Pusat Studi Muhammadiyah Bangun Kolaborasi dengan IIIT Malaysia dan UMAM

Publish

24 September 2023
psm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
323
Dok PSM

Dok PSM

PERLIS, Suara Muhammadiyah - Pada hari Kamis 21 September 2023 Rombongan Pusat Studi Muhammadiyah mengadakan academic visit ke tipple IT (IIIT), di Kualalumpur Malaysia.

Rombongan di pimpin oleh Direktur Pusat Studi Muhammdiyah, Bachtiar dwi Kurniawan diterima langsung oleh Prof Fauzan yang merupakan Pimpinan dari Tripple IT.

Bachtiar mengatakan, bahwa kedatanganya ket ripple IT, bersama dengan Junior Researcher yang terdiri dari Alim Bubu Swarga, Nawang Kurniawati, Asma Munifatussaidah, dan Adibah Gusmi dan alni Fitriyani ingin melakukan inisiasi kerjasama riset di bidang keislaman, dan integrasi ilmu, antara Pusat Studi Muhammadiyah UMY dan Tripple IT. Kerjasama ini penting untuk saling belajar dan menguatkan sehingga sinergi bisa terjalin.

Bachtiar mengapresiasi terkait dengan kiprah IIIT di dalam mengembangan wacana keilmuwan khususnya di bidang integrasi ilmu. Berbagai macam product of knowledge yang berbentuk buku-buku sangat banyak dan masif serta dikenal luas sehingga menyediakan sumber referensi yang berharga pada generasi akan pentingnya ilmu.

Prof. Fauzan, sebagai direktur IIIT sangat senang dan terbuka untuk bermitra, fauzan yang ditemani peneliti-dan staff IIIT sangat bahagia dengan kedatangan rombongan dari PSM. Dia mengatakan bahwa ada banyak kesamaan antara visi besar Muhammadiyah dan IIIT khususnya di dalam pengembangan kemajuan umat. Kiprah Muhammadiyah yang sudah dikenal luas sangat penting untuk semakin ditingkatkan lagi kemajuannya. Ketertinggalan umat di bidang iptek perlu dikejar dengan sungguh, sungguh. Kedatangan PSM bersama dengan rombongan peneliti akan sangat baik untuk pengembangan ilmu dan peradaban.

Disuksi hangat berlangsung dan, diakhiri dengan saling bertukar cinderamata buku-buku hasil produk masing-masing lembaga, dan kedepan akan diadakan pelatihan, workshop bersama untuk tindaklanjut kerjasama.

Sambangi UMAM

Keesokannya, Tim Pusat Studi Muhammadiyah (PSM) UMY melakukan kunjungan ke Universiti Muhammadiyah Malayasia (UMAM) di Perlis. Dalam pertemuan yang berlansung hangat di Kampus UMAM di Perlis, diterima langsung oleh Prof Waluyo, Dr. Wachid Ridwan, Wakil Rektor dan Dwi Santoso, P.hD, yang juga Wakil Rektor.

Bachtiar mengutarakan bahwa kedatangannya ini dalam rangka untuk memperkuat sinergi di bidang riset dan pengabdian riset tentang Muhammadiyah. Apa yang sudah dilakukan dan sudah dikerjakan Muhammadiyah perlu dikaji dan ditulis sehingga bisa dibaca oleh semua pihak.

Prof. Waluyo menyambut hangat kedatangan rombongan PSM, dan sangat terbuka untuk kerjasama, bahkan mengajak para staff peneliti PSM yang mempunyai latar belakang pendidikan yang bagus-bagus untuk bisa melanjutkan studi S3 di UMAM. Prof Waluyo berharap, PSM bisa memperkuat kerja-kerja akademik khususnya di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat.

Untuk mengikat kolaborasi secara formal, UMAM dan PSM melakukan penandatanganan MOU.penandatanganan MOU dilakukan langsung oleh Rektor UMAM Prof Waluyo dan Direktur PSM saudara Bachtiar, dan disaksikan langsung oleh para wakil rektor dan Sekretaris Majelis Wakaf PP Muhammadiyah yang juga turut hadir dalam rombongan.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kota Yogyakarta me....

Suara Muhammadiyah

5 November 2023

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Sebagai respons proaktif terhadap bencana hidrometeorologi baru-bar....

Suara Muhammadiyah

2 April 2024

Berita

LHOKSEUMAWE, Suara Muhammadiyah - Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Aceh yang juga Ketua BPH STIKe....

Suara Muhammadiyah

7 February 2024

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Sebagai langkah strategis dalam mengenalkan keunggulan Unismuh Makass....

Suara Muhammadiyah

28 November 2023

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Prof.Dr.Agussani, MAP me....

Suara Muhammadiyah

29 February 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah