Penyembelihan Hewan Kurban Berkolaborasi dengan Guru Besar Unair

Publish

19 June 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
127
Penyembelihan Hewan Kurban

Penyembelihan Hewan Kurban

SURABAYA, Suara Muhammadiyah – Masjid Gunungsari Indah kembali menyelenggarakan acara rutin tahunan yaitu penyembelihan hewan kurban dalam rangka merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 H. Kegiatan tahun ini semakin istimewa dikarenakan disamping seperti tahun-tahun yang lalu yaitu berkolaborasi dengan salah satu guru besar Universitas Airlangga (Unair), Prof. Dr. Herry Agoes Hermadi, drh., M.Si. yang memiliki keahlian di bidang kedokteran hewan divisi reproduksi veteriner.

Acara diawali pada pagi hari dengan Shalat dan khutbah Idul Adha yang disampaikan oleh Ustadz Carlos Lazaro Prawirosastro, M.Pd.I. (Dosen Agama Islam Universitas Hang Tuah Surabaya). Dalam khutbahnya, Ustadz Carlos mengingatkan jamaah akan pentingnya makna qurban sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT dan solidaritas sosial.

Setelah sholat Idul Adha, kegiatan dilanjutkan dengan prosesi penyembelihan hewan qurban yang dilakukan di halaman Masjid. Ketua Takmir Masjid GSI, Hidayat Fatoroni menyampaikan bahwa tahun ini, Masjid Gunungsari Indah menerima dan menyalurkan sebanyak 17 ekor sapi dan 21 ekor kambing dari para jamaah. Selain Prof. drh. Herry Agoes Hermadi, drh., M.Si yang berkontribusi, turut hadir juga drh. Yeni dan drh. Ary serta 10 orang mahasiswa FKH Universitas Airlangga yang disamping melakukan penelitian juga untuk memberikan arahan dan supervisi terkait teknik penyembelihan yang sesuai dengan syariat Islam dan standar kesehatan hewan.

"Kami berharap adanya kerjasama dengan dosen Fakultas Kedokteran Hewan Unair dengan tujuan selain memastikan proses penyembelihan dilakukan sesuai dengan ketentuan syariah, kami juga memastikan bahwa hewan-hewan yang disembelih dalam kondisi sehat dan layak untuk dikonsumsi," ujar Ketua Takmir Masjid Gunungsari Indah yang sekaligus Anggota Div. Kemakmuran Masjid Muhammadiyah Majelis Tabligh PDM kota Surabaya.

Selain itu, Prof. Herry Agoes memberikan edukasi kepada panitia qurban dan masyarakat sekitar mengenai pentingnya menjaga kebersihan dan sanitasi selama proses penyembelihan dan pengolahan daging qurban. Ia menekankan bahwa daging qurban yang hygienis akan membawa manfaat yang lebih besar bagi penerima.

Kegiatan penyembelihan berjalan lancar atas kerjasama yg sangat pro aktif dari  dari Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah Gunungsari Indah (PR IPM GSI), Satuan Remaja Taqwa (START) MGSI, puluhan relawan dan Anggota Takmir Masjid. Setelah di sembelih, daging qurban didistribusikan kepada pengqurban, masyarakat kurang mampu di sekitar dan jamaah Masjid Gunungsari Indah seeta beberapa panti asuhan di wilayah Surabaya.

Ketua panitia qurban, Bapak Stefan, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dan membantu kelancaran acara ini. "Kami bersyukur acara qurban tahun ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. Terima kasih kepada Prof. drh. Herry Agoes Hermadi,M.Si, drh. Yeni, drh. Ary atas kerjasamanya dan kepada seluruh jamaah yang telah berqurban. Semoga amal ibadah kita semua diterima oleh Allah SWT," tutup Stefan.

"Dengan ditunjuknya Ketua Panitia yg masih muda dan adanya kolaborasi khususnya  keterlibatan pro aktif dari para Pemuda/i MGSI yg luar biasa, maka hal tsb dapat menjawab bahwa Kaderisasi di Masjid Gunungsari Indah ini ternyata terlaksana dg baik, dan diharapkan kedepan dapat terus meningkatkan kualitas pelaksanaan dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat luas" Demikian pungkas Hidayat Fatoroni. (Nurulita)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Majelis Lingkungan Hidup Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Yogyakar....

Suara Muhammadiyah

3 October 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Bulan Ramadhan tinggal beberapa hari lagi terlewati baik kemuliaan ....

Suara Muhammadiyah

6 April 2024

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Language Development Center (LDC) Universitas Muhammadiyah Purwoker....

Suara Muhammadiyah

1 February 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pelaksanaan Liga 3 Nasional 2023/2024 hari ke dua resmi berjalan de....

Suara Muhammadiyah

3 May 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dalam Pengajian Ramadan Pimpinan Pusat Muhammadiyah di Gedung Ar Fa....

Suara Muhammadiyah

14 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah