Program Pencegahan Stunting 'Aisyiyah Lamongan Raih Penghargaan

Publish

15 July 2024
pda

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
102
Foto Istimewa

Foto Istimewa

LAMONGAN, Suara Muhammadiyah - 'Aisyiyah Lamongan menerima penghargaan dari Pimpinan Wilayah 'Aisyiyah Jawa Timur atas dukungan program pencegahan stunting (14/07/2024). Penghargaan yang diterima pada acara RAKER dan RAKOR ke-6 Majelis Kesehatan se-Jatim ini diterima oleh Majelis Kesehatan Pimpinan Daerah 'Aisyiyah Lamongan, dengan kategori Inspiratif Program Pemberdayaan Masyarakat di Bidang Kesehatan Pedesaan.

Diyana Mufidati, Ketua PD 'Aisyiyah Lamongan menyampaikan ungkapan syukur atas berjalannya program pencegahan stunting oleh Majelis Kesehatan. Program ini telah merambah pada pemenuhan Gizi masyarakat pedesaan yaitu dengan Rumah Gizi. Adanya Rumah Gizi di Ranting Medalem Cab. Modo & Patihan Cab. Babat pemanfaatannya sebagai suporting pemenuhan gizi bagi remaja putri, catin, ibu hamil, ibu menyusui, balita dan lansia, serta pemberdayaan ekonomi karena kebun yang ditanami sayur,  ternak Ayam dan Lele bisa dimanfaatkan secara maksimal. 

Pioneer kegiatan serupa dilakukan di Ranting Dadapan Cabang Solokuro, dimana ranting ini sudah menjadi rujukan melakukan study banding bagi Ranting & Cabang di Lamongan, tambahnya, utamanya pemberdayaan ekonomi.

Dalam kesempatan yang lain, Niswatin Ketua Majelis Kesehatan mengungkapkan bahwa stunting merupakan kondisi yang menjadi perhatian 'Aisyiyah mulai dari Pimpinan Pusat sampai dengan Pimpinan Daerah. 'Aisyiyah mendukung program pemerintah untuk menurunkan angka Stunting di Indonesia. 

Stunting merupakan kondisi yang dapat dicegah, oleh karenanya dibutuhkan peran semua pihak memerangi kondisi ini. Untuk itu, PD 'Aisyiyah terus berupaya menggerakkan cabang dan ranting memberikan pendampingan kepada masyarakat agar terhindar dari kondisi stunting. Ibu dan remaja putri diberikan edukasi bagaimana cara mencegah stunting, pola asuh yang benar, serta intervensi stunting lainnya misalnya pendampingan minum tablet tambah darah pada remaja putri.

Ditengah keterbatasan yang ada masyarakat didorong dapat mengoptimalkan lingkungan yang ada dengan menanam sayur di pekarangannya dan memelihara ayam dan unggas lainnya. Hasil kebun dan ternak ini dapat dinikmati keluarga sehingga gizi keluarga terpenuhi, tambahnya. 

Supanik, Koordinator bidang Kesehatan dan LLHPB menambahkan, pencegahan perkawinan anak merupakan program yang dikembangkan oleh PD 'Aisyiyah yang dikemas dalam Desa Model Pencegahan Perkawinan Anak (Sadel Cepak), yang merupakan salah satu faktor pendukung terjadinya Stunting. Dengan adanya program ini diharapkan  angka kejadian Stunting di Lamongan dapat dicegah dan diturunkan prevalensinya serta zero Stunting.

"Penghargaan dari Pimpinan Wilayah 'Aisyiyah Jawa Timur ini membuktikan bahwa PD 'Aisyiyah Lamongan sukses melakukan Program Rumah Gizi menuju Zero stunting Kab. Lamongan," ujar Supanik. (Riz)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

DENPASAR, Suara Muhammadiyah - Sebanyak 5 orang siswa SD Muhammadiyah Muhammadiyah Sapen akan terlib....

Suara Muhammadiyah

19 May 2024

Berita

Review Spesifikasi OPPO Find N3 Fold, HP Lipat Fleksibel Untuk Berbagai Kebutuhan   Selain mer....

Suara Muhammadiyah

27 November 2023

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah - Mahasiswa prodi PIAUD semester satu kelas non reguler UM Bandung sukse....

Suara Muhammadiyah

29 January 2024

Berita

TUBAN, Suara Muhammadiyah - SMK Pelayaran Muhammadiyah Tuban kembali menggelar asesmen program magan....

Suara Muhammadiyah

27 April 2024

Berita

PURWOREJO, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Kutoarjo menggelar Apel Mil....

Suara Muhammadiyah

19 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah