Rakor PDA Purworejo, Launching Gerakan Infaq Subuh

Publish

25 December 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
202
Foto Istimewa

Foto Istimewa

Perkuat Ikhtiar Menjaga Amanah Kepemimpinan Periode Muktamar ke-48 2022-2027

PURWOREJO, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kabupaten Purworejo menyelenggarakan Rapat Koordinasi Pimpinan: PDA; PCA; Majelis; dan Lembaga di Gedung Pertemuan SMP Muhammadiyah Purworejo pada hari Ahad, 11 Jumadil Akhir 1445 Hijriah bertepatan dengan 24 Desember 2023. Rapat Koordinasi ini dihadiri oleh Pleno Pimpinan Daerah Aisyiyah Purworejo, Badan Pembantu Pimpinan yeng terdiri atas para ketua majelis dan lembaga. Ketua majelis yang hadir pada rakor tersebut yakni Majelis Ekonomi, Majelis Paudasmen. dan Majelis Kesehatan serta Lembaga Budaya, Seni dan Olahraga.  Tak ketinggalan Ketua PCA didampingi bendahara, sekretaris serta ketiga majelis dan 1 lembaga se-Kabupaten Purworejo seperti disebutkan di atas. Setiap PCA menghadirkan 6 utusan. Jumlah keseluruhan yang hadir pada rapat koordinasi tersebut kurang lebih sebanyak 110 peserta.

Kegiatan rapat koordinasi ini dilaksanakan dengan runtut acara sesuai dengan tradisi persyarikatan yakni diawali dengan pembacaan ayat suci Al Quran, menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Mars ‘Aisyiyah, Mars Purworejo, Kultum yang menguatkan untuk terus tetap berdakwah ber- ‘Aisyiyah yang mengembirakan dan bermakna.

Mengawali sambutannya, Ketua Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah mengutip Al Quran, Surah An Nahl ayat 97:  

 مَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِّنْ ذَكَرٍ اَوْ اُنْثٰى وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهٗ حَيٰوةً طَيِّبَةًۚ وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ اَجْرَهُمْ بِاَحْسَنِ مَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ

Artinya: Barangsiapa mengerjakan kebajikan, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka pasti akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan akan Kami beri balasan dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.

Dan Al Quran, Surah At Taubah ayat 41:

اِنْفِرُوْا خِفَافًا وَّثِقَالًا وَّجَاهِدُوْا بِاَمْوَالِكُمْ وَاَنْفُسِكُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ ۗذٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ

Artinya: Berangkatlah kamu baik dengan rasa ringan maupun dengan rasa berat, dan berjihadlah dengan harta dan jiwamu di jalan Allah. Yang demikian itu adalah lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

Kutipan kedua ayat suci Al Quran di atas disampaikan untuk menguatkan diri segenap Pimpinan ‘Aisyiyah. Diharapkan semua Pimpinan ‘Aisyiyah baik di tingkat daerah, cabang sampai dengan ranting memahami betul makna dirinya sebagai seorang Muslimah. Berkaitan dengan statusnya sebagai seorang Muslimah, Pimpinan ‘Aisyiyah selalu berbuat dan membawakan diri sebagaimana layaknya seorang Muslimah yang diajarkan dalam Islam. Sebagai seorang Muslimah, Pimpinan ‘Aisyiyah menyakini dam memahami Allah SWT beserta semua ajaran-Nya. Keimanan kepada Allah SWT diwujudkan dengan keyakinan terhadap ke-Esaan Allah SWT dalam mengatur kehidupan di dunia dan akhirat. 

Selain itu, keimanan dan ketakwaan Pimpinan ‘Aisyiyah ditunjukkan dengan perbuatan kita yang berusaha menjalankan semua perkara yang diperintahkan Allah SWT. Di sisi lain, keyakinan terhadap kuasa Allah SWT diwujudkan dalam penyerahan diri kepada Allah SWT setelah berikhtiar. Jika kita mendapatkan masalah, setiap pimpinan dan warga ‘Aisyiyah wajib bertawakal kepada Allah SWT saja. Dengan berikhtiar dan berserah diri kepada Allah SWT, Allah SWT akan membantu dalam menyelesaikan masalah tersebut. Hal ini seperti halnya berbagai permasalahan yang kita atasi dalam pengelolaan pergerakan ‘Aisyiyah pada amal usaha bidang pendidikan, dan kesehatan. Alhamdulillah, karena Kuasa Allah, permasalahan-permasalahan itu dapat diselesaikan dengan tetap memohon rida Allah SWT.

Nur Ngazizah juga menegaskan bahwa sebagai pimpinan ‘Aisyiyah dan warga ‘Aisyiyah, kita harus menjadi perempuan yang sholehah dan betul-betul sesuai dengan ajaran Islam yang disunahkan Rasulullah. Pakaian kita harus menutup aurat dn menjaga kebersihan tubuh, perbuatan kita tidak boleh melanggar ajaran Islam, harus ada muhrim sewaktu bepergian, harus memohon izin suami jika keluar rumah, berbicara secara santun dan lemah lembut. Begitu pula dalam pensucian harta benda sebagai wujud penyerahan diri kepada Allah SWT. Kita sebagai pimpinan ‘Aisyiyah tidak mendapatkan imbalan berupa gaji atau pun upah, namun dengan ketulusan hati, kita mempunyai kewajiban untuk membayar zakat, infaq dan shodaqoh kepada Pergerakan ‘Aisyiyah sebagai wujud kepatuhan kita kepada ajaran Islam. Kita yakin dengan janji Allah bahwa barang siapa memberikan pinjaman yang baik kepada agama Allah maka Allah akan membalasnya dengan balasan yang terbaik. Kita menggerakkan ‘Aisyiyah ini semata niat kita beribadah kepada Allah SWT. Dengan Niat itu, kita yakin Allah SWT akan menolong kita pula. 

Pada akhir sambutannya, Ketua PDA berpesan bahwa segenap Pimpinan ‘Aisyiyah diharapkan mempelajari betul Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga ‘Aisyiyah dalam menggerakkan roda organisasi. Pada kesempatan yang sama pula Nur Ngazizah ketua PDA dengan disaksikan seluruh hadirin menyepakati bersama  dan meluncurkan  adanya infaq rutin setiap waktu Subuh tiba. Infaq ini ditujukan untuk menggerakkan berbagai amal kebajikan yang mendukung setiap program Pimpinan Daerah Aisyiyah hingga sampai tingkat Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah.

Usai Sambutan berbagai program majelis dan lembaga dipresentasikan diawali dengan presentasi dari Lembaga Seni, Budaya, dan Olahraga (LBSO) yang meluncurkan Senam dan Lagu ‘Aisyiyah Bahagia dan Berbudaya, dilanjutkan dengan Sosialisasi Pencegahan Kanker Rahim dan Payudara oleh dr Santi, Ketua Majelis Kesehatan. Pemaparan dan kesepakatan bersama pelaksanaan Program Majelis Paudasmen, Majelis Ekonomi disertai program-program unggulan di setiap majelis dengan antusias disambut dengan komitmen bersama dalam pelaksanaan pada periode 2022 s.d. 2027.

Tepat sesuai agenda kegiatan yang dijadwalkan, sebelum Azan Zuhur berkumandang pelaksanaan rapat koordinasi dapat terselesaikan dengan diakhiri Doa Penutup Majelis yang dilafaskan bersama. Kegiatan rapat koordinasi ini juga mengandeng dengan harmonis para kader ‘Aisyiyah masa depan yakni Para Pimpinan Nasyiatul ‘Aisyiyah. Kegiatan ini disemarakkan pula dengan bazar UMKM yang digerakkan oleh Majelis Ekonomi PDA dengan memasarkan produk ketahanan pangan sesuai dengan kearifan lokan berbagai daerah di Kabupaten Purworejo. 

Kalimat-kalimat penguat pergerakan “Aisyiyah Purworejo : Berkemajuan, Unggul, Mencerahkan” bergelora memenuhi segenap penjuru ruangan, menandai pergerakan Pimpnan Daerah ‘Aisyiyah Purworejo dengan didukung semua Pimpinan Cabang s.d. Ranting ‘Aisyiyah siap bergerak untuk menyukseskan setiap program dengan memohon rida Allah SWT. (Yuni Raraswati)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah -  Pesantren Modern Muhammadiyah Kwala Madu angkatan ke 14 merayakan ....

Suara Muhammadiyah

16 February 2024

Berita

SLEMAN, Suara Muhammadiyah – SD Muhammadiyah Condongcatur kembali menggelar upacara pelantikan....

Suara Muhammadiyah

9 September 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muham....

Suara Muhammadiyah

1 December 2023

Berita

PALEMBANG, Suara Muhammadiyah - Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (DPP IMM) baru sa....

Suara Muhammadiyah

5 March 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Prof.Dr Hamka ( UHAMKA) Menjadi salah s....

Suara Muhammadiyah

28 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah