PVTE UMRI Bahas Peluang dan Tantangan Robot Masa Depan

Publish

3 February 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
464
Foto UMRI

Foto UMRI

PEKANBARU, Suara Muhammadiyah - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Riau (FKIP Umri) selenggarakan Kuliah Umum dengan tajuk “Peluang dan Tantangan robot masa depan”. Kuliah Umum ini dilaksanakan oleh Program Studi Pendidikan Vokasional Teknik Elektronika (PVTE) pada Kamis (1/2/2024) pagi.

Bertempat di Aula FKIP Umri, kegiatan Kuliah umum ini diadakan dalam rangka pendalaman keilmuan tentang Robotik. Dihadiri ratusan peserta yang terdiri dari Pimpinan Fakultas, civitas akademika PVTE, mahasiswa FKIP Umri dan siswa beserta guru pendamping SMK/SMA sederajat se-Pekanbaru. 

Kuliah Umum kali ini menghadirkan narasumber Putut Son Maria, S.ST,. MT., yang merupakan pembimbing tim Robot Teknik Elektro UIN Suska Riau yang dimoderatori Noverta Effendi, S.T., M.Kom.

Dekan FKIP Umri, Pratama Benny Herlandy, M.Pd., menuturkan bahwa melalui acara ini dapat memberikan wawasan yang luas bagi para pelajar.Yakni pengetahuan dibidang penggunaan teknologi berbasiskan robot.

"Saat ini robotik sudah menyentuh seluruh lapisan kehidupan masyarakat, robot saat ini tidak hanya sebuah mesin mekanik yang membantu manusia, namun robot juga merupakan environment yang sudah bisa berinteraksi dengan kehidupan manusia. Ini bisa menjadi peluang dan tantangan yang perlu kita sikapi untuk masa depan," jelasnya.

Ketua program studi PVTE, Fitri Farida, S.Pd., MT berharap agar para peserta kuliah umum bisa mengupgrade keilmuan sehingga bisa beradaptasi dengan dunia digital yang terus berkembang.

"Kuliah umum ini disambut antusias oleh siswa beserta guru pendamping SMK/SMA sederajat se-Pekanbaru dan mereka berharap agar selanjutnya diadakan lagi kegiatan serupa untuk menambah wawasan bagi para siswa," katanya.

Program studi PVTE yang dimiliki oleh FKIP Umri merupakan satu-satunya prodi pendidikan teknik Elektronika yang terdapat di Perguruan Tinggi yang ada di Riau. Fokus keilmuan di program studi ini adalah pada pendidikan kejuruan bidang Elektronika, IOT dan Robotik yang sangat relevan dengan kebutuhan era digital revolusi industri 4.0. (Rls/Muhansir)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Ramadhan 1445 H pembanguna Gedung Pusat Dakwah (Pusdam) Muhammadiyah ....

Suara Muhammadiyah

19 March 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pagi yang cerah, sudut tengah ruangan itu membahana. Dendang lagu d....

Suara Muhammadiyah

3 April 2024

Berita

BANTUL, Suara Muhammadiyah - Ketua Umum Pimpinan Cabang Muhammadiyah PCM Bantul, Sumarno mengukuhkan....

Suara Muhammadiyah

30 November 2023

Berita

PADANGPANJANG, Suara Muhammadiyah -- Bertempat di Gedung Pertunjukkan Hoeriyah Adam, ISI Padang Panj....

Suara Muhammadiyah

27 April 2024

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka peringatan bulan bahasa Oktober 2023, SD Muhammadi....

Suara Muhammadiyah

27 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah