Pengajian Ahad Wage Momentum Peresmian Gedung Baru PRM Balun

Publish

21 November 2023
prm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
179
Foto Istimewa

Foto Istimewa

BANJARNEGARA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Balun Kecamatan Wanayasa Kabupaten Bnajarnegara menggelar pengajian ahad wage, Ahad (19/11/2023) di jalan utama Desa Balun. Pengajian ini mengangkat tema "Kedahsyatan dan Keajaiban Sedekah".

Selain acara inti yakni Pengajian Ahad Wage, PRM juga melakukan pengukuhan kepengurusan baru Pengurus Ranting Muhammadiyah Balun dan Pengurus Aisyiyah Balun periode 2023-2025. Berikut kepengurusan Ranting muhammadiyah Balun periode 2023-2028 Ketua Misman, Sekretaris Mokh Yusuf Vira Jati, dan Bendahara Agus Hermawan. Sedangkan Aisyyiyah Balun periode 2023-2028 diketuai oleh Hajar Winarti, Sekretaris Alfi Khasanah, dan Bendahara Taminah.

Slamet Riyadi sebagai Ketua PRM Balun periode sebelumnya 2018-2023 dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga Muhammadiyah Balun yang telah memberikan kepercayaan kepada saya untuk memimpin Muhammadiyah Balun selama lima tahun terakhir. 

“Saya menyadari bahwa saya masih banyak kekurangan, namun saya telah berusaha semaksimal mungkin untuk menjalankan tugas-tugas saya dengan sebaik-baiknya.” ucap Slamet.

Selain itu, Slamet juga menyampaikan selamat kepada Pimpinan Ranting Muhammadiyah Balun yang baru. 

“Saya berharap, dengan kepengurusan yang baru ini, Muhammadiyah Balun dapat terus berkembang dan menjadi lebih baik lagi.” harapnya.

“Saya berpesan kepada Pimpinan Ranting Muhammadiyah Balun yang baru, agar selalu memegang teguh prinsip-prinsip Muhammadiyah. Teruslah berdakwah dan berjuang untuk memajukan Desa Balun pada khususnya dan Keacamatan Wanayasa pada umumnya.” Pesan Slamet.

Tri Barokah selaku PJ Kepala Desa Balun dalam sambutannya juga menyampaikan selamat kepada kepengurusan baru PRM Balun Periode 2023-2028. Beliau, Tri Barokah sangat mendukung dengan adanya kegiatan keagamaan di Desa Balun.

“Selain bisa bersinergi dengan pemerintah Desa Balun, kami berharap bisa bersinergi dengan lintas organisasi yang ada di Desa Balun.” Harap Tri.

Rokhmani ketua Pengurus Cabang Muhammadiyah Wanayasa dalam sambutannya selain mengucapkan selamat kepada kepengurusan yang baru periode 2023-2028 menyampaikan informasi bahwa tahun ajaran baru 2024 MBS membuka kembali untuk siswa baru non asrama.

Rokhmani juga menyampaikan terimakasih terkait kepedulian nyata seluruh PRM di Kecamatan Wanayasa terhadap Palestina.

Pengajian ini menghadirkan narasumber Ustadz Dr. Ibnu Soleh, MA, MPI, LC., yang merupakan Anggota Majelis Tarjih dan Tajdid Pengurus Wilayah Jawa Tengah.. Dalam pengajiannya, Ustadz Ibnu Soleh diawal menyampaikan terimaksih kepada Barisan Sebaguna (Banser) NU dan Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (Kokam) yang telah bahu membahu bersinergi untuk menjaga keamanan dalam pengajian Ahada Wage.

“Jika Banser dan Kokam bersatu, saya yakin NKRI akan tetap utuh.” Kata Ustadz Ibnu Soleh yang juga merupakan dosen di UNIKAL Pekalongan.

Dalam Pengajian Ahad Wage yang bertemakan Kedahsyatan dan Keajaiban Sedekah, Ustadz Ibnu Soleh  menyampaikan resep kebahagiaan yang nyambung kedahsyatan dan keajaiaban bersedekah.Resep kebahagiaan yakni selalu bersyukur kepada Allah SWT, sering melihat kebawah dan sering bersedekah, selalu khusnudzan kepada Allah dan mengimani setia takdir Allah, selalu menjalankan ibadah apa yang diperintahkan oleh Allah, perbanyak taubat kepada Allah, bergaul dengan orang sholeh, mencari rezeki yang halal, dan menyayangi orang lain dengan tulus bukan karena motivasi dunia melainkan hanya karena Allah. 

Pengajian ini diikuti oleh 3000an yang terdiri dari warga Muhammadiyah Desa Balun sendiri dan warga Muhammadiyah sekecamatan Wanayasa. Para peserta pengajian sangat antusias mendengarkan materi yang disampaikan oleh Ustadz Ibnu Soleh. Mereka berharap dapat menerapakan resep-resep kebahagiaan yang telah disampaiakan.

Pengajian ahad wage merupakan agenda yang rutin secara bergiliran dilaksanakan oleh seluruh PRM Pimpinan Ranting Muhammadiyah yang ada di Kecamatan Wanayasa. Pengajian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran Islam dan menjaga tali silaturahim seluruh warga Muhammadiyah di Kecamatan Wanayasa.

Peresmian Gedung Baru Muhammadiyah Desa Balun, Ada Pemberdayaan Lewat Program Lazismu

Dalam sambutannya, Slamet Riyadi Ketua PRM Balun lama yang merupakan ketua panitia pembangunan gedung Muhammadiyah Desa Balun menyampaikan pembangunan gedung Muhammadiyah ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada warga Muhammadiyah Balun pada khususnya dan warga masyarakan Desa Balun pada umumnya. Gedung ini dibangun dengan desain yang modern berlantai dua.

“Gedung ini akan segera kita lengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai setelah resmi beroperasi” kata Slamet.

Slamet menceritakan perjuangnya bersama pengurus membangun gedung dari modal nekat hanya mempunyai dana Rp 8.000.000,- dan akhirnya selesai dengan menelan biaya kurang lebih Rp 400.000.000,-.

“Ini bukan karena ”

Yusuf Vira Jati sekretaris baru menjelaskan dengan adanya gedung ini diharapkan dapat menjadi sarana yang efektif untuk mendukung kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat secara nyata.

“Lewat Lembaga Lazismu Balun, kita akan mencoba melakukan program pemberdayaan masyarakat sebagai program utamanya kepengurusan periode 2023-2028” pungkasnya.

Kegiatan ditutup dengan doa oleh mbah Hanif tokoh atau sesepuh di Muhammadiyah Kecamatan Wanayasa dan dilanjutkan dengan makan bersama seluruh panitia pengajian ahad wage dan pengurus PRM Balun lama dan baru.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANDARLAMPUNG, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka memperingati Milad Muhammadiyah ke-111, Lembaga Pen....

Suara Muhammadiyah

21 November 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Hari Rabu, 27 September 2023, SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta me....

Suara Muhammadiyah

28 September 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Masih dalam suasana semarak Milad yang ke-60 tahun, Ikatan Mahasisw....

Suara Muhammadiyah

27 March 2024

Berita

TIMOR LESTE, Suara Muhammadiyah- Dosen Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Dr. Budi Santosa M.Pd. yang Ke....

Suara Muhammadiyah

7 September 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Asosiasi Pengelola Asrama Mahasiswa (ASLAMA) terdiri dari 56 asra....

Suara Muhammadiyah

5 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah