PIAUD UM Bandung Gelar Festival Permainan Edukatif Untuk Anak

Publish

10 July 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
136
Foto Istimewa

Foto Istimewa

BANDUNG, Suara Muhammadiyah — Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Universitas Muhammadiyah (UM) Bandung sukses menggelar Festival Permainan Anak bertema Motek’Art 2024 pada Sabtu (06/07/2024). Acara hasil kerja sama dengan TK Labschool UM Bandung ini berlangsung di Auditorium Kiai Haji Ahmad Dahlan, lantai tiga UM Bandung, Jalan Soekarno-Hatta Nomor 752.

Ratusan anak-anak bersama orang tua mereka dari Kota Bandung khususnya Kecamatan Panyileukan memeriahkan kegiatan ini. Mereka antusias mencoba berbagai wahana permainan yang disediakan di auditorium.

Kaprodi PIAUD UM Bandung, Dian Kusumawati, mengungkapkan kebahagiaannya atas kesuksesan acara ini yang diikuti dengan antusias oleh ratusan anak-anak dan orang tua. Ia menjelaskan bahwa kegiatan ini akan menjadi rutinitas tahunan yang bertujuan mengisi liburan anak-anak dengan berbagai aktivitas yang menyenangkan dan edukatif.

”Kami sangat senang acara ini berlangsung dengan baik dan diikuti antusias ratusan anak-anak dan orang tua. Acara ini sangat bermanfaat untuk mengisi liburan anak-anak dengan berbagai kegiatan permainan edukatif dan menyenangkan,” ucap Dian.

Dian juga menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk praktik UAS dari beberapa mata kuliah, seperti pengembangan fisik motorik, pengembangan matematika dan sains, serta Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK). ”Dalam festival ini, kami memberikan berbagai kegiatan permainan yang melibatkan kerja sama antara orang tua dan anak-anak. Kami berharap festival ini bermanfaat bagi masyarakat. Keringat anak-anak ketika bermain di masa kecil akan mencerdaskan mereka di masa yang akan datang,” tambah Dian.

Ajang promosi

Kepala TK Labschool UM Bandung, Rizka Saputri, sangat bersyukur atas kesuksesan kegiatan ini yang disambut antusias oleh anak-anak dan orang tua. Selain sebagai ajang hiburan edukatif, kegiatan ini juga merupakan bentuk promosi TK Labschool UM Bandung. "Kegiatan ini sangat tepat dan menyenangkan bagi anak-anak karena mereka mendapatkan sarana hiburan yang bernilai pendidikan. Festival ini memberikan hiburan sekaligus nilai edukasi yang sangat bermanfaat untuk mengembangkan stimulasi perkembangan anak,” ujar Rizka.

Rizka mengapresiasi kegiatan ini karena dapat mempromosikan TK Labschool UM Bandung kepada para orang tua yang hadir di auditorium. ”Ini menjadi ajang yang sangat baik untuk memperkenalkan Prodi PIAUD dan TK Labschool UM Bandung kepada masyarakat, khususnya di Kecamatan Panyileukan dan umumnya masyarakat Kota Bandung,” kata Rizka.

Pada tahun ini, TK Labschool UM Bandung membuka pendaftaran siswa baru. ”Kita sudah membuka pendaftaran calon siswa baru. Kuotanya tinggal sedikit lagi. Jadi, buruan daftar dan gabung bersama TK Labschool UM Bandung,” ajak Rizka.

Para orang tua pun sangat bersyukur dan senang dengan adanya acara ini. Seperti yang dituturkan oleh Ibnu Hasyim, berbagai permainan di Motek'Art merupakan wahana edukasi yang membuat anak-anak bahagia. Permainan itu juga bagus untuk melatih motorik dan gerak anak-anak. ”Kegiatan ini menjadi harapan yang sangat baik bagi anak-anak. Mereka bermain dengan bahagia sambil belajar," ungkap Hasyim.

Ia berharap agar kegiatan ini bisa terus diadakan setiap tahun oleh PIAUD dengan lebih menarik. ”Semoga dengan kegiatan ini, tumbuh kembang anak-anak semakin meningkat,” pungkas Hasyim. Ada beragam permainan anak-anak yang disajikan dalam event yang sangat meriah ini. Di antaranya permainan bertema sains, matematika, teknologi, permainan tradisional, brain games, yoga, music and gymnastyc, dan creative games.*(FK/FA)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANYUMAS, Suara Muhammadiyah –  Ketua PDM Banyumas, Drs. M. Djohar, M.Pd., menyampaikan a....

Suara Muhammadiyah

12 March 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dalam upaya membangun sebuah bangsa yang berkeadaban, perlu adanya ....

Suara Muhammadiyah

1 March 2024

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir hadiri Resepsi....

Suara Muhammadiyah

19 May 2024

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar Orientasi Mahasis....

Suara Muhammadiyah

6 October 2023

Berita

GOWA, Suara Muhammadiyah - Di tengah langit biru yang membentang di atas Pusat Pendidikan dan Pelati....

Suara Muhammadiyah

16 December 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah