Rekonstruksi Kader dan Jamaah Berkeunggulan

Publish

29 August 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
54
Foto Istimewa

Foto Istimewa

Rekonstruksi Kader dan Jamaah Berkeunggulan

Judul Buku                   : Strategi Pembinaan Kader dan Jama’ah Muhammadiyah

                                      (Pembinaan dan Pengembangan Cabang dan Ranting)

Penulis                         : Prof Dr H Ambo Asse, MAg

Penerbit                      : Suara Muhammadiyah

ISBN                             : 978-623-5303-24-6

Cetakan                       : Januari 2023

Tebal, ukuran               : xx+161 hlm, 14x21 cm

Salah satu warisan termahal dari Kiai Dahlan yakni meninggalkan organisasi Muhammadiyah. “AKu titipkan Muhammadiyah kepadamu,” ujarnya. Ungkapan Dahlan ini nian familiar dikalangan internal Muhammadiyah, begitu pula ungkapan ini menjadi kunci pembuka bagi kader dan jama’ah ketika hendak berkhidmat di Muhammadiyah. Sebab Muhammadiyah sebagai organisasi besar yang hadir membawa misi mengaktualisasikan masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.

Memang kehadiran kader begitu penting karena posisi kader sebagai pemegang gerak estafet untuk melanjutkan roda kepemimpinan berikutnya. Kader harus memiliki cakrawala wawasan yang inklusif, lebih-lebih kader Muhammadiyah seyogianya memiliki keluasan inovasi, kreativitas, dan kemampuan berkomunikasi dengan baik. Setiap kader niscaya berpegang teguh pada Al-Qur’an dan As-Sunnah sebagai sumber primer ajaran Islam dalam menjalankan hidup di bumi.

Peran sentral kader pada realitasnya akan berkecimpung dengan masyarakat (jama’ah). Maka kader sebiasa mungkin mendapatkan pembinaan yang berkualitas. Karena hal itu memiliki militansi, komitmen, dan istiqamah dalam gerakan dan perjuangan yang akan menjadi pelopor, pelangsung, dan penyempurna cita-cita umat dan bangsa (hlm.1). Pembinaan kader ini amatlah penting serta menjadi agenda strategis untuk melahirkan kader berkeunggulan di masa depan.

Demikian pula kehadiran jama’ah yang menjadi titik temu di ruang kehidupan. Kader dan jama’ah melatarbelakangi keberlanjutan dari hidup atau matinya Muhammadiyah. Karena kedua variabel ini memegang otoritas utama untuk menjalankan sistem yang terintegrasi dalam bantalan vital landasan, tujuan, prinsip, dan nilai-nilai. Tanpa adanya dorongan dari para kader dan jama’ah, Muhammadiyah bak peradaban tak berpenghuni (uninhabited civilizations). Karena itu, para kader dan jama’ah harus dilakukan pembinaan secara utuh agar tampil berkeunggulan.

Dalam konteks itu, upaya pembinaan perlu dilakukan mengedepankan ruang dialogis dan tidak boleh serampangan. Oleh karenanya, lewat buku ini penulis memberikan pelbagai strategi untuk melakukan pembinaan bagi para kader dan jama’ah sesuai koridornya. Lewat keintelektualan penulis, kiranya pembinaan yang dihadirkan dalam buku ini perlu dicoba untuk diejawantahkan bagi para kader dan jama’ah baik yang berada di cabang atau ranting.

Buku dengan 10 bab ini menjadi cermin pengingat dan sumber referensial untuk merekonstruksi kader dan jamaah berkeunggulan. Setiap materinya disajikan secara cair cum pencerahan sarat pengajaran. Buku ini laik dibaca untuk dijadikan penguatan dan pengayaan bagi para kader dan jamaah. Setiap butiran gagasan yang ditaburkan, niscaya buku ini cocok dijadikan pemenuhan gizi bagi para kader dan jamaah agar makin berkeunggulan kini dan ke depan. (Cristoffer Veron P)

Sumber: Majalah SM Edisi 6 Tahun 2023

Beli buku digital di Penerbit Suara Muhammadiyah


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Hadlarah

Kesadaran Kolektif Ihwal Gotong Royong Judul: Bumikan Gotong Royong Penulis: Sutia Budi Penerbit:....

Suara Muhammadiyah

16 May 2024

Hadlarah

Tawakkal dan Ketenangan Jiwa Oleh: Syahbana Daulay Di era yang biasa disebut milenial ini, peran a....

Suara Muhammadiyah

18 November 2023

Hadlarah

Lebih Dekat dengan Allah Oleh: Donny Syofyan, Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas Bagai....

Suara Muhammadiyah

19 January 2024

Hadlarah

Penyebab Orang Keluar dari Islam Donny Syofyan, Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas....

Suara Muhammadiyah

18 March 2024

Hadlarah

Model dalam Pemberdayaan Perempuan Judul               : Pengelo....

Suara Muhammadiyah

29 August 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah