kualitas

Publish

4 October 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
287
Foto Istimewa

Foto Istimewa

KUPANG, Suara Muhammadiyah - Mutu dan kualitas Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) sangat penting karena para lulusan akan berperan dalam mencetak calon guru yang akan mengajar di tingkat sekolah dasar. Berbagai macam program kreatifitas yang di giatkan oleh Prodi PGSD FKIP UM Kupang.

Pelatihan Matematika GASING (Gampang, Asyik, dan Menyenangkan) adalah sebuah pendekatan dalam mengajar matematika yang bertujuan untuk membuat pembelajaran matematika menjadi lebih menarik, interaktif, dan menyenangkan bagi siswa. GASING merupakan singkatan dari Gampang, Asyik, dan Menyenangkan, yang menggambarkan filosofi di balik metode ini.

Program Studi PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Kupang, Mempersiapkan lulusannya dengan mengadakan pelatihan Matematika GASING (Gampang,Asyik dan Menyenangkan).

Kepada mahasiswa calon alumni dengan menghadirkan 4 orang Praktisi GASING Nusa Tenggara Timur yaitu Stefanus Ola,S.Pd., Ria Natalia Here,S.Pd.,Gr., Emanuel N.N. Layar,S.Pd.,Gr., dan Yulny Myanti,S.Pd. 

Keempat guru tersebut adalah Guru Sekolah Dasar dan Guru Mapel Matematika Pada SMP di Kota Kupang. 

Uslan,Ph.D, selaku ketua Prodi PGSD FKIP UMK, Mengutarakan kegiatan yang berlangsung dari tgl 21 -22 September ini sebagai bentuk pembekalan kepada calon alumni Prodi PGSD FKIP UMK, sebelum kembali ke Desa atau kampung halaman untuk mengabdi ataupun sebagai bekal dalam mengikuti Testing PPG.

Uslan menambahkan , “GASING mengedepankan pendekatan kreatif dalam mengajar matematika. Guru menggunakan berbagai metode dan strategi untuk membuat materi matematika lebih mudah dipahami  oleh siswa SD. 

Selain itu, metode Gasing ini juga bisa menerapkan kolaborasi Pelatihan GASING mendorong kolaborasi antara siswa. Para siswa diajak bekerja sama dalam menyelesaikan masalah matematika dan berbagi ide-ide mereka. dikarenakan GASING sudah menjadi sebuah Muatan lokal wajib bagi semua jenjang pendidikan SD diwilayah Nusa Tenggara Timur. (Hendra Ap)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Majelis Pendidikan Dasar Menengah dan Pendidikan Non Formal Pimp....

Suara Muhammadiyah

9 February 2024

Berita

SRAGEN, Suara Muhammadiyah - Kajian akbar wali santri Ponpes Dimsa (Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen)....

Suara Muhammadiyah

30 September 2023

Berita

TOKYO, Suara Muhammadiyah - "Berdirinya PCIA dan PCIM menjadi salah satu bukti bahwa program interna....

Suara Muhammadiyah

24 September 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Ahad, 25 Februari 2024, Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiy....

Suara Muhammadiyah

26 February 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Reza Firdaus mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Jak....

Suara Muhammadiyah

13 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah