Peningkatan Kreativitas Siswa Melalui Gebyar P5

Publish

30 May 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
171
Foto Istimewa

Foto Istimewa

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang digagas pada kurikulum merdeka saat ini diharapkan dapat membentuk siswa memiliki projek yang bersifat lintas disiplin keilmuan dalam hal kontekstual yang berbasis masalah di sekolah. 

Oleh karena itu salah satu implementasi P5 pada kurikulum merdeka SMA Muhammadiyah 15 Jakarta menggelar gebyar P5 dengan tema “Gelar Karya dan Inovasi Siswa SMA Muhammadiyah Jakarta” pada hari Rabu, 29 Mei 2024. 

Gebyar P5 ini berisi berbagai macam kegiatan yang ditampilkan oleh siswa dan siswi SMA Muhammadiyah 15 Jakarta seta berbagai unsur kebudayaan yang beragam, dari mulai kebudayaan betawi sampai dengan kebudayaan di Indonesia.

Kegiatan gebyar P5 diawali dengan kirab dan penampilan palang pintu yang ditampilkan oleh siswa bersama Edy Setiawan selaku wakil kesiswaan di sekolah. Gebyar P5 dibuka oleh Sumito Supriyanto selaku kepala sekolah SMA Muhammadiyah 15 Jakarta. 

Selain itu kegiatan ini dihadiri oleh Maryoto selaku sekretaris Majelis Dikdasmen PCM Komplek Slipi beserta jajarannya dan Joko Sunarko selaku Kasatlak Kecamatan Palmerah. 

Dalam laporannya selaku ketua pelaksana Zakiyyatul Muhandisa menyatakan bahwa kegiatan P5 di sekolah penuh dengan proses kreativitas oleh siswa selama berhari-hari, dikarenakan tema yang diangkat mengenai kebhinekaan dan gaya hidup berkelanjutan membutuhkan persiapan yang matang. 

Dalam sambutannya Sumito menekankan pentingnya kegiatan gebyar P5 sebagai ajang kreativitas siswa dalam membentuk profil pelajar Pancasila sebagai suatu nilai yang dirasakan manfaatnya bagi siswa untuk mencintai kebudayaannya. 

Sementara itu, Joko mengapresiasi gebyar P5  di SMA Muhammadiyah 15 Jakarta dan tidak hentinya untuk melaksanakan kegiatan yang bermanfaat bagi siswa. Selain itu Maryoto dalam sambutannya juga mengapresiasi gebyar P5 yang dilakukan oleh siswa karena sangat terlihat aktivitas siswa dalam berkarya dan berkreasi.

Setelah sambutan kegiatan gebyar P5 diisi seperti tarian, lagu daerah, pameran kebudayaan, fashion show busana adat dan baju daur ulang, bazzar, membatik, bazzar, dan lain-lain yang bertujuan meningkatkan kreativitas dan inovasi untuk siswa SMA Muhammadiyah 15 Jakarta. Gebyar P5 ditutup dengan pembagian hadiah apresiasi kepada siswa dan siswi terbaik yang telah berusaha menampilkan ide dan kreasi pada kegiatan ini. (Azzumar)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

KENDAL, Suara Muhammadiyah - Rapat Koordinasi Lembaga Pengembangan Pesantren (LPP) dan Mudir Pesantr....

Suara Muhammadiyah

21 November 2023

Berita

KULON PROGO, Suara Muhammadiyah – Forum PantI Asuhan Muhammadiyah (Forpama) mengadakan pertemu....

Suara Muhammadiyah

14 May 2024

Berita

BANDAACEH, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Banda Aceh menyelenggarakan Pawai ....

Suara Muhammadiyah

26 February 2024

Berita

MADIUN, Suara Muhammadiyah - Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) P....

Suara Muhammadiyah

24 September 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah dr H Agus Taufiqurrahman, SpS., M....

Suara Muhammadiyah

28 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah