Pemberdayaan Perempuan, FT UMJ Kolaborasi dengan PDA Jakarta Utara

Publish

15 May 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
165
Foto Istimewa

Foto Istimewa

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Program Studi Teknik Kimia dan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FT UMJ) berkolaborasi dengan Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Jakarta Utara berkolaborasi mengadakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (Pengmas) bertema “Upaya Pemberdayaan Perempuan Melalui Keterampilan Produk Sabun dan Desain Kemasan serta Penentuan Harga Pokok Penjualan”, di Jakarta Utara, Rabu (15/05/24). 

Teknik Kimia dan Teknik Industri FT UMJ yang berada pada naungan Persyarikatan Muhammadiyah Aisyiyah, secara aktif juga menjaring kebutuhan Lembaga-lembaga Pimpinan Cabang Aisyiyah Muhammadiyah sesuai dengan kompetensi kedua prodi tersebut untuk dapat bersinergis mencerahkan ummat melalui program-program pengabdian yang aplikatif. 

Kegiatan yang diadakan secara rutin setiap semester ini, diikuti oleh delapan orang Dosen, delapan orang mahasiswa dan dua orang tenaga pendidik untuk melatih kader PDA dalam pembuatan sabun, pengemasan hingga penentuan harga jual.

Wakil Dekan II FT UMJ, Ir. Leola Dewiyani, M.E, yang hadir pada kegiatan ini menyampaikan bahwa FT UMJ membuka kesempatan bagi kader-kader Aisyiyah dan Muhammadiyah untuk berkolaborasi pada program pengabdian kepada masyrakat. Hal ini dimaksudkan agar berbagai hasil penelitian para dosen dapat diimplementasikan bagi kesejahteraan umat.

Ketua PDA Jakarta Utara Sunanti,M.M dan Wakil Ketua PDA Jakarta Utara Ummu Kulsum,S.H., berupaya mendorong para kader menjadi terampil dan mampu mandiri melalui kegiatan pelatihan tersebut.

Kegiatan yang diikuti lebih 50 orang ibu-ibu kader Aisyiyah berlatar belakang ibu rumah tangga ini menyambut dengan antusias ditunjukkan dengan sesi tanya jawab dari peserta. Pertanyaan yang diajukan seputar bagaimana mendapatkan bahan baku pembuatan sabun, jenis-jenis sabun dan pengolahannya serta bagaimana menghitung harga jual suatu produk.

Sunanti,M.M dan Ummu Kulsum,S.H sebagai perwakilan dari PD Aisyiyah Jakarta Utara kali ini sebagi mitra ingin memberikan pelatihan keterampilan berbagai usaha yang dimulai dari rumah kepada para kadernya. 

Namun pada kegiatan kali ini, dua prodi tersebut berkolaborasi mengaplikasikan keilmuan dan kompetensi yang dimiliki berdasarkan undangan dari PDA Aisyiyah Jakarta Utara DKI Jakarta. Aisyiyah Jakarta Utara, yang disampaikan dan diinisiasi oleh Ibu Sunanti,M.M dan ibu Ummu Kulsum,S.H., berkeinginan memberikan pelatihan berupa keterampilan yang dapat mendorong kadernya menjadi kader yang terampil dan mampu mandiri melalui berbagai usaha yang dimulai dari rumah.

Dengan keserasian tujuan ini maka kegiatan pelatihan pembuatan sabun hingga pengesaman dan penentuan harga jual dapat terlaksana.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Kerusakan lingkungan dan krisis iklim terus terjadi karena keserakahan....

Suara Muhammadiyah

29 March 2024

Berita

KUPANG, Suara Muhammadiyah - Mahasiswa KKndik terintegrasi Kegiatan MBKM Bina Desa Program Studi PGS....

Suara Muhammadiyah

9 September 2023

Berita

KULON PROGO, Suara Muhammadiyah – Di tengah transformasi zaman yang makin kompleks. Lebih-lebi....

Suara Muhammadiyah

21 May 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DKI Jakarta menyelenggarakan ....

Suara Muhammadiyah

3 December 2023

Berita

SURABAYA, Suara Muhammadiyah - Beberapa program diagendakan oleh Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedeka....

Suara Muhammadiyah

16 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah