Penulisan Deskripsi Permohonan Paten Perlu Berdaya Saing

Publish

12 July 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
76
Foto Istimewa

Foto Istimewa

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menjadi Host Pelatihan Penulisan Deskripsi Permohonan Paten Batch-1 Tahun 2024. Program Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat ini digelar di Mekar Jaya, Serpong, Senin (08/07/2024).

Dari keterangan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UMJ, pelatihan menghadirkan enam narasumber/fasilitator. Para narasumber merupakan pakar penulisan deskripsi Permohonan paten dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Keenam narasumber yaitu Ahmad Marzuki, S.Si, Ph.D. (Universitas Sebelas Maret), Ir. Ahdiar Romadhoni, MBA, (Institut Teknologi Bandung), Mhd. Hendra Wibowo, S.T.P.,M.M.  (Institut Pertanian Bogor), Prof.Dr.-Ing. Silviana, ST, MT, IPM, ASEAN ENG. (Universitas Diponegoro), Dr. Nanik Astuti Rahman, ST, MT (Institut Teknologi Nasional Malang), Ria Dewi Andriani, S.Pt, M.Sc, MP (Universitas Brawijaya).

Peserta berasal dari berbagai perguruan tinggi termasuk UMJ. Terdapat lima dosen UMJ yang berkesempatan mengikuti pelatihan yaitu Suharsiwi, Lorenta In Haryanto, Renty Anugerah Mahaji Puteri, Tri Yuni Hendrawati, Nunung Cipta Dainy.

Wakil Rektor I UMJ Dr. Muhammad Hadi, S.Kp., M.Kep. turut hadir memberikan sambutan hangat mewakili Rektor. Pelatihan Penulisan Deskripsi Permohonan Paten ini berlangsung selama tiga hari hingga Rabu, 10 Juli 2024.

“Kami sangat bangga atas kepercayaan yang diberikan oleh pemerintah melalui Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat. UMJ berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan inovasi dan transfer teknologi di Indonesia," katanya.

Melalui pelatihan ini, para peserta diharapkan dapat meningkatkan kemampuan merumuskan deskripsi yang jelas, sistematis, dan berdaya saing tinggi dalam menyusun Permohonan paten.

Kegiatan ini juga menjadi wadah untuk meningkatkan kolaborasi antara universitas, industri, dan pemerintah dalam memajukan riset dan pengembangan teknologi di tanah air.

Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat Kemdikbudristek telah menyiapkan program yang komprehensif dan berbasis praktik. Itu dilakukan untuk memastikan setiap peserta dapat mengambil manfaat maksimal dari pelatihan ini.

Peserta diharapkan mampu mengaplikasikan pengetahuan yang didapat dalam mendukung upaya komersialisasi hasil riset serta meningkatkan daya saing produk inovatif Indonesia di pasar global.

Sebagai lembaga pendidikan tinggi yang berkomitmen pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, UMJ terus berupaya memberikan kontribusi yang signifikan dalam mendukung visi Indonesia sebagai negara inovatif dan berdaya saing global.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MAKASSSAR, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, sebagai salah sat....

Suara Muhammadiyah

31 October 2023

Berita

BANDARLAMPUNG, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Lampung menyelenggarakan Rap....

Suara Muhammadiyah

31 December 2023

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) PW Aisyiyah ....

Suara Muhammadiyah

3 December 2023

Berita

TEGAL, Suara Muhammadiyah - Job Fair atau Bursa Kerja yang diselenggarakan SMK Muhammadiyah 1 (Mutu)....

Suara Muhammadiyah

27 September 2023

Berita

PEKALONGAN, Suara Muhammadiyah - Kajen - Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) dan Laz....

Suara Muhammadiyah

16 September 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah