Prof Munir Mulkhan: Kader IMM Jangan Takut Salah Dalam Berfikir

Publish

23 May 2024
imm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
191
Foto Istimewa

Foto Istimewa

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pembukaan dan Stadium General Darul Arqom Madya (DAM) PC IMM Djazman al-Kindi Kota Yogyakarta mengundang Abdul Munir Mulkhan, Guru Besar Emiritus Universitas Muhammadiyah Surakarta. Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu, 22 Mei 2024 di Aula Islamic Center Universitas Ahmad Dahlan.

Dengan mengangkat tema “Fresh Ijtihad: Reposisi Gerakan Intelektual Progresif”. Munir Mulkhan menekankan perlunya penguatan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual bagi kader IMM. 

“Teman-teman perlu meningkatkan dan mengelola kecerdasan emosional yaitu upaya untuk menhan hawa nafsu serta kecerdasan spiritual yang biasa saya sebut sebagai berfikir semesta atau kecerdasan makhrifat”, pungkasnya.

Beliau juga mengingatkan islam sebagai agama rahmatan lil alamiin jangan sampai kehilangan kesakralannya. Spirirt agama harus mengantarkan pada kemanusiaan universal yang menjadi salah satu sikap irfani.

“Pemikiran itu tidak akan berhenti, maka al-Qur’an tidak boleh ditafsirkan secara mutlak. Bagitupun agama jangan sampai terlembagakan. Kader IMM harus menampilkan ciri pemikiran yang berbeda serta berani dan bertanggung jawab” ungkapnya

Diakhir-akhir penyampaian beliau, pesan utamaya adalah jangan sampai kader-kader IMM tekut salah dan berhenti berfikir. Bahwa logika itu common sense (akal sehat) yang selalu dirawat.

“kita harus membiasakan diri untuk terus berfikir kritis tanpa harus menghawatirkan masa depan. Karena kita harus percaya bahwa nasib kita tidak akan pernah kita rancang sendiri.” Pesannya.

Acara ini terdiri dari dua sesi, penyampaian materi dan tanya jawab yang dipandu oleh moderator Luluk Latifah. Acara kemudian ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan dan sesi foto bersama dengan peserta DAM. (nur azmi)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PEKANBARU, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) mewisuda sebanyak 1.062 mahasis....

Suara Muhammadiyah

12 November 2023

Berita

KUDUS, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka memeriahkan hari Gizi Nasional 2024, Universitas Muhammadiy....

Suara Muhammadiyah

23 February 2024

Berita

PEKAJANGAN, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP) menyele....

Suara Muhammadiyah

2 November 2023

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah – Biro Perencanaan dan Pengembangan (BPP) bekerja sama dengan Bi....

Suara Muhammadiyah

28 November 2023

Berita

SLEMAN, Suara Muhammadiyah - Pusat Studi Muhammadiyah STEPS Universitas Muhammadiyah Yogyakarta....

Suara Muhammadiyah

18 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah