Rakerpim IMM Bantul, Kaderisasi Menjadi Prioritas Utama

Publish

13 May 2024
imm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
421
Foto Istimewa

Foto Istimewa

BANTUL, Suara Muhammadiyah - Ahad 12 Mei 2024, Pimpinan Cabang (PC) Ikatana Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Bantul periode 2023-2024 menyelenggarakan Rapat Kerja Pimpinan (RAKERPIM) yang bertempat di Lt. 2 Gedung Dakwah Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Bantul.

Rakerpim merupakan program wajib yang dilakukan oleh IMM, guna mensosialisasi, mengkonsolidasikan, dan singkronisasi arah gerak bersama selama periodesasi IMM Bantul 2023-2024. Selain itu, PC IMM Bantul menetapkan agenda strategis yang menjadi garapan selama periodesasi berlangsung, yaitu agenda kaderisasi dan membumikan kembali ijtihad gerakan.

Kaderisasi merupakan agenda prioritas utama IMM sebagai salah satu organisasi otonom Muhammadiyah dalam lingkup mahasiswa. Proses kaderisasi merupakan kewajiban bagi pimpinan dalam rangka menyegarkan kepemimpinan dan memastikan keberlangsungan suatu organisasi.

Ijtihad gerakan merupakan branding garapan IMM Bantul semenjak resmi berdiri sesuai dengan SK DPP IMM pada 16 September 2019, dan resmi dilantik pada 6 Oktober 2019. IMM Bantul menggunakan ijtihad gerakan tajdid yang berlandaskan teologis surat Ar-Rum ayat 41. Pembahasan agenda strategis ini disampaikan setelah sosialisasi, konsolidasi, dan singkronisasi program kerja setiap bidang-bidang.

Raker PC IMM Bantul periode 2023-2024 mengangkat tema Spirit Kolektif-Kolegial PC IMM Bantul sebagai Upaya Mewujudkan Budaya Organisasi Berkemajuan. Tema yang diangkat diambil dari Visi Immawan Fikri Haikal selaku Ketua Umum PC IMM Bantul 2023-2024 yaitu Restorasi PC IMM Bantul Melalui Spirit Kolektif-Kolegial, dengan Misi memperbaiki sistem perkaderan PC IMM Bantul dan Mewujudkan PC IMM Bantul yang progresif.

Imawan Fikri Haikal selaku Ketua Umum PC IMM Bantul 2023-2024 dalam sambutannya menyampaikan bahwa ingin merestorasi PC IMM Bantul melalui spirit kolektif-kolegial, “Restorasi yang saya maksud disini yaitu mengembalikan posisi ijtihad gerakan sebagai branding gagasan dan bertindak, bukan mengembalikan PC IMM Bantul seperti periodesasi awal berdirinya. Namun, ijtihad gerakan tanpa spirit kolektif-kolegial dari seluruh pimpinan dan kader-kader PC IMM Bantul, maka ijtihad gerakan yang diusung ke depan hanyalah wacana belaka. Maka, harapan saya sebagai ketua umum program-program kerja teman-teman semua selaras dengan agenda kaderisasi yang kita bangun bersama-sama nantinya”. 

Seluruh Pimpinan Cabang IMM Bantul dalam penyampaian program kerjanya, merasa tertantang melakukan kaderisasi di perguruan tinggi non Muhammadiyah-Aisiyah. PC IMM Bantul melakukan kaderisasi berada pada poros kader-kader perguruan tinggi non Muhammadiyah-Aisiyah, yaitu Universitas PGRI, Universitas Alma ata, StiKes Surya Global, dan StiPram. Dengan basis kader-kader non perguruan tinggi Muhammadiyah-Aisiyah menjadi spirit tersendiri bagi PC IMM Bantul dalam menyiarkan nilai-nilai Muhammadiyah.

Kegiatan Raker PC IMM Bantul 2023-2024 ditutup dengan pembahasan mengenai rencana pelaksanaan Darul Arqam Dasar (DAD). (Savanna)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PULANGPISAU, Suara Muhammadiyah - Bertempat di Gedung Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah B....

Suara Muhammadiyah

12 February 2024

Berita

SOFIA, Suara Muhammadiyah - Dalam upaya mempererat hubungan antara Universitas Muhammadiyah Prof. DR....

Suara Muhammadiyah

25 November 2023

Berita

DENPASAR, Suara Muhammadiyah – Rombongan karyawan PT Syarikat Cahaya Media / Suara Muhammadiya....

Suara Muhammadiyah

1 February 2024

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Dalam kegiatan Unpad Bersyukur di Grha Sanusi Hardjadinata Kampu....

Suara Muhammadiyah

13 September 2023

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Ratusan lapak Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) bersia....

Suara Muhammadiyah

23 February 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah