Pesantren Muallaf, Ikhtiar Lazismu bersama LDK Membina Jamaah Daerah 3T

Publish

27 March 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
96
Foto Istimewa

Foto Istimewa

LANDAK, Suara Muhammadiyah - Lembaga Dakwah Komunitas (LDK) Pimpinan Pusat Muhammadiyah  bersama lazismu muhammadiyah menyelenggarakan serangkaian program syiar Ramadhan untuk daerah 3T, di antaranya adalah pesantren muallaf yang digelar di Masjid Al-Ikhlas, Desa Pahauman, Kecamatan Sengah Temila, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat pada Selasa (26/03/2024) dan berakhir pada Rabu (27/03/2024) yang merupakan kawasan komunitas suku dayak.

“Diikuti oleh 100 lebih peserta warga muallaf binaan LDK PWM Kalbar,” ujar Kamarul Zaman SE, selaku koordinator nasional syiar Ramadhan LDK PP Muhammadiyah saat dihubungi via whatsapp. Selain sebagai upaya merealisasikan tema program ramadhan tahun ini yaitu "Ramadhan Cerahkan Semesta" melalui aktifitas majelis ilmu dan ibadah para dai dan binaannya, pesantren muallaf ini juga bertujuan untuk memenuhi kebutuhan spiritual bagi komunitas muallaf dan memenuhi kebutuhan hidup dai dan dan komunitas binaannya selama menjalankan ibadah Ramadhan.
kamarul meneruskan bahwa program LDK tahun ini di sponsori oleh berbagai pihak internal dan eksternal Muhammadiyah dengan LAZISMU Pusat sebagai sponsor utama program ini.

ketua LDK PP Muhammadiyah, Muchamad Arifin S.Ag., M.Ag, memberikan sambutan sekaligus membuka acara tersebut menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak atas keistiqomahan perjuangan para dai dalam membina para muallaf, beliau juga menambahkan bahwa LDK PP Muhammadiyah sedang menyusun buku pedoman program pembinaan muallaf yang disebut dengan "Muallaf Learning Center(MLC)"

Ketua LDK PWM Kalbar berterima kasih atas kepercayaan kali kedua pelaksanaan pesantren mullaf di laksanakan di Kalimantan Barat setelah tahun lalu dilaksanakan di kabupaten Sambas kemudian tahun ini di laksanakan di kabupaten Landak. "kami di LDK PWM Kalbar mendominasi pembinaan muallaf secara konsisten dibanding lembaga-lembaga lain di Kalbar, semoga kegiatan ini memberikan derap langkah yang lebih baik terhadap pembinaan komunitas muallaf di kalimantan barat”.

Selama dua hari satu malam ini, para muallaf akan diberikan materi penguatan keislaman, ibadah praktis dan kemuhammadiyah. Selain itu peserta akan di biasakan untuk selalu menjaga solatnya berjamaah dan tepat waktu sebagai upaya pembiasaan agar setelah acara ini kualitas keislaman para muallaf menjadi lebih baik.

Peserta juga akan melaksanakan buka bersama, shalat maghrib, makan malam, hingga shalat isya’ dan tarawih berjamaah. Diujung acara Peserta pesantren muallaf akan menerima kado Ramadhan berupa sembako. Kado Ramadhan ini bertujuan membantu pemenuhan kebutuhan pangan para dai dan muallaf sehingga selama Ramadhan dapa lebih fokus melaksanakan ibadah.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

GOWA, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PC IPM) Limbung berhas....

Suara Muhammadiyah

24 July 2023

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Saat berpidato, semangatnya selalu berlebih. Indonesia ialah bangsa yan....

Suara Muhammadiyah

28 September 2023

Berita

PEKANBARU, Suara Muhammadiyah - Ketua Badan Pembina Harian Universitas Muhammadiyah Riau (BPH Umri) ....

Suara Muhammadiyah

14 February 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) secara resmi menerima emp....

Suara Muhammadiyah

16 February 2024

Berita

PABELAN, Suara Muhammadiyah – Lembaga Sertifikasi Pustakawan (LSP) menggelar kegiatan Uji Sert....

Suara Muhammadiyah

8 September 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah